Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Free Shipping, Cash on Delivery (COD), dan Online Customer Review (OCR) terhadap keputusan pembelian pada Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi pengguna Shopee di Kecamatan Bayang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 70 orang responden dengan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Free Shipping dan Cash On Delivery (COD) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,000 dan 0,003 (sig < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin menariknya penawaran gratis ongkos kirim serta kemudahan pembayaran di tempat dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Namun, Online Customer Review (OCR) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi sebesar 0,832 (sig > 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Free Shipping dan Cash On Delivery (COD) merupakan faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian di Shopee, sementara Online Customer Review (OCR) tidak memiliki dampak yang signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pelaku bisnis dalam meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan memanfaatkan promosi gratis ongkir dan metode pembayaran yang lebih fleksibel.

Keywords

Free Shipping Cash on Delivery Online Customer Review Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Leoneta, S., & Sophian, S. (2025). Pengaruh Free Shipping, Cash On Delivery (COD) Dan Online Costumer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1062–1071. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2381

References

  1. Alawiyah, T. (2023). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5418–5426.
  2. Andriani, F., Ahmadi, N., Rahmani, N. A. B., & Aslami, N. (2023). Keywords : Impulsive Buying , Discounts , Product Display and Free Shipping . 3(1), 312–332.
  3. Aqil, N. A., Putri, C. M., & Yunisa, D. (2022). Evaluation Of Cash On Deivery System For Improving Legal Certainty In The Development Of Electronic Transactions In Indonesia. Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2(2), 251–264. https://doi.org/10.15294/ipmhi.v2i2.55074
  4. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  5. Caniago, A. (2023). Pengaruh Promosi, Penilaian Produk Dan Layanan Cod Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Cikarang Barat). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9840–9857. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
  6. Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22.
  7. Halaweh, M. (2017). Intention to adopt the cash on delivery (COD) payment model for E-commerce transactions: An empirical study. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10244 LNCS, 628–637. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59105-6_54
  8. Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1011
  9. Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13), 38–51.
  10. Jempper, J., & No, V. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-commerce. 1(1).
  11. Kamisa, N., P, A. D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi kasus: Pengguna shopee di bandar lampung). 2(1), 21–29.
  12. Putra, A. H. P. K., Ridha, A., & As' ad, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram Untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resource, 1(1), 86-89.
  13. Putri, A. R., & Lestari, W. D. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1474 – 1481. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/884
  14. Ramadhana, R., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace. Prospek, 1(1), 157–166. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1741
  15. Rokfa, A. A., Pratama Tanda, A. R., Anugraheni, A. D., & Kristanti, W. A. (2022). Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Pada Media E-Commerce. Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 161–173. https://doi.org/10.23920/jbmh.v6i2.533
  16. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  17. Septya Magisa, N. (2023). Consumer Online Purchase Decisions Through Return Guarantee And Cash On Delivery (COD) Services Among Generation Z Users of The Shopee Application In Sungai Jawi Pontianak. Nurul Septya Magisa Journal of Management Specialists, 1(2), 61–70. https://journal.institercom-edu.org/index.php/JMSINSTITERCOMPUBLISHERhttps://journal.institercom-edu.org/index.php/
  18. Sophian, S., & Irfan. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Harga Tiket Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Pulau Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(1), 133–144. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i1.1196
  19. Sudirjo, F., Ratnawati, Hadiyati, R., Sutaguna, I. N. T., & Yusuf, M. (2023). The Influence Of Online Customer Reviews And E-Service Quality On Buying Decisions In Electronic Commerce Ratnawati 2 Politeknik Pertanian Negeri Pangkep 2. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(2), 156–181. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
  20. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
  21. Syahriya, I., & Himawan, A. F. I. (2022). The effects of cash on delivery, online customer review, and rating on Tiktok shop application towards customer loyalty. Enrichment: Journal of Management, 12(5), 4198–4204.
  22. Tarigan, ema septiani br, Anisa, S., Tarigan, jihan syahreni br, & Hutagalo, J. (2022). Analysis of Discount, Free Shipping and Product Diversity on Product Purchase Decisions on the Shopee Marketplace. Sean Institute, 11(01), 292–297.
  23. Tresnasih, M. (2022). Pengaruh Online Costumer Review Dan Layanan Cash on Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 403–408. https://doi.org/10.59004/jisma.v1i4.107.