Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini guna memahami corporate rebranding dan inovasi produk terhadap brand image pada PT Pegadaian di Kota dan Kabupaten Bandung, penelitian yang dipergunakan yakni penelitian analisis deksriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mempergunakan tingkat kesalahan 5 %, serta sampelnya berjumlah 400 Responden. Dari hasil penganalisisan, Corporate Rebranding masuk ke dalam kategori baik, dan Inovasi Produk termasuk kedalam kategori sangat baik. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya corporate rebranding dan inovasi produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap brand image PT Pegadaian dan corporate rebranding dan inovasi produk berpengaruh secara stimulant terhadap brand image PT Pegadaian sebesar 33,06 % sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian tersebut tentunya terdapat kesamaan dengan hasil penelitian terdahulu.

Keywords

Corporate Rebranding, Inovasi Produk, Brand Image

Article Details

How to Cite
Ginanjar, A. A. ., & Setiawati, C. I. . (2022). Pengaruh Corporate Rebranding dan Inovasi Produk Pegadaian Digital Service (PDS) terhadap Brand Image PT Pegadaian di Kota dan Kabupaten Bandung. Economics and Digital Business Review, 3(2), 313–325. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.238

References

  1. Chaniago, A. (2016). Penerapan Mutu Pelayanan dan Corporte Rebranding Ciptakan Pelanggan Loyal. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.
  2. Halundaka, T. Y., Liliweri, Y. K., & Mas'amah. (2019). Strategi Promosi Identitas Baru Hotel Kristal Kupang Menjadi Hotel Swiss-Belinn Kristal Kupang Melalui Media Relations. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 1325.
  3. InternetWorldStats. (2021). Internet 2021 Usage in Asia. Retrieved from InternetWorldStats.com: https://www.internetworldstats.com/stats3.html (Diakses tanggal 26 Mei 2022)
  4. Kairupan, N. H., Budiana, H. R., & Dida, S. (2015, October). CORPORATE REBRANDING OF GRAMEDIA STORE. Edutech, 15(3), 270.
  5. Kotler, & Amstrong. (2013). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Erlangga.
  6. Kurniawan, G. (2019). Kewirausahaan di Era 4.0. Banyumas : Sasanti Institute.
  7. Laksono, E. B., & Magnadi, R. H. (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk, dan Saluran Distribusi Terhadap Citra Merek Sepatu Olahraga Adidas di Kota Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 8(4), 60 - 73.
  8. M. Anang Firmansyah, A. R. (2019). Kewirausahaan Dasar dan Konsep. Surabaya : Qiara Media.
  9. Natalia, V., & Erdiansyah, R. (2020, Oktober). Pengaruh Kualitas Layanan dan Rebranding Terhadap Brand Image Gojek. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, 4(2), 221 - 228.
  10. PT Pegadaian. (2020). Laporan Tahunan 2020. Retrieved from pegadaian.co.id: https://www.pegadaian.co.id/laporan-kinerja/laporan-tahunan
  11. PT Pegadaian. (2022). Profil Korporasi. Retrieved from pegadaian.co.id: www.pegadaian.co.id/profil
  12. Pu, X. (2019). Rebranding China "Contested Status Signaling in the Changing Global Order". California: Stanford University Press.
  13. Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Bisnis dan Ekonomi Dengan SPSS. Ponorogo: CV Wade Group.
  14. Putri, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar, Bali: Univeritas Udayana.
  15. Rahardi, D. R. (2020). FINANCIAL TECHNOLOGY (It Is An Emerging Industry That Uses Technology To Improve Activities InFinance). PT. Filda Fikrindo.
  16. Rukmana, Y. (2016). Strategi membangun brand image dalam mengoptimlakan daya saing lembaga pendidikan : Studi multi kasus di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan SMAN 3 Malang.
  17. Vukasović, I., Ančić, I., & Starčević, D. (2017). Rebranding as an Elementary Part of Corporate Repositioning and Reputation Management – Addiko Bank Example. 2.
  18. Widjaj, Y. R., & Winarso, W. (2019). Bisnis Kreatif dan Inovasi. Yayasan Barcode.
  19. Zainurrosalamia, S. (2017). Manajemen Pemasaran dan Bisnis bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menangah. Samarinda: RV Pustaka Horizon
  20. Hasbi, H., Muliyadi, A., Mustari, M., & Ilyas, G. B. (2021). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, DISIPLIN KERJA, DAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SOPPENG. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1).
  21. Tamsah, H., Ilyas, G., Nur, Y., Yusriadi, Y., & Asrifan, A. (2021). Uncontrolled consumption and life quality of low-income families: A study of three major tribes in south Sulawesi. Management Science Letters, 11(4), 1171-1174.
  22. YASIN, S. N., Ilyas, G. B., FATTAH, M. N., & PARENDEN, A. (2021). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SOPPENG. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1).
  23. Ahral, A., Ilyas, G. B., & Mulat, T. C. (2019). Pengaruh Kualitas Penyuluh Dan Pendidikan Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Pemahaman Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. YUME: Journal of Management, 2(3).
  24. Firman, A., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Putra, A. H. P. K. (2020). Relationship Of TQM On Managerial Performance: Evidence From Property Sector in lndonesia.
  25. Tamsah, H., Ilyas, G. B., Nur, Y., & Farida, U. (2019). The resilience of poor families and their effects on Poverty: A grounded research approach. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 21(6), 1-5.
  26. ISNAINI, D. B. J., DANILWAN, Y., MANSUR, D. M., ILYAS, G. B., MURTINI, S., & TAUFAN, M. Y. (2021). Perceived Distribution Quality Awareness, Organizational Culture, TQM on Quality Output. Journal of Distribution Science, 19(12), 1-14.
  27. Kadir, S., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2018). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Maraja Tour Plan. Jurnal Mirai Management, 3(2), 1-17.
  28. Muchzen, M., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Melalui Motivasi dan Disiplin Kerja Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 2(1).
  29. Al Munawwarah, R., & Ilyas, G. B. (2022). Analisis Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 4(3).
  30. Asna, F., Kadir, I., & Ilyas, G. B. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN, PRILAKU, DAN PARTISIPASI TERHADAP PROGRAM STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (BABS) DI DESA BOJO KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU. YUME: Journal of Management, 1(3).
  31. Suyatna, I., Riadi, R. I., Feriyanto, I. J., Gunawan, B. I., Sasono, R. R., & Rafii, A. (2019, November). Determination of water quality condition from water samples around location of ship to ship transfer of coal in Balikpapan, East Kalimantan, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 348, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.
  32. Darwis, D., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI AKADEMI ILMU PELAYARAN AIPI MAKASSAR. YUME: Journal of Management, 2(1).
  33. Zulkifli, A. A., Pananrangi, R., & Ilyas, G. B. (2019). ANALSIS PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR. YUME: Journal of Management, 2(1).
  34. Gunawan, B. I. (2019, February). Socioeconomic and institutional factors affecting the sustainable development for fisheries in Bontang City, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 236, No. 1, p. 012133). IOP Publishing.
  35. Gunawan, B. I. (2016). PENGARUH PROFESIONALISME, KREDIBILITAS, RESPONSIF, DAN TIM WORK TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN GOWA. Jurnal Mirai Management, 1(1), 50-75.
  36. Muzakir, M., & Gunawan, B. I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan, Fasilitas Dan Minat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata Uit Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 30-44.
  37. Anis, A. L., Ilyas, G. B., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak, Motivasi Kerja dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Aparatur Pajak di Kantor BPKD Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 3(1), 48-65.
  38. Ermi, E., Ilyas, G. B., & Tasmin, H. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumberdaya Manusia dan Sarana Prasarana terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng. YUME: Journal of Management, 1(2).
  39. Jumhariani, J., Ilyas, G. B., & Munir, A. R. (2018). Persepsi Kualitas Jasa Layanan Perizinan terhadap Inovasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bantaeng. Jurnal Mirai Management, 3(1), 266-288.
  40. Rasyid, A. E., Ilyas, G. B., & Azis, M. (2018). Analisis Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Melalui Kualitas Kerja Pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 1(3).
  41. Surasdiman, S., Ilyas, G. B., & Azis, M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. YUME: Journal of Management, 2(1).
  42. Hatta, M., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). Pengaruh Kemampuan dan Sikap terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja di Madrasah Aliyah Kabupaten Maros. Jurnal Mirai Management, 4(1), 1-16.
  43. Munir, A. R., Maming, J., Kadir, N., Ilyas, G. B., & Bon, A. T. (2019). Measuring the effect of entrepreneurial competence and social media marketing on small medium enterprises’ competitive advantage: a structural equation modeling approach. In International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. https://www. researchgate. net/publication/335840479.
  44. Kule, Y., Ilyas, G. B., & Tamsah, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Pada Amik Luwuk Banggai. Jurnal Mirai Management, 3(1), 221-239.
  45. Imron, A., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2018). Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kemampuan Kerja Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 1(3).