Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk Halal Network International (HNI) di wilayah Rantau Prapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi logistik, serta melibatkan 96 responden yang merupakan konsumen HNI. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan strategi pemasaran tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan pentingnya promosi dan penetapan harga yang tepat dalam memengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kemampuan menjelaskan variabilitas keputusan pembelian sebesar 53,8%.

Keywords

Strategi Pemasaran Promosi, Harga Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Ningsih, P. A., Pitriyani, & Ritonga, A. Y. . (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembeliaan Pada Produk Halal Network International (Hni) Di Rantau Prapat. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1211–1218. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2372

References

  1. Abdul, M., Septyadi, K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE : HARGA DAN PROMOSI. 3(1), 301–313.
  2. Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.
  3. Dewi, A. F., & Pratiwi, R. (2021). Analisis Regresi Logistik Biner pada Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Layanan Grab di Kabupaten Lamongan. Inferensi, 4(2), 77. https://doi.org/10.12962/j27213862.v4i2.8637
  4. Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
  5. Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 1689–1699.
  6. Nugraha, A. S., & Sabir, Z. M. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Produk HNI-HPAI Di Kota Timika. 7(2), 122–152.
  7. Pohan, M. Y. A. (2022a). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication , Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. 3(2).
  8. Pohan, M. Y. A. (2022b). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921
  9. Ruslaini, Noorika Pandayahesti Saputeri, M. (2023). Strategi Hni-Hpai ( Halal Network Internasional-Herba Penawar Alwahida Indonesia ) dalam Memberdayakan Ekonomi Keluarga. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 944–948.
  10. Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANITATIF, KUALITTIF DAN R&G.
  11. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND.
  12. Yulia, Lady. (2019). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162.
  13. Abdul, M., Septyadi, K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE : HARGA DAN PROMOSI. 3(1), 301–313.
  14. Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.
  15. Dewi, A. F., & Pratiwi, R. (2021). Analisis Regresi Logistik Biner pada Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Layanan Grab di Kabupaten Lamongan. Inferensi, 4(2), 77. https://doi.org/10.12962/j27213862.v4i2.8637
  16. Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
  17. Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 1689–1699.
  18. Nugraha, A. S., & Sabir, Z. M. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Produk HNI-HPAI Di Kota Timika. 7(2), 122–152.
  19. Pohan, M. Y. A. (2022a). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication , Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. 3(2).
  20. Pohan, M. Y. A. (2022b). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921
  21. Ruslaini, Noorika Pandayahesti Saputeri, M. (2023). Strategi Hni-Hpai ( Halal Network Internasional-Herba Penawar Alwahida Indonesia ) dalam Memberdayakan Ekonomi Keluarga. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 944–948.
  22. Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANITATIF, KUALITTIF DAN R&G.
  23. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND.
  24. Yulia, Lady. (2019). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162.