Main Article Content

Abstract

Raihan Bakery merupakan usaha yang bergerak dibidang produk kue yang sudah bergerak di wilayah Medan, dalam menjalankan usahanya penting mempoerhatikan bagaimana konsumen memiliki keputusan pembelian, bila mengacu pada penelitian ini variabel yang dibahas yaitu bagaimana keputusan pembelian yang dibentuk oleh harga dan promosi dengan brand sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh harga dan promosi. Terhadap Keputusan Pembelian Pada Raihan Bakery Medan dengan brand sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) yaitu metode yang menjelaskan jenis penelitian mengenai suatu objek tertentu. Hasil penelitian menemukan Nilai thitung untuk variabel promosi sebesar 2,625 bila dibandingkan dengan t tabel yaitu 1,986. Nilai thitung untuk variabel harga sebesar 4,114 bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,986 . Nilai thitung untuk variabel merek sebesar 3,614 bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,986 .Nilai thitung untuk variabel promosi sebesar 2,803 bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,98580 . Nilai thitung untuk variabel harga sebesar 3,825 bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,98580 .ada pengaruh positif dan signifikan baik secara langsung dari promosi terhadap keputusan pembelian melalui merek dengan total pengaruh sebesar 0,091. harga memiliki pengaruh signifikan baik secara langsung maupun melalui merek terhadap keputusan pembelian, dengan total pengaruh sebesar 0,691. Kesimpulan penelitian yaitu harga dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Raihan Bakery Medan dan harga dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Raihan Bakery Medan melalui brand.

Keywords

Promosi Harga Merek Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Halawa, H. M., Sugiharto, B., & Nirwana Br Bangun. (2025). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Dengan Brand Sebagai Variabel Intervening Pada Raihan Bakery Medan. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1033–1048. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2367

References

  1. Adabi, Nadhril. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan pembelian Indihomedi witel telkom Depok. Jurnal Manajemen. Universitas Mulawarman.
  2. Adiyadnya. (2022). Planning Strategy of Operation Business and Maintenance by Analytical Hierarchy Process and Strength, Weakness, Opportunity, and Threat Integration for Energy Sustainability. International Journal of Energy Economics and Policy, 10(4), 221-228.
  3. Afifah, N. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Doctoral
  4. dissertation,Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
  5. Agatha, M., & Pd, M. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep - Google Books (hal. 27– 35). Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Amelia, R. D., Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 274-280.
  6. Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
  7. Anang, F. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media.
  8. Andrianto, 2020, Endors Selebriti, Remaja Rosdakarya, Bandung.
  9. Anwari, A. S., Santoso, B., & Puspitadewi, I. (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Galak Bondowoso. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 130–136.
  10. Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip).s Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55-66.
  11. Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.
  12. Asri. 2019. Organization Behavior Keys Concepts Skills & Best Practice. Mc. Graw-Hill, New York.
  13. Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di kota Medan. Journal Pancabudi, 127–135.
  14. Aswin, 2023. Manajemen Personalia, Gadjah Mada Universitas. Malang. Bagus, A. daan Retno. 2020. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Abon Jamur Tiram Di Perusahaan Ailanifood Kota Malang Jawa Timur. Universitas Brawijaya. Malang.
  15. Chaffey, D. (2020). Digital Marketing (6th ed.). Pearson Education. Colquitt, Jason A and Rodell Jessica B.2011. Justice, Trust, And Trustworthiness: A Longitudinal Analysis Integrating Three Theoretcal Perspectives. University of Georgia.
  16. Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Publikasi Ilmiah, 689–705. http://hdl.handle.net/11617/9995
  17. Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, M. (2016). Pengaruh online customer review rating terhadap kepercayaan place di indonesia. 5(2).
  18. Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, K., Hutagaol, J., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT. Hamsa Tour and Travel. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 2(2), 278-391.
  19. Finanda, I. R., & Wiwaha, A. (2017). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Miloff Beauty Bar. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, 1(2), 134–140.
  20. Gomes, Faustino Cardoso, 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.
  21. Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & F.Tamengkel, L. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon
  22. Amurang. Productivety, 2(1), 69–72. Hamsin, 2020, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Alih Bahasa: Hadyana Pujatmaka, PT. Prenhallindo, Jakarta.
  23. Handoko, T.Hani. 2019. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. (ID)
  24. Hasibuan, 2020. Manajemen Personalia, Gadjah Mada Universitas Press. Yogyakarta.
  25. Hasibuan, R Malayu, 2020. Organisasidan Motivasi, Bumi Aksara, Bandung.
  26. Hasibuan. (2020). Pengaruh Pendidikan, Disiplin, dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat. Journal of Applied Management and Business Research (JAMBiR), 1(3), 250-259.
  27. Hery. (2019). The Influence of Selection, Motivation and Utilization of Information System Academic for Lecturer (SIAD) on the Lecturer Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 61-71.
  28. Hutagaol, J. (2022). Customer Loyalty of Social Media Shop: How the Role of E- Service Quality, Brand Awareness, Trust, Word of Mouth and Satisfaction?. resmilitaris, 12(5), 41-52
  29. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2020. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.
  30. Kotler. 2020. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
  31. Lombu, D., Waruwu, J. M., Bangun, N. B., & Elanda, Y. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat Kota Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1264-1279.
  32. Mantero, 2022. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Gramedia, Jakarta.
  33. Marbun, I.I. 2021. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Kopi Luwak Bermerek Di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara. Medan.
  34. Mardiana, 2019, "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kota Samarinda", eJournal Ilmu Pemerintahan~ Vol. 2 No. 1
  35. Margaretha, M. T., Permatasari, I., Hutagaol, J., & Bangun, N. B. (2024). THE INFLUENCE OF TIKTOK SOCIAL MEDIA, PRICE, AND PROMOTION ON IMPULSE PURCHASES AT THE SHOPEE MARKETPLACE. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7626-7631.m
  36. Megarani. (2020). The Influence of Motivation, Work Discipline, and Compensation on Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 72-83.
  37. Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
  38. Winardi. (2020). Antecedent and Consequence the Human Resources Management Factors on Civil Servant Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 104-116.
  39. Nikma, 2022, Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Ketiga, Refika Aditama, Bandung.
  40. Nurkhaliza. 2015. Analisis Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen dan Jumlah Pembelian Manisan Halua di Kota Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
  41. Priansa. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159.
  42. Raharti. 2021. Perilaku Konsumen. PT Penerbit Erlangga. Jakarta.
  43. Robbins. (2020). Antecedent and Consequence the Human Resources Management Factors on Civil Servant Performance. Golden Ratio of Human Resource Management.
  44. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  45. Sara Siti 2021. Pemasaran: Dasar dan Konsep - Google Books (hal. 27– 35)
  46. Sari, Putra. (2021). The Effect of Competences, Work Motivation, Learning Environment on Human Resource Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 84- 93. Sedarmayant, 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.
  47. Shimp. 2019. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
  48. Stanton. 2019. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Ketanggapan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Warung Ucok Durian Wahid Hasyim Medan.Skirpsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
  49. Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Bisnis,cetakan ke-12, Alfabeta, Bandung.
  50. Suhardi, 2020. Kiat Meningkatkan Produkttvitas Kerja, Rineka Cipta, Jakarta .
  51. Suhardi., 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia.
  52. Sukmawati, S., Asmaliani, I., & As' ad, A. (2024). Peningkatan Produksi dan Perbaikan Pemasaran dari Produk Abon Cakalang Pedas Kedai Shafa di kelurahan Pandang, Panakkukang, Makassar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2928-2940.
  53. Supranto, J, 2013, Metode Riset: Aplikasinya dalam Pemasaran, Edisi Ketujuh, Rineka Cipta, Jakarta.
  54. Suprapto. (2019). Peranan Indikator-Indikator Keterampilan Komunikasi Terapeutik dalam Memprediksi Kepuasan Kerja Perawat RSJ Negeri di Makassar. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(2), 2-22.
  55. Suwarno, 2021. Manajemen Personalia, Penerbit BPFE, Yogyakarta. Tarigan, E. S. B., Silvani, A., Tarigan, J. S. B., & Hutagaol, J. (2022). Analysis of Discount, Free Shipping, And Product Diversity On Product Purchase Decisions On The Shopee Marketplace. Jurnal Ekonomi, 11(01), 292-297
  56. Tjiptono, 2020, Strategis pengiklanan, Erlangga.Jakarta.