Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Trevaloka.com, 2) pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Trevaloka.com, 3) pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Trevaloka.com shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 130 konsumen. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi konsumen yang pernah melakukuan transaksi pada aplikasi Trevaloka.com. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 5.631 > t tabel 1.979, 2) kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 4.98 > t tabel 1.79, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan F hitung 553.209 < F tabel 3.92 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kepercayaan dan kemudahan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian pada aplikasi Trevaloka.com. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 89.47% dikategori baik, dapat disimpulkan bahwa 3) kepercayaan dan kemudahan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Trevaloka.com sedangkan sisanya 10.53% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga, promosi, kualitas informasi serta variabel moderasi seperti corporate image.

Keywords

Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan Pemesanan, Trevaloka.com

Article Details

How to Cite
Erdina Wulandari, E. W., Firhantini, Y. ., & Ramelan, M. R. . (2025). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Hotel Melalui Aplikasi Traveloka di Indonesia. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1023–1039. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2364

References

  1. About Traveloka. (Traveloka Team). Retrieved October 1, 2023, from https://www.traveloka.com/en-en/about-us
  2. Amin, M., Rezaei, S., & Abolghasemi, M. (2014). User satisfaction with mobile websites: the impact of perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU) and trust. Nankai Business Review International, 5(3), 258-274.
  3. Andriyanto, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Manajemen Teknologi, 9(1), 15.
  4. http://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2011/08/2-Richard.pdf
  5. Apa itu Aplikasi Web? - Penjelasan tentang Aplikasi Web - AWS. (n.d.). Retrieved September 4, 2023, from https://aws.amazon.com/id/what-is/web- application/
  6. APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. (Sarnita Sadya). Retrieved July 25, 2023, from https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii- pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023
  7. Ardyanto, D., & Riyadi, H. S. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembelian online. Diakses melalui: https://www. administrasibisnis. studentjournal. ub. ac. id.
  8. Aziziyah, A. (2021). Peranan Persepsi Manfaat sebagai Mediasi dalam Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Penggunaan E- Commerce pada Aplikasi Traveloka. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 205. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p205-216
  9. Begini Klarifikasi Traveloka Terkait Dugaan Kebocoran Data Pengguna. (n.d.). Retrieved August 10, 2023, from https://teknologi.bisnis.com/read/20210519/84/1395414/begini-klarifikasi- traveloka-terkait-dugaan-kebocoran-data-pengguna
  10. Bilgihan, A., & Bujisic, M. (2015). The effect of website features in online relationship marketing: A case of online hotel booking. Electronic Commerce Research and Applications, 14(4), 222–232. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2014.09.001
  11. Cara Refund Tiket Pesawat Traveloka | 100% Refund Guarantee PayLater. (Traveloka FS). Retrieved July 25, 2023, from https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/cara-refund-tiket-pesawat- traveloka/176612
  12. FAQ Top Brand Award. (Redaksi Top Brand). Retrieved September 26, 2023, from https://www.topbrand-award.com/faq-top-brand-award/
  13. FWD Insurance Luncurkan Produk Asuransi untuk Pengguna Traveloka. (n.d.). Retrieved July 25, 2023, from https://finansial.bisnis.com/read/20220727/215/1559806/fwd-insurance- luncurkan-produk-asuransi-untuk-pengguna-traveloka
  14. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
  15. Indonesia: leading online travel agencies 2022 | Statista. (Nurhayati & Wolff). Retrieved July 25, 2023, from https://www.statista.com/statistics/1200620/indonesia-most-used-online- travel-agencies/
  16. Jogiyanto. (2017) Metodologi Penelitian Bisnis. BFE-Yogyakarta, Yogyakarta. Juliana. (2020). Brand Image , Perceived Quality , Ease of Use , Trust , Price , Service Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intention of Blibli Website With Digital Technology As Dummy Variable in the Use. Journal of Critical Reviews, 7(11), 3987–4000.
  17. Kelebihan dan Kekurangan Traveloka | Droidly. (n.d.). Retrieved October 16, 2023, from https://droidly.co/kelebihan-dan-kekurangan-traveloka/
  18. Keuntungan Menggunakan Traveloka App – Infografik. (Traveloka Team). Retrieved August 10, 2023, from https://www.traveloka.com/id- id/explore/tips/keuntungan-menggunakan-traveloka-app-infografik/15141
  19. Kinanti, F., & Baridwan, Z. (2013). Analisis Determinan Sistem Informasi E- Ticketing: Pendekatan Extended Theory Of Planned Behaviour. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
  20. Kotler Philip & Gary Amstrong. (2021). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi 13 jilid 2 Jakarta: Erlangga
  21. Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). In Marketing Management (p. 27). Pearson Pretice Hall.
  22. Marzuki, C. Armeroe, dan Pipit F. Rahayu, (2020). Praktikum Statistik. Malang: Ahlimedia Press.
  23. Metzger, M. J., & Flanagin, A. J. (2013). Credibility and trust of information in online environments: The use of cognitive heuristics. Journal of pragmatics, 59, 210-220.
  24. Mowen, J. & Michael, M. (2013). Perilaku Konsumen. Jilid 1 (Lina Salim,Terjemahan). Jakarta;Erlangga Naomi, P. E. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Kaskus. Co. Id Di Purworejo). SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(1D).
  25. Nawangsari, S., & Karmayanti, Y. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui media sosial instagram (Studi kasus pada online shop YLK. Store). Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.
  26. Pamungkas, I. (2014). Pengaruh religiusitas dan rasionalisasi dalam mencegah dan mendeteksi kecenderungan kecurangan akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 48-59.
  27. Panggih Rizki Dwi. 2014. “Analisis Pengaruh Persepi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah layanan Internet Banking di Indonesia)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
  28. Pendapatan Meroket 75 Persen, Traveloka Cetak Laba Rp3,4 Triliun di 2022. (Jannah). Retrieved September 21, 2023, from https://www.idxchannel.com/economics/pendapatan-meroket-75-persen- traveloka-cetak-laba-rp34-triliun-di-2022
  29. Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.
  30. Putri, A. N. (2015). Analisa Corporate Credibility Terhadap Purchase Intention Telkomsel 4g-Lte Dengan Attitude Toward The Advertising Dan Attitude Toward The Brand Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 8-15.
  31. Rezaei, M. Amin S & Abolghasemi, M. (2016). Nankai Business Review International Article information. Nankai Business Review International, 6(4), 350–363. http://dx.doi.org/10.1108/NBRI-01-2015-0001
  32. Saverus. (2019). Title. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0- 84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl= en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5& dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&am p;ots=HjrHeuS_
  33. Schiffman, Leon. & Kanuk, Leslie. (2015). Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  34. Setyariningsih, E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada Di Kota Mojokerto.
  35. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(2), 150-164.
  36. Solomon, M., Bamossy, G. J., Askegaard, S., & Hogg, M. K. (2018). Consumer Behaviour: A European Perspective (3rd Edition). Prentice Hall.
  37. Stanton, William J. (2013). Prinsip Pemasaran. Edisi Sepuluh. Jilid Satu. Jakarta : Erlangga
  38. Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
  39. Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
  40. Suhir, M., & Imam Suyadi, R. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).
  41. Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi.
  42. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  43. Susilo, H., & Riyadi, R. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Sikap Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Ifs Software (Studi Pada Departemen Pengadaan Barang Dan Jasa PT. Petrokimia Gresik) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
  44. Tentang Traveloka. (Traveloka Team). Retrieved July 25, 2023, from https://www.traveloka.com/id-id/about-us
  45. Top 85 Startups Founded in Indonesia. (Ganis & Sugihtononugroho). Retrieved July 25, 2023, from https://www.failory.com/startups/indonesia#1-tokopedia.
  46. Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap | Top Brand Award. (Redaksi Top Brand). Retrieved July 25, 2023, from https://www.topbrand-award.com/top- brand-index/?tbi_year=2023&type=subcategory&tbi_find=reservasi hotel
  47. Traveloka » Review dan pengalaman pelanggan 2023. (Traveloka FS). Retrieved July 25, 2023, from https://indonesiareview.co.id/liburan/traveloka- pengalaman
  48. Traveloka Resmi Hadir di App Store & Google Play Store. (Traveloka Team). Retrieved September 6, 2023, from https://www.traveloka.com/id- id/explore/tips/traveloka-resmi-hadir-di-app-store-google-play-store/17739
  49. Traveloka - Southeast Asia’s Leading Travel Platform. (Traveloka Team).
  50. Retrieved July 25, 2023, from https://www.traveloka.com/id-id/
  51. Traveloka - Terms and Conditions. (Traveloka Team). Retrieved August 29, 2023, from https://www.traveloka.com/id-id/termsandconditions
  52. Usman, O., & Nisa, C. (2020). Influence of Trust, Ease, Quality of Information,
  53. and Display Products on Purchase Decisions in Social Media. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3510911
  54. Usvita, M. (2016). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Akan Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survey Pada Konsumen Lazada. Co. Id). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(1), 47-53.
  55. Widiyaningsih, A., Winangsih, R., & Prasetya, T. I. (2015). Pengaruh Efektifitas Website Traveloka Terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promosi Tiket Pesawat (Studi pada Mahasiswa FISIP Untirta) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
  56. Yuliawan, E. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 34–
  57. https://doi.org/10.33558/optimal.v12i1.1016