Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh labelisasi halal, gaya hidup, dan harga terhadap keputusan pembelian produk wardah pada generasi z. variable yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variable terikat, yaitu keputusan pembelian (Y), dan variable bebas, yaitu labelisasi halal (X1), gaya hidup (X2) dan harga (X3). Jenis pada penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif, pengimpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan teknik penarikan accidental sampling, yaitu Teknik non-probability sampling. . Dengan mengunakan pengujian uji instrument, (uji validitas dan uji realibilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskidastisitas) kemudian regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta harga yang berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords

Labelisai Halal Gaya Hidup Harga Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Fitri, R., & Abaharis, H. (2025). Pengaruh Labelisasi Halal, Gaya Hidup, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Generasi Z. Economics and Digital Business Review, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2348

References

  1. Abaharis, H., Gandhi, R., & Susanto, R. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Toko Mata Kosmetik Kabupaten Solok Selatan. 17(2).
  2. Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
  3. Amelia, V., & Badri, J. (2024). Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Gen Z di Coffee Shop “Janji Jiwa” Padang. 17(1), 331–339.
  4. Arista, K. C., & Fikriyah, K. (2022). The Effect of Halal Label , Price , and Song Joong Ki as Brand Ambassador on Purchase Decisions for Scarlett Whitening Products in Sidoarjo Regency Pengaruh Label Halal , Harga dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk. 9(4), 453–466. https://doi.org/10.20473/vol9iss20224pp453-466
  5. Arsita, N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390
  6. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  7. BPS Indonesia. (2023). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun - Tabel Statistik - Badan Pusat Statistik Indonesia. In BPS Indonesia. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html
  8. Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame( Studi Kasus pada Konsumen Oriflame di Kabupaten Sumbawa ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1.
  9. Fitriyah, A., Askandar, N. S., Afifuddin, & Machfudz, M. (2023). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Sari Apel. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 3511–3519. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.9541
  10. Habiburrahman, H., Raf, M., & Kartika, S. (2019). Pengaruh country of origin ( asal negara produk ) harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian alat tulis. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.22437/jdm.v8i2.16870
  11. Kusumastuti, D. (2020). Minat Beli Produk Halal di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(2), 27–50. https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i2.3929
  12. Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–136.
  13. Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326
  14. Miswanto, M., Salsabila, I., & Kusmantini, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Pada Generasi Z Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 30(2), 70–86. https://doi.org/10.32477/jkb.v30i2.444
  15. Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
  16. Nengsih, S. P., & Abaharis, H. (2024). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Tingkat Religius Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Oleh Muslimah Milenial. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 264–273. https://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/view/477
  17. P, R. T., Arin, V., Mulyaningsih, & Nani. (2023). The Effect of Analysis Brand Orientation and Gen Z Consumer Attitudes Toward Green Products Purchase Decision. 1(January), 106–111.
  18. Permata, M., Ruswendi, I., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Promostion Mix Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Perilaku konsumen Sebagai Variabel Intervening. JEMMA: Jurnal of Economic, Management, and Accounting, 4(2), 204–216.
  19. Putra, Y. S. (2019). Theoritical review: Teori Perbedaan Generasi. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
  20. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  21. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-1). Alfabeta, CV.
  22. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis.
  23. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
  24. Supu, L. P., Lumanaw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Smartphone Samsung di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 40. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39386
  25. Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam). Ekobis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 2(2), 44–50. https://doi.org/10.35457/translitera.v9i2.945
  26. Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country of Origin, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I Smkn 1 Painan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1318–1331. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.161
  27. Syafri, N. A., Mustari, Hasan, M., Said, M. I., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image Halal, Celebrity Endoser Dan Tingkat Harga Tehadap Kpeutusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 389–403.
  28. Tamara, C. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Lifestyle , Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(2), 275–295.
  29. Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
  30. Top Brand Award, F. (2024). Top Brand Index 2024. In Top Brand Index (pp. 22–31). https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2024
  31. Wijaya, S. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal dan Halal Awarness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan. PRIMANOMICS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2, 1–8.
  32. Wiska, M., Nurdiana, & Putri, D. E. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Siswi SLTA di Kecamatan Sungai Rumbai). Jurnal Manajemen Dewantara, 6(2), 225–235.
  33. Yulius, Y., & Ansorullah, M. F. (2022). Kualitas Produk, Gaya Hidup, Harga dan Keputusan Pembelian Iphone di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 9(3), 31–42. https://doi.org/10.55963/jumpa.v9i3.482