Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening di PT. Mustika Mitra Abadi Altic Houseware Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 50 responden. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh inovasi yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, adanya pengaruh kualitas produk yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, adanya pengaruh inovasi yang positif dan signifikan secara parsial terhadap keunggulan bersaing, adanya pengaruh kualitas produk yang positif dan signifikan secara parsial terhadap keunggulan bersaing, adanya pengaruh keunggulan bersaing yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, adanya pengaruh inovasi dan kualitas produk yang positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Al-Arif, Nur Rianto. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
- Arianty, dkk. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.
- Ayunda. (2020). Strategi Inovasi dan Layanan: Menyongsong Tantangan Pasar Masa Depan. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(1), 1-10.
- B. D. Prasetyo. (2020). Inovasi dalam Perspektif Pemasaran. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 30-40.
- Broto, H., & Wenas, E. (2016). Analisis Kualitas Produk Berdasarkan Metode Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(2), 155-162.
- Creswell, J. W. (2016). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ernawati. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga di Toko X. Jurnal Manajemen, 5(2), 87-94.
- Ermawati, D. D., & Ekanova, A. P. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Jasa Gomed. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 7-17.
- Fajrina, Farah Noor. (2021). Pengaruh Inovasi, Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
- Herdiano, E. (2005). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Pembelian Suplemen Minuman Penambah Energi Di Kecamatan Kraton Yogyakarta.
- Huda, I. U., Karsudjono, A., & Maharani, P. N. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing (Studi pada UKM Di Banjarmasin). Jurnal Mitra Manajemen, 4(3), 392-407.
- Jannah, M. (2014). Strategi Inovasi Produk Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).
- Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya: Unitomo Press.
- Irawan, H. (2015). 10 Prinsip Kepuasan Konsumen. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Irawan, A. (2019). Manajemen Pemasaran: Konsep, Pendekatan, dan Strategi. Semarang: Undip Press.
- Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.
- Jatmiko. (2014). Manajemen Strategik: Dari Perumahan Sampai ke Industri Besar. Surakarta: UNS Press.
- Kholik, Abdul dkk. (2020). Perilaku Konsumen: Ruang Lingkup dan Konsep Dasar. Bandung: Widina Bhakti Persada.
- Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Surabaya: Pustaka Wilis.
- Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Ko. We. Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.
- Lombu, D., Waruwu, J. M., Bangun, N. B., & Elanda, Y. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat Kota Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1264-1279.
- Mahfuzah, R. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Sepatu Country Boots Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
- Manis. (2020). Manajemen Pemasaran: Teori, Konsep, dan Implementasi. Jakarta: Buku Kita.
- Marheni. (2016). Pengantar Manajemen Bisnis. Malang: Bayu Media.
- Mulyadi, Welly, Riswan E. Tarigan, and Andree E. Widjaja. (2016). Pengaruh Inovasi, Kreativitas, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keunggulan Kompetitif: Sebuah Studi Kasus. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi.
- Porter, M.E. (2018). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing), Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang: Perdana Publishing.
- Prasetyo, D. (2020). Inovasi: Inspirasi Baru dalam Pengembangan dan Strategi. Jakarta: Abadi.
- Prasetyo, D. (2020). Manajemen Inovasi: Strategi Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Bandung: Andi.
- Purba, B. (2011). Manajemen Pemasaran Modern: Prinsip, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
- Rangkuti, F. (2011). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Riswan, M. S., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Smartphone Merek Iphone Apple di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 272-280.
- Sampurno, R. (2010). Manajemen Strategis: Pengantar Menuju Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Sangadji, E.M & Sopiah, MM. (2016). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.
- Septiana, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Davindo Anugerah Semesta. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 245-255.
- Shintia. (2012). Strategi Pemasaran Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
- Siswanto dan Heryenzus. (2020). Manajemen Kualitas: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Soegoto dan Soepeno. (2018). Inovasi: Strategi untuk Keunggulan Kompetitif dalam Bisnis. Jakarta: Maju Jaya.
- Sukarmen, P., Sularso, R. A., & Wulandri, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 12(2).
- Sugiyarti, G. (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah di Kota Semarang). Serat Acitya, 4(2), 110.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sunyoto. (2015). Manajemen Pemasaran Modern: Pemasaran Strategik dan Taktik. Bandung: CV Alfabeta.
- Supriyadi, Wiyani, dan Nugraha. (2017). Dimensi Kualitas Produk: Panduan Praktis untuk Industri Manufaktur. Jakarta: Maju Jaya.
- Supriyati, Darham dan Herawati. (2017). Inovasi dalam Konteks Perubahan Dinamis: Strategi untuk Menyediakan Produk dan Layanan Inovatif. Jurnal Manajemen Inovasi, 5(2), 193.
- Suryani, L. (2013). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Teori dan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
- Thatte. (2007). Perencanaan Strategis dalam Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
- Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran: Strategi Pemasaran Produk. Bandung: Andi Offset.
- Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
- Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.
- Utama. (2018). Manajemen Kualitas Produk: Teori dan Implementasi. Jakarta: Cipta Karya Utama.
- Wijaya, Toni. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks.
- Yamit, Zulian. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
References
Al-Arif, Nur Rianto. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Arianty, dkk. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.
Ayunda. (2020). Strategi Inovasi dan Layanan: Menyongsong Tantangan Pasar Masa Depan. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(1), 1-10.
B. D. Prasetyo. (2020). Inovasi dalam Perspektif Pemasaran. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 30-40.
Broto, H., & Wenas, E. (2016). Analisis Kualitas Produk Berdasarkan Metode Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(2), 155-162.
Creswell, J. W. (2016). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ernawati. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga di Toko X. Jurnal Manajemen, 5(2), 87-94.
Ermawati, D. D., & Ekanova, A. P. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Jasa Gomed. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 7-17.
Fajrina, Farah Noor. (2021). Pengaruh Inovasi, Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Herdiano, E. (2005). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Pembelian Suplemen Minuman Penambah Energi Di Kecamatan Kraton Yogyakarta.
Huda, I. U., Karsudjono, A., & Maharani, P. N. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing (Studi pada UKM Di Banjarmasin). Jurnal Mitra Manajemen, 4(3), 392-407.
Jannah, M. (2014). Strategi Inovasi Produk Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya: Unitomo Press.
Irawan, H. (2015). 10 Prinsip Kepuasan Konsumen. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Irawan, A. (2019). Manajemen Pemasaran: Konsep, Pendekatan, dan Strategi. Semarang: Undip Press.
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Jatmiko. (2014). Manajemen Strategik: Dari Perumahan Sampai ke Industri Besar. Surakarta: UNS Press.
Kholik, Abdul dkk. (2020). Perilaku Konsumen: Ruang Lingkup dan Konsep Dasar. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Surabaya: Pustaka Wilis.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Ko. We. Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.
Lombu, D., Waruwu, J. M., Bangun, N. B., & Elanda, Y. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat Kota Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1264-1279.
Mahfuzah, R. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Sepatu Country Boots Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Manis. (2020). Manajemen Pemasaran: Teori, Konsep, dan Implementasi. Jakarta: Buku Kita.
Marheni. (2016). Pengantar Manajemen Bisnis. Malang: Bayu Media.
Mulyadi, Welly, Riswan E. Tarigan, and Andree E. Widjaja. (2016). Pengaruh Inovasi, Kreativitas, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keunggulan Kompetitif: Sebuah Studi Kasus. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi.
Porter, M.E. (2018). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing), Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang: Perdana Publishing.
Prasetyo, D. (2020). Inovasi: Inspirasi Baru dalam Pengembangan dan Strategi. Jakarta: Abadi.
Prasetyo, D. (2020). Manajemen Inovasi: Strategi Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Bandung: Andi.
Purba, B. (2011). Manajemen Pemasaran Modern: Prinsip, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
Rangkuti, F. (2011). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Riswan, M. S., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Smartphone Merek Iphone Apple di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 272-280.
Sampurno, R. (2010). Manajemen Strategis: Pengantar Menuju Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sangadji, E.M & Sopiah, MM. (2016). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.
Septiana, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Davindo Anugerah Semesta. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 245-255.
Shintia. (2012). Strategi Pemasaran Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Siswanto dan Heryenzus. (2020). Manajemen Kualitas: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Soegoto dan Soepeno. (2018). Inovasi: Strategi untuk Keunggulan Kompetitif dalam Bisnis. Jakarta: Maju Jaya.
Sukarmen, P., Sularso, R. A., & Wulandri, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 12(2).
Sugiyarti, G. (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah di Kota Semarang). Serat Acitya, 4(2), 110.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto. (2015). Manajemen Pemasaran Modern: Pemasaran Strategik dan Taktik. Bandung: CV Alfabeta.
Supriyadi, Wiyani, dan Nugraha. (2017). Dimensi Kualitas Produk: Panduan Praktis untuk Industri Manufaktur. Jakarta: Maju Jaya.
Supriyati, Darham dan Herawati. (2017). Inovasi dalam Konteks Perubahan Dinamis: Strategi untuk Menyediakan Produk dan Layanan Inovatif. Jurnal Manajemen Inovasi, 5(2), 193.
Suryani, L. (2013). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Teori dan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Thatte. (2007). Perencanaan Strategis dalam Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran: Strategi Pemasaran Produk. Bandung: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.
Utama. (2018). Manajemen Kualitas Produk: Teori dan Implementasi. Jakarta: Cipta Karya Utama.
Wijaya, Toni. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks.
Yamit, Zulian. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.