Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan, hambatan perpindahan pelanggan dan promosi online terhadap retensi pelanggan di Azzwars Perfume Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Azzwars Perfume Kota Padang sebanyak 1.575 orang dan sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak sehingga setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Melihat pemaparan uraian di atas penulis dapat menyimpulkan beberapa rumusan masalah untuk dibahas yaitu ; 1) Apakah Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Costumer Retention di Azzwars Perfume Lolong Kota Padang?, 2) Apakah Switching Barrier berpengaruh terhadap Costumer Retention di Azzwars Perfume Lolong Kota Padang?,3)Apakah Promosi Online berpengaruh terhadap Costumer Retention di Azzwars Perfume Lolong Kota Padang?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan pada Azzwars Perfume, Switching Barrier berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan pada Azzwars Perfume, dan promosi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan pada Azzwars Perfume Kota Padang, nilai T hitung Kepuasan Pelanggan terhadap Retensi Pelanggan sebesar 2,219 dengan signifikansi 0,006<0,05, nilai T hitung Switching Barrier terhadap Retensi Pelanggan sebesar 2,178 dengan signifikansi 0,010<0,05, nilai T hitung Promosi Online terhadap Retensi Pelanggan sebesar 2,139 dengan signifikansi 0,008<0,05. Jadi cara untuk mempertahankan Retensi Pelanggan pada Azzwars Perfume Lolong Kota Padang adalah dengan cara menjaga kepuasan pelanggan, meningkatkan Switching Barrier dan Promosi Online.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Aji, B. S. (2021). Pengaruh Word Of Mouth, Kualtias Pelayanan, Dan Retensi Pelanggan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya. 4(1), 6.
- Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
- Anggasta, I. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan,Nilai Yang Dirasa Dan Hambatan Beralih Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pengguna Iphone Apple Di Surabaya.
- Diab, B. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus Pada Gies Batik Pekalongan).
- Ertanti, I. K. A. S. (2016). Analisis Moderasi Hambatan Beralih Pada Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Retensi Nasabah Bank Bca Di Surabaya.
- Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 20 (6th Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
- Hardjanti, A., & Amalia, D. (2017). Customer Trust Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention. In Pengaruh Customer Service Quality (Vol. 5, Issue 1).
- Harmila Sari, D. (2013). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Kartu Gsm (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang).
- Hiliyah, N. R., Ningsih, L. S. R., & Irawati, W. (2023). Mempertahankan Kepuasan Pelanggan Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Produk Hanasui Di Beauty Shoppy Jombang. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(4), 105–116. Https://Doi.Org/10.61132/Maeswara.V1i4.72
- Irene, L., & Kristen Petra, U. (2018). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Brand Attitude Dan Customer Engagement Sebagai Variabelperantara Pada Pengguna Rokok Wimsilak Di Surabaya.
- Lompoliuw, T. S. M., Pio, R. J., & Runtuwene, R. F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Retention Di Pt. Erafone Mega Mall Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 114. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.1.2019.23707.114-121
- Margarena, A. N., & Auliya, Z. (2020). The Influence Of Customers Satisfaction, Switching Barrier And Trust For Brands On Customer Retention: A Research On Millennials. Relevance: Journal Of Management And Business, 3(2), 160–174. Https://Doi.Org/10.22515/Relevance.V3i2.2775
- Martha, L., & Anugrah, D. P. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Switching Barrier Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Costumer Retention Di Azzwars Perfume Kota Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 2–23.
- Martini, N. K. A., Wulandari, N. L. A. A., Premayani, N. W. W., & Purwaningrat, P. A. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Putu Atim Purwaningrat (4). Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 1–17.
- Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
- Mulyana, T., Prawita, I. T., & Gunawan, V. (2019). Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Pada Warung Langsam 13 Garut. Www.Jurnal.Uniga.Ac.Id
- Munandar, R., Afrilla, N., & Septa, R. Y. (2018). Strategi Customer Retention Marketing (Crm) Pada Distributor Duta Parfum Center Dalam Mempertahankan Pelanggan.
- Nanda, R., Evanita, S., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan , Hambatan Beralih Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Pengguna Kartu Simpati Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(01), 207–217.
- Novianti, N. (2019). Pengaruh Customer Satisfacton Dan Switching Barrier Terhadap Custumer Retention. Ekonomi Bisnis, 1(4), 5–15.
- Nurjanah, P., & Juanin. (2020). Experiential Marketing Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention Dan Loyalitas Pelanggan. Riset Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 3–18.
- Ovan, & Saputra, A. (2020). Aplikasi Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web ( Ansari Saleh Ahmar, Ed.; Vol. 3, Issue 1). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
- Nanda Et, Al, P. K., Dan, K. M., Bisnis, P. A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2020). Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih. 7(2), 3781–3789.
- Permata, A. (2018). “Pengaruh Hambatan Berpindah, Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pt Coffee Toffee Indonesia Di Surabaya". 1992, 28–42.
- Sabran. (2021). Pengaruh Karakteristik Keprcayaan, Kepuasan, Merek Dan Swtiching Barrier Terhadap Costumer Retention (Survey Pada Pelanggan Penerbangan Lion Air Bandar Udara Internasioal Adi Soemarmo). 4(1), 6.
- Salsabila, A. A., Hendrarini, H., & Nurhadi, E. (2022). Content Marketing Instagram Untuk Mempertahankan Customer Retention Melalui Customer Engagement Pada Konsumen Produk Mie Instan Merek Lemonilo Instagram Content Marketing To Maintain Customer Retention Through Customer Engagement On Consumers Of Lemonilo Brand Instant Noodle Products. Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 8(1), 1–23.
- Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
- Sari, N. D. W., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaamn Merek Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih Merek Wardah The Effect Of Customer Satisfaction, Brand Trust And Switching Barriers On Customer Retention Of Wardah Whitening Cream. Www.Paragon-Innovation.Com
- Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis (Suryandari, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta.
- Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta.
- Magdalena,& Musthafa. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pakaian Bekas Impor Di Pasar Lereng Kota Bukittinggi
- Sugiyono. (2017c). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
- Sugiyono, Profesor. Doktor. (2017d). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Ketiga). Alfabeta.
- Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam (Suwito, Ed.; Pertama). Prenadamedia Group.
- Usvela, E., & Qomariah, N. (2019). Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. 5(2), 300–312.
- Werdaningrum, A. G., & Ardiyanto, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Hambatan Beralih Dan Kepercayaan Merek Terhadap Retensi Pelanggan Wardah Kosmetik Di Kabupaten Klaten. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 394–402. Https://Doi.Org/10.31316/Akmenika.V17i2.1035
- Yustiani, N. M. R. E., Shuardhika, I. N., & Hendrawan, I. G. Y. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Customer Retention Laundry Kiloan Abianbase Mengwi. Kepercayaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Retensi Pelanggan, 3(8), 1–25.
References
Aji, B. S. (2021). Pengaruh Word Of Mouth, Kualtias Pelayanan, Dan Retensi Pelanggan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya. 4(1), 6.
Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
Anggasta, I. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan,Nilai Yang Dirasa Dan Hambatan Beralih Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pengguna Iphone Apple Di Surabaya.
Diab, B. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus Pada Gies Batik Pekalongan).
Ertanti, I. K. A. S. (2016). Analisis Moderasi Hambatan Beralih Pada Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Retensi Nasabah Bank Bca Di Surabaya.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 20 (6th Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Hardjanti, A., & Amalia, D. (2017). Customer Trust Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention. In Pengaruh Customer Service Quality (Vol. 5, Issue 1).
Harmila Sari, D. (2013). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Kartu Gsm (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang).
Hiliyah, N. R., Ningsih, L. S. R., & Irawati, W. (2023). Mempertahankan Kepuasan Pelanggan Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Produk Hanasui Di Beauty Shoppy Jombang. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(4), 105–116. Https://Doi.Org/10.61132/Maeswara.V1i4.72
Irene, L., & Kristen Petra, U. (2018). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Brand Attitude Dan Customer Engagement Sebagai Variabelperantara Pada Pengguna Rokok Wimsilak Di Surabaya.
Lompoliuw, T. S. M., Pio, R. J., & Runtuwene, R. F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Retention Di Pt. Erafone Mega Mall Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 114. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.1.2019.23707.114-121
Margarena, A. N., & Auliya, Z. (2020). The Influence Of Customers Satisfaction, Switching Barrier And Trust For Brands On Customer Retention: A Research On Millennials. Relevance: Journal Of Management And Business, 3(2), 160–174. Https://Doi.Org/10.22515/Relevance.V3i2.2775
Martha, L., & Anugrah, D. P. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Switching Barrier Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Costumer Retention Di Azzwars Perfume Kota Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 2–23.
Martini, N. K. A., Wulandari, N. L. A. A., Premayani, N. W. W., & Purwaningrat, P. A. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Putu Atim Purwaningrat (4). Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 1–17.
Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
Mulyana, T., Prawita, I. T., & Gunawan, V. (2019). Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Pada Warung Langsam 13 Garut. Www.Jurnal.Uniga.Ac.Id
Munandar, R., Afrilla, N., & Septa, R. Y. (2018). Strategi Customer Retention Marketing (Crm) Pada Distributor Duta Parfum Center Dalam Mempertahankan Pelanggan.
Nanda, R., Evanita, S., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan , Hambatan Beralih Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Pengguna Kartu Simpati Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(01), 207–217.
Novianti, N. (2019). Pengaruh Customer Satisfacton Dan Switching Barrier Terhadap Custumer Retention. Ekonomi Bisnis, 1(4), 5–15.
Nurjanah, P., & Juanin. (2020). Experiential Marketing Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention Dan Loyalitas Pelanggan. Riset Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 3–18.
Ovan, & Saputra, A. (2020). Aplikasi Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web ( Ansari Saleh Ahmar, Ed.; Vol. 3, Issue 1). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Nanda Et, Al, P. K., Dan, K. M., Bisnis, P. A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2020). Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih. 7(2), 3781–3789.
Permata, A. (2018). “Pengaruh Hambatan Berpindah, Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pt Coffee Toffee Indonesia Di Surabaya". 1992, 28–42.
Sabran. (2021). Pengaruh Karakteristik Keprcayaan, Kepuasan, Merek Dan Swtiching Barrier Terhadap Costumer Retention (Survey Pada Pelanggan Penerbangan Lion Air Bandar Udara Internasioal Adi Soemarmo). 4(1), 6.
Salsabila, A. A., Hendrarini, H., & Nurhadi, E. (2022). Content Marketing Instagram Untuk Mempertahankan Customer Retention Melalui Customer Engagement Pada Konsumen Produk Mie Instan Merek Lemonilo Instagram Content Marketing To Maintain Customer Retention Through Customer Engagement On Consumers Of Lemonilo Brand Instant Noodle Products. Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 8(1), 1–23.
Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
Sari, N. D. W., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaamn Merek Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih Merek Wardah The Effect Of Customer Satisfaction, Brand Trust And Switching Barriers On Customer Retention Of Wardah Whitening Cream. Www.Paragon-Innovation.Com
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis (Suryandari, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta.
Magdalena,& Musthafa. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pakaian Bekas Impor Di Pasar Lereng Kota Bukittinggi
Sugiyono. (2017c). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono, Profesor. Doktor. (2017d). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Ketiga). Alfabeta.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam (Suwito, Ed.; Pertama). Prenadamedia Group.
Usvela, E., & Qomariah, N. (2019). Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. 5(2), 300–312.
Werdaningrum, A. G., & Ardiyanto, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Hambatan Beralih Dan Kepercayaan Merek Terhadap Retensi Pelanggan Wardah Kosmetik Di Kabupaten Klaten. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 394–402. Https://Doi.Org/10.31316/Akmenika.V17i2.1035
Yustiani, N. M. R. E., Shuardhika, I. N., & Hendrawan, I. G. Y. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Customer Retention Laundry Kiloan Abianbase Mengwi. Kepercayaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Retensi Pelanggan, 3(8), 1–25.