Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh etnosentrisme konsumen dan persepsi harga terhadap niat beli dengan persepsi kualitas sebagai mediasi pada laptop Axioo di Kota Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap pengguna laptop Axioo di Kota Medan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SMARTPLS versi 4.0. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM), model pengukuran (outer model), pengukuran structural (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualita, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat beli dengan persepsi kualitas sebagai mediasi, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan persepsi kualitas sebagai mediasi.

Keywords

Etnosentrisme Konsumen Persepsi Harga Persepsi Kualitas Niat Beli

Article Details

How to Cite
Siregar, C. M., Pasaribu, R. M., & Sitorus, S. A. (2025). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen dan Persepsi Harga Pada Niat Beli Produk Laptop Axioo: Uji Mediasi Variabel Persepsi Kualitas Kota Medan. Economics and Digital Business Review, 6(2), 198–212. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2329

References

  1. Adi, P. H., Laksana, R. D., Shaferi, I., Manajemen, J., & Soedirman, U. J. (2022). Analisis Gaya Hidup Konsumen dan Etnosentrisme Terhadap Perpektif Kualitas dan Implikasinya Terhadap Niat Membeli Produk Budaya. Jurnal Pro Bisnis, 15(2), 137–148. http://dx.doi.org/10.35671/probisnis.v15i2.1980
  2. Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i08.p05
  3. Agustini, N. K., Gede, T., & Sukawati, R. (2017). Peran Perceived Quality Memediasi Perceived Price Dengan Perceived Value6(6), 3022–3050.
  4. Alamsyah, B., & Endang, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Membeli Produk Asuransi Jiwa Sinarmas Di Kota Tangerang. Jurnal Online Internasional & Nasional, 4(1), 109–124. https://doi.org/10.52447/mmj.v4i1.715
  5. Amri, S., & Prihandono, D. (2019). Influence Lifestyle, Consumer Etnocentrism, Product Ouality On Purchase Decision Through Purchase Intention. Management Analysis Journal, 8(1), 28. http://maj.unnes.ac.id doi 10.15294/maj.v8i1.26057
  6. Anggi, C., & Ellyawati, J. (2015). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen Pada Niat Beli Produk Notebook: Uji Mediasi Variabel Persepsi Kualitas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  7. Angkola, M., Utami, C. W., & Gosal, G. G. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Baticue. Performa, 8(2), 147–157. https://doi.org/10.37715/jp.v8i2.2037
  8. Bae, J. H., & Jeon, H. M. (2022). Exploring the Relationships among Brand Experience, Perceived Product Quality, Hedonic Value, Utilitarian Value, and Brand Loyalty in Unmanned Coffee Shops during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(18). https://doi.org/10.3390/su141811713
  9. Baehaqi, M. A., Udayana, I. B. N., & Welsa, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1.1878
  10. Chen, H. S., Liang, C. H., Liao, S. Y., & Kuo, H. Y. (2020). Consumer attitudes and purchase intentions toward food delivery platform services. Sustainability (Switzerland), 12(23), 1–18. https://doi.org/10.3390/su122310177
  11. Faizal, H., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.271
  12. Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134
  13. Fuady, I., Arifin, H., & Kuswarno, E. (2017). Factor Analysis That Effect University Student Perception in Untirta About Existence of Region Regulation in Serang City - Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123770.
  14. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 edisi ke 9.Semarang : Universitas Diponegoro.
  15. Ghozali, I. (2021) Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. Ed.3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
  16. Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.4
  17. Indrawan, M. R., Mulyadi, M., & Furkan, L. M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Beli Sepatu Lokal “Compass” Pada Mahasiswa S1 Di Indonesia. Jurnal Riset Pemasaran, 1(1), 30–42. https://doi.org/10.29303/jrp.v1i1.1752
  18. Kadi, D. C. A. (2016). Peran Sikap sebagai Pemediasi terhadap Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas pada Niat Beli ( Survei Niat Beli Konsumen pada Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan ). Al Tijarah, 2(2), 211–229. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.743
  19. Marda, M., & Rachmad, F. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Loyalitas Merek Pasta Gigi Pepsodent (Studi pada Masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru). Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(1), 14–28.
  20. Murti, W., & Fernandez, D. (2019). Analisis Gaya Hidup Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Persepri Kualitas Serta Implikasinya Terhadap Niat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Smartfren Andromas Pengunjung Itc Roxy Mas Jakarta). Jurnal Manajemen, 07(1), 141–161.
  21. Nguyen, N. H., Dao, T. K., Nguyen, V. K., Dao, T. L., Duong, T. T., & Nguyen, T. T. (2023). Helion terhadap produk asing : Bukti dari data konsumen Vietnam dengan produk Cina Machine Translated by Google. Peran Etnosentrisme Konsumen Terhadap Niat Pembelian Terhadap Produk Asing: Bukti Dari Data Konsumen Vietnam Dengan Produk Cina, 9. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13069
  22. Ningrum, R. A. (2021). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Merek Lokal Wardah. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
  23. Novita, N. (2017). Pengaruh Etnosentrisme-konsumen Terhadap Sikap Konsumen Indonesia Pada Produk Organik Lokal. Journal of Business & Applied Management, 9(1), 1–26. https://doi.org/10.30813/jbam.v9i1.853
  24. Nurlita dan Anggarani. (2022). Pengaruh Brand Trust Dalam Memediasi Hubungan Antara Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Laptop Asus. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(4), 693–708. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i4.372
  25. Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2015). Pengaruh persepsi harga, kepercayaan, dan orientasi belanja terhadap niat beli secara online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar) (Doctoral dissertation, Udayana University).
  26. Pasaribu, R. M., Zai, A. F., Damanik, H. M., & Matondang, V. (2024). Mengukur Keterlibatan Pelanggan pada Niat Pembelian Online dengan Pendekatan Mediasi di Aplikasi Shopee di Medan. CiDEA Journal, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v3i1.1795
  27. Putra, J. C., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Citra Kenangan Kota Kasablanka. Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 26–39. https://doi.org/10.54783/jin.v4i3.590
  28. Rahmawati, N. A., & Muflikhati, I. (2016). Effect of Consumer Ethnocentrism and Preceived Quality of Product on Buying Behavior of Domestic and Foreign Food Products: A Case Study in Pekanbaru, Riau, Indonesia. Jurnal of Consumer Sciences, 01(01), 1-13 https://doi.org/10.29244/jcs.1.1.1-13
  29. Scott, A. J., Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (1991). Applied Logistic Regression. Biometrics, 47(4), 1632. https://doi.org/10.2307/2532419
  30. Selly, & Purba, T. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Brand Man Man Tang di Batam.
  31. Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147. doi: https://doi.org/10.36080/jem.v5i2.329
  32. Siahaan, R., Pasaribu, R., Tambunan, B. H., & Sitorus, Y. M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Unknown Cash (Uc) Dalam Games Player Unknown Battle Ground (Pubg) Mobile Di Medan Baru. Journal of Economics and Business, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.36655/jeb.v3i1.713
  33. Silaban, P. H., & Manihuruk, B. K. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Tiket.com (Studi Kasus Masyarakat Kota Medan). Jurnal Penelitian, 1(1), 1–30. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2626
  34. Sirus, B. Y. (2023). Analysis of the Influence of Country of Origin, Brand Awareness, and Perceived Price on The Purchase Decision of MCB Client Products with Perceived Quality as A Mediating Variable. Journal of Social Science (JoSS), 2(6), 488–506. https://doi.org/10.57185/joss.v2i6.94
  35. Suarjana, I. K., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4), 251833. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i04.p08
  36. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono 2021.
  37. Suraputra, I. M. W., & Suardana, I. B. R. (2019). Persepsi Kualitas Sebagai Mediator Antara Merek, Desain, Persepsi Harga dan Niat Beli Sepeda Motor. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 138. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i1.2024
  38. Turan, O., Dağlı, E., Geçikli, R. M., Esen, O., Keskin, E., Aktas, F., & Karacil, G. (2024). The Relationships between Tourism Ethnocentrism, Destination Advocacy, Local Food Motivation, and Destination Food Image: The Case of Gaziantep. Sustainability (Switzerland), 16(19). https://doi.org/10.3390/su16198549
  39. Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286
  40. Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348
  41. Zaezatun, A., & Rimiyati, H. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Etnosentrisme Konsumen, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference, 2(1), 123–131. https://doi.org/10.18196/umygrace.v2i1.428