Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-WOM, Lifestyle, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang pada platform e-commerce. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling Purposive Sampling pada 60 mahasiswa Fakultas Ekonomi UPMI Medan Angkatan 2020. Data diolah menggunakan IBM SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM, Lifestyle, dan Kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Selain itu, Kepuasan Konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Penelitian ini juga menemukan bahwa Kepuasan Konsumen dapat menjadi variabel intervening yang efektif dalam hubungan antara E-WOM, Lifestyle, dan Kepercayaan dengan Minat Beli Ulang. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran digital yang efektif.

Keywords

E-WOM Lifestyle Kepercayaan Kepuasan Konsumen Minat Beli Ulang

Article Details

How to Cite
Kartika, D. A., Siregar, B. A., & Rizki, A. (2025). Pengaruh E-WOM, Lifestyle, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Economics and Digital Business Review, 6(2), 176–186. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2327

References

  1. Agustina, A., & Julitriarsa, D. 2021. “Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Niat Beli Ulang pada Pembelian Produkskincare di E-Commerce Shopee”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Cakrawala Bisnis, Volume 2, No, (2).
  2. Amil, R. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skincare MS Glow. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim.
  3. Anggraeni, L., Darmawan, C., & Tanshzil, S. W. (2020). The Use of Comic-Based Technology: Media Cultivation of Values in the Nation Defense. In Proceedings of the 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.081
  4. Anwar, R., & Adidarma, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya, 14(1). https://doi.org/10.29259/jmbs.v14i2.3995
  5. Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. 2020. “Pengaruh Consumer Online Rating dan Review terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Marketplace Tokopedia”. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 7, No, (1).
  6. Clarissa, J. 2022. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Shopee pada Masyarakat Desa Lama Kecamatan Pancur Batu”. Skripsi. UMA Medan.
  7. Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word of Mouth (E-Wom) dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Sosial Media. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 2(1), 31–45. https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.354.
  8. Efdison, O. Z., Lova, A. N., Yelnim, & Yadewani, D. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Pengaruh Terhadap Keputusan. Jurnal Ilmu Sosial, 2(1), 1293.
  9. Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
  10. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: MODUL, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Diakses dari https://sg.docworkspace.com/d/sICvF5JtgkYWNtQY?sa=cl
  11. Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. 2022. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung)”. Journals of Economics and Business, Volume 2, No, (1).
  12. Kurniawan, D. 2022. “Pengaruh Gaya Hidup Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Informa Jambi Town Square Kota Jambi”. Skripsi. Universitas Batanghari Jambi.
  13. Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313
  14. Maulida, N., Junaidi, & Periyadi. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi E-Commerce dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Tengah Masa Pandemi Covid 19. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 28–47.
  15. Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136–149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883
  16. Pambayun, E. L., & Permassanty, T. D. (2021). An Integrated Marketing Communication Circle in 4.0 Era: Filosofi, Konsep, dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Adab.
  17. Riswanto, A., Joko, Napisah, S., Boari, Y., Kusumaningrum, D., Dr.Nurfaidah, & Judijanto, L. (2024). Ekonomi Bisnis Digital: Dinamika Ekonomi Bisnis di Era Digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
  18. Rusnawati, R. (2022). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Situs Jual Beli Online Shopee (Studi pada Mahasiswa UIN SMH Banten). Skripsi. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
  19. Sugiyono. (2017). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.
  20. Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.