Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kualitas produk, brand image dan viral marketing terhadap keputusan pembelian Kopi Kenangan di store M. Yamin kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Medan yang pernah membeli Kopi Kenangan di store M. Yamin kota Medan dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh nilai signifikan 0,000< 0,05.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ade Irawan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 17–32.
- Amrullah, et al (2016). "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda." Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 13, no. 2, pp. 99-118, doi:10.29264/jkin.v13i2.826.
- Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi (MEA), 1(2),80-103. https://doi.org/10.31955/mea.v1i2.61
- As' ad, A., & Mulang, H. (2024). Analysis of Gowa Regency's Leading Economic Sectors. Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 73-83.
- Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
- Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251.
- Efdison, Z., Lova, A. N., & Hamdani, D. (2023). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Pengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kopi Nur. JEMBA: Jurnal ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 2(4), 671-682.
- Fandy, T. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. 134.
- Furqon, M. A. (2020). Pengaruh viral marketing dan turbo marketing terhadap keputusan pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79-90. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
- Isnawati, S. I. (2020). Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 37-46. DOI: http://dx.doi.org/10.354 73/.v1i1
- Jeremias, (2022). Pengaruh kualitas produk, viral marketing dan brand image terhadap keputusan membeli di kopi kenangan pasar minggu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 180-189.
- Kotler dan keller. (2016). Marketing Management, 15th edition. United States: Pearson Education.
- Liana, T. M. M. (2019). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Simantek, 3(2).
- Oktaviani, A. P. (2024). Pengaruh viral marketing, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada cw coffee di kota pontianak (Doctoral dissertation, Universitas OSO).
- Pratama, R. A., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2022). the Role of Viral Marketing and Consumer Trust in Purchase Decisions. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 1362–1369.
- Putri, (2019) d. a., & walisongo, u. i. n. Pengaruh kualitas produk, brand image, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian.
- Qotimah, C., & Subarjo, S. (2025). Pengaruh Viral Marketing, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Kenangan Ruko Kaliurang Yogyakarta. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 912-925.
- Rahmayanti, N., & Saifuddin, M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved di Thriftshop Online Instagram. Cakrawala: Management Business Journal, 4(2), 847. www.digimind.id
- Safira, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
- Sinaga, Sianipar (2022). Pengaruh Brand Image dan Personal Branding “Felicya Angelista” Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kota Medan.
- Sitorus, S. A. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Dikota Medan. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 131-142. https://doi.org/10.30606/hjimb
- Safira, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
- Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
- Syahidah, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Humanis. 1(2), 827–837.
References
Ade Irawan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 17–32.
Amrullah, et al (2016). "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda." Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 13, no. 2, pp. 99-118, doi:10.29264/jkin.v13i2.826.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi (MEA), 1(2),80-103. https://doi.org/10.31955/mea.v1i2.61
As' ad, A., & Mulang, H. (2024). Analysis of Gowa Regency's Leading Economic Sectors. Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 73-83.
Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251.
Efdison, Z., Lova, A. N., & Hamdani, D. (2023). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Pengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kopi Nur. JEMBA: Jurnal ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 2(4), 671-682.
Fandy, T. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. 134.
Furqon, M. A. (2020). Pengaruh viral marketing dan turbo marketing terhadap keputusan pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79-90. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
Isnawati, S. I. (2020). Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 37-46. DOI: http://dx.doi.org/10.354 73/.v1i1
Jeremias, (2022). Pengaruh kualitas produk, viral marketing dan brand image terhadap keputusan membeli di kopi kenangan pasar minggu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 180-189.
Kotler dan keller. (2016). Marketing Management, 15th edition. United States: Pearson Education.
Liana, T. M. M. (2019). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Simantek, 3(2).
Oktaviani, A. P. (2024). Pengaruh viral marketing, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada cw coffee di kota pontianak (Doctoral dissertation, Universitas OSO).
Pratama, R. A., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2022). the Role of Viral Marketing and Consumer Trust in Purchase Decisions. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 1362–1369.
Putri, (2019) d. a., & walisongo, u. i. n. Pengaruh kualitas produk, brand image, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian.
Qotimah, C., & Subarjo, S. (2025). Pengaruh Viral Marketing, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Kenangan Ruko Kaliurang Yogyakarta. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 912-925.
Rahmayanti, N., & Saifuddin, M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved di Thriftshop Online Instagram. Cakrawala: Management Business Journal, 4(2), 847. www.digimind.id
Safira, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Sinaga, Sianipar (2022). Pengaruh Brand Image dan Personal Branding “Felicya Angelista” Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kota Medan.
Sitorus, S. A. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Dikota Medan. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 131-142. https://doi.org/10.30606/hjimb
Safira, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syahidah, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Humanis. 1(2), 827–837.