Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada produk songket Segileong di Medan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai pelanggan yang tinggi, seperti kualitas produk, motif unik, harga yang wajar, serta pelestarian budaya, berkontribusi pada tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Selain itu, pengalaman pelanggan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengalaman yang melibatkan emosi positif, inspirasi budaya, serta hubungan timbal balik dengan Segileong memberikan dampak signifikan pada kepuasan pelanggan. Analisis secara simultan menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan secara bersama-sama memengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 61,3%. Pelanggan menghubungkan nilai produk dengan pengalaman yang dirasakan saat membeli songket di Segileong, menciptakan persepsi positif terhadap produk tersebut. Penelitian ini sejalan dengan studi sebelumnya yang menekankan pentingnya nilai dan pengalaman pelanggan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Temuan ini memberikan implikasi bagi pelaku bisnis untuk terus meningkatkan kualitas produk dan menciptakan pengalaman berharga bagi pelanggan guna mempertahankan loyalitas Segileong.

Keywords

Nilai Pelanggan Pengalaman Pelanggan Kepuasan Pelanggan Segileong Songket Medan

Article Details

How to Cite
Lumbanbatu, C., Pasaribu, R. M., & Sitorus, S. A. (2025). Nilai Pelanggan Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Segileong Songket Medan. Economics and Digital Business Review, 6(2), 112–126. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2322

References

  1. Alfa, A. A. (2017). Analisis pengaruh faktor keputusan konsumen dengan structural equation modeling partial least square. Jurnal EurekaMatika, 5(2), 59-71, HYPERLINK https://ejournal.upi.edu/index.php/JEM/article/viewFile/9599/5895n
  2. Amalia, R. &. (2022). Pengaruh jumlah responden terhadap hasil uji validitas dan reliablitas kuesioner pengetahuan dan perilaku swamedikasi. jurnal penelitian Farmasi, 2(1), 9-15,https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/generics/article/view/12271.
  3. Amanda, L. Y. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang; HYPERLINK "https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019" https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019 .
  4. Andrian, W. &. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 53-60, HYPERLINK https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.586
  5. As' ad, A., & Mulang, H. (2024). Analysis of Gowa Regency's Leading Economic Sectors. Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 73-83.
  6. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  7. Bungin, H. M. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: KENCANA.
  8. Desmi Ristia, N. a. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja)’. YUME : Journal of Management, 5.3 , pp. 1–16 https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.1751.
  9. Dewi, S. A. (2023). Analisa Pengaruh Service Quality, Price Fairness, Word Of Mouth, Norma Subjektif dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Berkunjung Di Unit Rawat Jalan RS “M” Jakarta. Jurnal sosial dan sains, 3(10), 1111-1123, http://sosains.greenvest.co.id.
  10. Ghozali, I. (2016). Partial Least Squares, Konsep, Teknik Dan Applikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Ed. 3) in. Universitas Diponegoro, HYPERLINK "https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2364191" https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2364191 .
  11. Hair, J. F.,L. M., & Sarstedt, M, (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use 'PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use." . In Organizational research Methods, MIS Quarterly, and International Journal, Vol. 1, Issue 2;https://doi.org/10.1504/IJMDA.2017.087624.
  12. Handayani, & Putri, (2022). Pengaruh nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan pelanggan Telkomsel. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(7), 2781-2789,https://ejournal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue.
  13. Hidayati, & Qirom, (2024). Analisis Pengaruh Estetika Produk, Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut, Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Pada Pelanggan UMKM Toko Kardus 39). Diponegoro Journal of Management,13(4);https://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
  14. Jefry Romdonny, U. J. (2018). The Factors That Affect Customer Value and Its Impact On Customer Loyalty. Budapest International Research and Critics Institute- Journal, 299-305, HYPERLINK "https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/122" https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/122 .
  15. Jimber Del Rio, at al., (2020). The Loyalti of tourism in synagogues: the special case of the synagogue of Cordoba. Internatinal Journal of Environmental Research and Public Health,17(12),4212; HYPERLINK "https://doi.org/10.3390/ijerph17124212" https://doi.org/10.3390/ijerph17124212 .
  16. Kaligis, O. M. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan, Room Atmosphere, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BRI Kantor Cabang Manado Boulevard). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1); HYPERLINK "https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32687" https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32687 .
  17. Kumbara, V. B. (604-630). Determinasi Nilai Pelanggan dan keputusan pembelian: Analisis kualitas produk, desain produk dan endorse. Jurnal Ilmu Terapan 2 (5), 2021; https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568; https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32687.
  18. Marcelino, K. (2020). Pengaruh Citra Merek, Faktor Emotional Pelanggan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pemeblian Coffe Shop Kopi Wolu G-Walk di Surabaya. Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya; HYPERLINK "http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3933" http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3933 .
  19. Mulang, H., As’ad, A., & Razak, R. (2023). Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Pengrajin Eceng Gondok. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 403-413.
  20. Ningsih, A., And Sari. N. (2024). Customer Value dan Customer Experience Terhadap Customer satisfaction. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) 10(3), pp. 2171-2178,doi:10.35870/jemsi.v10i3.2610.
  21. Nst, V. F. (2022). Pengaruh Etika Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Profesionalisme Kerja Pada Cv. Sentosa Deli Mandiri Medan. Jurnal Prointegrita, 6(3), 201-213; HYPERLINK http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i3.2437 .
  22. Pasaribu, R. M. (2021). Pengalaman pelanggan sebagai mediasi pengecer omnichannel produk kecantikan wardah pada niat pembelian kembali. Jurnal Internasional Pemasaran & Penelitian Sumber Daya Manusia, 140-157;http://www.journal.jis-institute.org/index.php/ijmhrr/article/view/287.
  23. Paturusi, A F, and Rahmawati R, 'Pengaruh Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kfc Cabang Samarinda, Jurnal Ilmu Manajemen…, 4.7(2019),pp.278189<https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JIMM/article/view/1156>.
  24. Prayitno, D. (2018). Kepuasan Sebagai Pemediasi Hubungan Kualitas Pelayanan dan Harga dengan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Onderdil Sinar Bahagia Motor di Lumajang); HYPERLINK https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.766.
  25. Prilandani, S. M. (2022). Penagruh Kepercayaan Merek Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Dalam Meningkatkan Loyalitas (Studi Pada Konsumen Mie Lemonilo Di Semarang). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi. 9(2); HYPERLINK https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.43049.
  26. Putra, Rio, (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran), Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2.4, pp. 516-24,doi:10.31933/jemsi.v2i4.461.
  27. Qomariah, N., & Wibowo, Y G (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbilife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300-312; HYPERLINK://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2930.
  28. Rahmawati, N. R., (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. Journal of Management and Business (JOMB), 109-119; HYPERLINK https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.684.
  29. Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal ilmu manajemen terapan 3 (1), 104-114; HYPERLINK https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707.
  30. Sitorus, S. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga DaN Intensitas Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Teh Pucuk Harum di Kota Medan. Journal Business and Management, 1(1), 01-10; HYPERLINK https://doi.org/10.51622/jbm.v1i1.719.
  31. Tyas, F. &. (2025). Pengaruh Customer Experience dan Switching Barriers Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Melalui Kepuasan Pelangganpada UMKM Ritel. Jurnal Ekonomi, 21(1), 1-19.