Main Article Content
Abstract
Kahf adalah brand facial wash yang diproduksi oleh PT Paragon Technology and Innovation sebagai bentuk respon terhadap permintaan yang tinggi oleh masyarakat akan perawatan khusus kulit pria. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian facial wash Kahf di kota Medan?. (2) Bagaimanakah pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian facial wash Kahf di kota Medan?. (3) Bagaimanakah pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian facial wash Kahf di kota Medan?. (4) Bagaimanakah pengaruh word of mouth, brand ambassador dan persepi harga terhadap keputusan pembelian facial wash Kahf di kota Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth, brand ambassador dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian facial wash Kahf di kota Medan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan Metode Deskriptif dan Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS Versi 26. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Brand ambassador berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) word of mouth, brand ambasssador dan persepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adhim, C., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Dompu, Y. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.450
- Amalia, W. T., Riva’i, A. R., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Da Word Of Mouth Terhadap Keputusan pembelian Mie Instan Pada Remaja. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 10). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v10n4.p1227-1236
- Andriano, Arman, Putra, R., & Bangkinang, S. (2022). The Effect Of Product Quality, Price and Distribution On The Purchase Decision Of Aviator Brand Bike (Survey Of Bike Shops In Bangkinang City). Jurnal Riset Manajemen Indonesia (JRMI), 4(1), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i1.98
- Anggraeni, D. P., Srikandi, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 37, Issue 1).
- As’ad, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. YUME: Journal of Management, 4(1).
- Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
- Bakti, U., Hairudin, & Robi, S. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer PT. YAMAHA Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Indonesia, 1, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.343
- Darmansah, A., & Yanthy, S. R. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1, 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.35968/pkaby422
- Joesyiana, K., Sekretari, A., Manajemen, D., & Bunda, P. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1).
- Kotler, Philip. & Gary Amstrong (2017). Priciplesof Marketing, edisi 17e, USA: Pearson Education Limited.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Pearson Education Inc.
- Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. In Journal of Business & Applied Management (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870
- Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta
- Sitorus, S. A. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Dikota Medan. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 131-142.
- Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 559-573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772.
References
Adhim, C., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Dompu, Y. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.450
Amalia, W. T., Riva’i, A. R., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Da Word Of Mouth Terhadap Keputusan pembelian Mie Instan Pada Remaja. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 10). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v10n4.p1227-1236
Andriano, Arman, Putra, R., & Bangkinang, S. (2022). The Effect Of Product Quality, Price and Distribution On The Purchase Decision Of Aviator Brand Bike (Survey Of Bike Shops In Bangkinang City). Jurnal Riset Manajemen Indonesia (JRMI), 4(1), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i1.98
Anggraeni, D. P., Srikandi, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 37, Issue 1).
As’ad, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. YUME: Journal of Management, 4(1).
Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Bakti, U., Hairudin, & Robi, S. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer PT. YAMAHA Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Indonesia, 1, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.343
Darmansah, A., & Yanthy, S. R. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1, 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.35968/pkaby422
Joesyiana, K., Sekretari, A., Manajemen, D., & Bunda, P. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1).
Kotler, Philip. & Gary Amstrong (2017). Priciplesof Marketing, edisi 17e, USA: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Pearson Education Inc.
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. In Journal of Business & Applied Management (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870
Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta
Sitorus, S. A. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Dikota Medan. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 131-142.
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 559-573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772.