Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mentransformasi industri game online menjadi ekosistem kompetitif yang dinamis. Yogyakarta, sebagai pusat kreativitas, menunjukkan popularitas signifikan dalam turnamen game online. Namun, penyelenggaraan turnamen menghadapi sejumlah kendala infrastruktur, regulasi, dan manajemen yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan dan promosi media sosial terhadap keputusan player mengikuti turnamen game online di Yogyakarta. Penelitian kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 214 responden pengguna game online di Daerah Istimewa Yogyakarta, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan dan promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan player mengikuti turnamen game online, baik secara parsial maupun simultan.

Keywords

Kualitas Layanan Promosi Media Sosial Keputusan Player

Article Details

How to Cite
Ayogya, L. H. A. ., & Yamini, E. A. . (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Player Mengikuti Turnamen Game Online Di Yogyakarta. Economics and Digital Business Review, 6(2), 27–35. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2239

References

  1. Ahmad, G. G., Budiman, B., Setiawati, S., Suryati, Y., Inayah, I., & Pragholapati, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19: Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 1-11.
  2. Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. 1, 42–47.
  3. Amstrong, G & Philip, Kotler (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
  4. Anwar, Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta : Salemba EmpatKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), 7(2), 141-146.
  5. Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-15.
  6. Hair, J. F., Black, W. C., Louisiana, B. J. B., dan Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis Eight Edition . Cengage Learning EMEA.
  7. Kotler, P. T., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edition) 15th Edition. Pearson Education.
  8. Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal komunikasi, 10(2), 144-158.
  9. Parasuraman, Valerie A, Z., & Leonard I, B. (1988). SERVQUAL- A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.pdf. Journal of Retailing, 64, 21–40.
  10. Ramadhan, A. S., Ramadhani, S., & Hendra, F. H. (2020, September). Perancangan Komplek Turnamen E-Sport, di Surabaya Dengan Tema Arsitektur Futuristik. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 291-298).
  11. Ramadhan, A. F. P., & Munawar, F. (2022). Pengaruh media sosial instagram dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2286-2309.
  12. Sari, D. P. N. I., & Febriyanzah, R. (2024). The The Influence of E-Service Quality, Promotion and E-Wom on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Brand on Shopee: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Brand Scarlett Whitening pada Shopee.
  13. Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 37-46.
  14. Supriyono, S., & Wahyudi, A. (2024). Berbagai Aspek Dalam Pemasaran Online Dan Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Promosi. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 318-323.
  15. Tehuayo, E., Siahainenia, S., & Marsulam, A. H. (2022). Pengaruh Promosi Online Kelompok Referensi Dan Kemudahan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Game Online Di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11306-11316.