Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pilihan gaya hidup dan cafe atmosphere terhadap persepsi Generasi Z pada Cafe Hi Pals di Kota Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner melalui Google Form pada 100 responden Generasi Z yang mengunjungi Cafe Hi Pals. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan software SmartPLS3, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa baik cafe atmosphere maupun gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Generasi Z pada Cafe Hi Pals. Cafe atmosphere yang nyaman dan gaya hidup yang sesuai dengan keinginan Generasi Z dapat mendorong mereka untuk membeli produk di Kedai Kopi Hi Pals. Temuan ini dapat bermanfaat bagi para pemilik usaha di industri kopi untuk meningkatkan penjualan dengan memahami perilaku Generasi Z dan menciptakan lingkungan kafe yang sesuai dengan keinginan mereka.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adhim, C. (2020). Analisis faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian pada butik yulia grace. 4(1), 239–247.
- Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178
- Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111
- Barry Berman, J. R. E. (2010). retail-management-a-strategic-approach-11-e- @ openlibrary.telkomuniversity.ac.id (p. 509). https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/9654/retail-management-a-strategic-approach-11-e-.html
- BUDIMAN dan DANANJOYO. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision: Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 0483–0490. https://doi.org/10.13106/jafeb
- Ekasari, R.,& Hartono, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pond’s. E-Jurnal Manajemen, 11(6), 1231–1254. https://doi.org/10.1234
- Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 82–98.
- Ghozali, I. (2014). Structural equation modelling: Metode alternatif dengan partial least squares (PLS) (4th ed.). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=14202&pRegionCode=PRBNSSBY&pClientId=711
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.researchgate.net/publication/301199668_Aplikasi_Analisis_Multivariete_SPSS_23
- Gultom, N. C., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Ingat Kopi Kota Sorong. Productivity, 3(4), 384–389.
- Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M. and Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Bussiness Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
- Hair Jr., J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107. https://doi.org/10.1504/ijmda.2017.10008574
- Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and reliability in quantitative studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen. In Harlow : Pearson Education (Harlow, Es). Harlow : Pearson Education. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=130833&pRegionCode=UNTAR&pClientId=650
- Kurniawan Purnomo, A. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y Pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133–212. http://journal.maranatha.edu/jmm
- Mais, M., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. C. (2024). Pengaruh Lifestyle, Cafe Atmosphere, dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Kalangan Anak Muda Pada De"Kersen Cafe Manado. Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 37–49.
- Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 519–530.
- Prastowo, S. L., & Rahmadi, R. (2023). Apakah brand awareness mampu memoderasi promosi, kualitas produk dan inovasi terhadap keputusan pembelian? Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 153. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i2.7798
- Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56
- Purba, T. P. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Gaya Hidup, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali Pelanggan Jabu Cafe Berastagi. Doctoral Dissertation, Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/47464
- Toffin. (2019). Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3.000 Gerai. Voi.Id. https://voi.id/berita/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai
- Triana, D., Sukoco, H., Farisi, H., & Safitri, A. (2024). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CAFE THE EFFECT OF CAFE ATMOSPHERE , LIFESTYLE , CONSUMER SATISFACTION ON PURCHASE DECISIONS OF CAFE CONSUMERS. November, 6492–6501.
- Utami, C. W. (2012). Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. In Jakarta: Salemba Empat.
- Widjayanto, D. R., & Nugroho, C. (2020). Budaya Nongkrong di Kedai Kopi (Studi Kasus Pada Pelanggan Kozi Coffee 2.0 Bandung). E-Proceeding of Management, 7(2), 7017–7027.
- Wulansari, A. D., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Economics and Digital Business Review, 4(1), 338–348.
- Yunus, N. Y. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik di IAIN Manado. Skripsi, IAIN Manado [IAIN Manado]. https://repository.iain-manado.ac.id/183/1/SKRIPSI NURUL YUSNA YUNUS..pdf.
References
Adhim, C. (2020). Analisis faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian pada butik yulia grace. 4(1), 239–247.
Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111
Barry Berman, J. R. E. (2010). retail-management-a-strategic-approach-11-e- @ openlibrary.telkomuniversity.ac.id (p. 509). https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/9654/retail-management-a-strategic-approach-11-e-.html
BUDIMAN dan DANANJOYO. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision: Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 0483–0490. https://doi.org/10.13106/jafeb
Ekasari, R.,& Hartono, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pond’s. E-Jurnal Manajemen, 11(6), 1231–1254. https://doi.org/10.1234
Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 82–98.
Ghozali, I. (2014). Structural equation modelling: Metode alternatif dengan partial least squares (PLS) (4th ed.). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=14202&pRegionCode=PRBNSSBY&pClientId=711
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.researchgate.net/publication/301199668_Aplikasi_Analisis_Multivariete_SPSS_23
Gultom, N. C., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Ingat Kopi Kota Sorong. Productivity, 3(4), 384–389.
Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M. and Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Bussiness Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hair Jr., J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107. https://doi.org/10.1504/ijmda.2017.10008574
Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and reliability in quantitative studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen. In Harlow : Pearson Education (Harlow, Es). Harlow : Pearson Education. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=130833&pRegionCode=UNTAR&pClientId=650
Kurniawan Purnomo, A. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y Pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133–212. http://journal.maranatha.edu/jmm
Mais, M., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. C. (2024). Pengaruh Lifestyle, Cafe Atmosphere, dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Kalangan Anak Muda Pada De"Kersen Cafe Manado. Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 37–49.
Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 519–530.
Prastowo, S. L., & Rahmadi, R. (2023). Apakah brand awareness mampu memoderasi promosi, kualitas produk dan inovasi terhadap keputusan pembelian? Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 153. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i2.7798
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56
Purba, T. P. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Gaya Hidup, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali Pelanggan Jabu Cafe Berastagi. Doctoral Dissertation, Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/47464
Toffin. (2019). Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3.000 Gerai. Voi.Id. https://voi.id/berita/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai
Triana, D., Sukoco, H., Farisi, H., & Safitri, A. (2024). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CAFE THE EFFECT OF CAFE ATMOSPHERE , LIFESTYLE , CONSUMER SATISFACTION ON PURCHASE DECISIONS OF CAFE CONSUMERS. November, 6492–6501.
Utami, C. W. (2012). Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. In Jakarta: Salemba Empat.
Widjayanto, D. R., & Nugroho, C. (2020). Budaya Nongkrong di Kedai Kopi (Studi Kasus Pada Pelanggan Kozi Coffee 2.0 Bandung). E-Proceeding of Management, 7(2), 7017–7027.
Wulansari, A. D., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Economics and Digital Business Review, 4(1), 338–348.
Yunus, N. Y. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik di IAIN Manado. Skripsi, IAIN Manado [IAIN Manado]. https://repository.iain-manado.ac.id/183/1/SKRIPSI NURUL YUSNA YUNUS..pdf.