Main Article Content

Abstract

Abstrak


Tujuan dari dilaksanakannya riset ini adalah untuk menguji pengaruh citra merek, harga, dan label halal secara parsial dan simultan terhadap daya tarik konsumen kosmetik Wardah pada masyarakat Jepara. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Kabupaten Jepara dengan jumlah yang belum peneliti ketahui secara pasti. Untuk mengambil sampel, maka digunakanlah metode purposive sampling. Setelah melakukan penghitungan menggunakan rumus rao purba, didapatkan sampel sebanyak 96 responden. Kuesioner digunakan dalam riset ini untuk mengumpulkan data. Analisis regresi linear berganda berbatuan SPSS versi 26.0. Berdasarkan temuan data yang telah dianalisis, dapat diketahui variabel citra merek, harga, dan label halal secara parsial maupun simultan memberikan pengaruhnya yang  positif dan signifikan terhadap daya tarik konsumen terhadap produk kosmetik Wardah. Besar pengaruh dari citra merek, harga, dan label halal mempengaruhi daya tarik konsumen adalah 32,6%, sementara itu sisa sebanyak 67,4% dijelaskan variabel lainnya yang belum diperhatikan dalam riset ini.


Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Label Halal, Daya tarik Konsumen, Kosmetik Wardah.


 


Abstract


The purpose of this research is to examine the effect of brand image, price, and halal label partially and simultaneously on the attractiveness of Wardah cosmetics consumers in the Jepara community. The population used is the people of Jepara Regency with an amount that researchers do not know for sure. To take a sample, the purposive sampling method was used. After calculating using the rao purba formula, a sample of 96 respondents was obtained. Questionnaires were used in this research to collect data. Multiple linear regression analysis using SPSS version 26.0. Based on the findings of the analyzed data, it can be seen that the variables of brand image, price, and halal label separately and together have a positive and significant effect on consumer attractiveness of Wardah cosmetic products. The magnitude of the influence of brand image, price, and halal labeling on consumer attractiveness is 32.6%, while the remaining 67.4% is explained by other variables that have not been considered in this research.


 


Keywords: Brand Image, Price, Halal Label, Consumer Appeal, Wardah Cosmetics.

Keywords

Citra Merek Harga Label Halal Daya tarik Konsumen Kosmetik Wardah

Article Details

How to Cite
Wahyuni, S., & Susilo, E. (2025). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Label Halal Terhadap Daya Tarik Konsumen Kosmetik Wardah Pada Masyarakat Jepara: Indonesia. Economics and Digital Business Review, 6(1), 368–379. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i1.2101

References

  1. Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 151–164. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p151-164
  2. Azkia Rahma Pradinda, & Nurfahmiyati. (2023). Pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Pixy. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 101–110. https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2857
  3. Fathurrahman, A., & Arum Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorsment, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(03), 38–49. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.5592
  4. Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 65–76. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.50
  5. Hudrotullah, G. T. P. (2024). Pengaruh Citra Merek, Label Halal Dan Endorsement Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Survei Pada Mahasiswa Di Kota Serang). Neraca Manajemen, Ekonomi, 8(7).
  6. Makaminang, F. M., Mananeke, L., & Tampenawas, J. L. . (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Belk Make Up Korea Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 400. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.39671
  7. Marwah, Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Pantai Terhadap Daya Tarik Pengunjung Wisata Pantai Sejarah. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 1(2), 118–133. https://doi.org/10.55047/jekombital.v1i2.284
  8. Muna, N., Rahmi Pratiwi, M., & Yusriana, A. (2021). Celebrity Endorsement dan Citra Produk Halal dalam Membangun Loyalitas Merek: Studi pada Kosmetik Wardah. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 286–300.
  9. Ningrum, N. I. P., Oktaviany, V., & Sadikin, A. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Maybelline. DEVELOP : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.53990/develop.v4i1.195
  10. Nuraini & Maftukhah. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Digital Selling Terhadap Daya Tarik Konsumen. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.30868/ad.v5i01.1144
  11. Nurmaya Adianti, S., & Ayuningrum, F. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.59729/alfatih.v5i1.60
  12. Pelawi, R. W. O., & Aprillia, A. (2023). Pengujian Efek Kualitas Produk Halal dan Religiusitas Pada Loyalitas Konsumen Produk Wardah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(3), 978–986. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.2737
  13. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
  14. Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2250
  15. Umayyah, R., & Zulfa, M. (2021). Peran Labelisasi Halal Dan Daya Tarik Iklan Dalam Membangun Daya Tarik Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Pemediasi. Ekobis, 22(1), 45–58.
  16. Vivita, E., & Hidayat, W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Semarang (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1338–1343. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.32222
  17. Yannurfani, M. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Daya Tarik Konsumen Pada Clothing Unkl347. Jurnal Manajeman Pemasaran, 3(4).