Strategi Dinas Perhubungan Dalam Menanggulangi Parkir Liar di Tepi Jalan Umum Kota Watampone Kabupaten Bone

Main Article Content

Rusnaedi Rusnaedi

Abstract

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan gagasan, perencanaan, dan eksekusi, sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Strategi merupakan faktor yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan, keberhasilan suatu usaha tergantung pada kemampuan pemimpin yang busa dalam merumuskan strategi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif, dengan cara memberikan uraian-uraian dari setiap jawaban yang dikumpulkan dari responden. Menurut Satori dan Komariah (2014:22) penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Dalam menangani juru parkir liar ini terdapat beberapa tahapan yang dilakukan oleh pemerintah daerah khusunya Dinas Perhubungan, sebab penanganan juru parkir liar tidak mudah untuk dilakukan, keberadaan juru parkir liar menjadi masalah yang serius di Kota Watampone sebab kebutuhan akan parkir dan keterbatasan titik parkir yang ada. Disisi lain semakin menjamurnya juru parkir liar disebabkan sarana dan prasarana yang dianggap oleh sebagian masyarakat masih kurang untuk perparkiran, contohnya terbatasnya kantong parkir, tentunya keberadaan juru parkir liar memiliki pro kontra tersendiri , disatu sisi ada masyarakat yang merasa dengan adanya juru parkir liar  dan disisi lain ada masyarakat yang merasa sangat dirugikan dengan adanya juru parkir liar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rusnaedi, R. (2022). Strategi Dinas Perhubungan Dalam Menanggulangi Parkir Liar di Tepi Jalan Umum Kota Watampone Kabupaten Bone. Economics and Digital Business Review, 3(2), 263–271. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.209

References

Alwi,Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi

Convelo G. Cevilla, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Indonesia.

Dirgantoro,Crown. 2001. Manajemen Strategik Konsep, Kasus, dan Implementasi.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1996. Pengertian Parkir.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 1998. Tujuan Pengendalian Parkir.

eJournal Ilmu Pemerintahan, 2019, 7 (4): 1471-1484

Hari Purnomo, Setiawan & Zulkiefli Manysah. 2007. Manajemen Strategi.

Keputusan Menteri Dalam Negeri No.43 Tahun 1980. Pengelolaan Parkir.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada.

Kusnaedi,Handi.2017. Strategi Dinas Perhubungan dalam Menanggulangi Parkir Liar Di tepi Jalan Umum Kota Medan. Medan

Nisjar, Karhi & Winardi. 1997. Manajemen Strategi.

Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2011. Tentang Retribusi Jasa Usaha, Terminal Dan Perparkiran

Purhantara, Indrianto&Supomo.2010:79.Teknik Pengumpulan Data Primer

Sari,Rizki Atika. 2017. Strategi Dinas Perhubungan Dalam Menanggulangi Parkir Liar Di tepi Jalan Umum Kota Metro. Metro

Satori & Komariah. 2014. Metode Penelitian kualitatif.

Salusu.1996: 101. Tingkatan Strategi

Salusu.1996. Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo. Jakarta

Suyawati, Juju. 2006. Tiga Teknik Analisa Data

Tobing, David M.L. 2007. Parkir dan Perlindungan Hukum Konsumen, PT. Timpaui Agung : Jakarta.