Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Suku Jawa di Kota Parepare

Main Article Content

Bahruddin Bahruddin
Wardhani Wardhani

Abstract

Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dengan cara melakukan observasi dan wawancara langsung dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah terpola dan tersetruktur seperti umur, tempat tanggal lahir, alasan menetap di Kota Parepare, pendidikan terakhir, mengetahui Kota Parepare, pendapatan kepada objek penelitian atau responden. Responden yang dimaksud adalah penduduk migran Suku Jawa di Kota Parepare. Instrumen penelitian berfungsi untuk menetapkan fokus penelitian, memiliki responden, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, menganalisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas penelitian. Adapun alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah mewawancara responden yang berhubungan dengan masalah penelitian dan alat bantu lainnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Uji statistik linear berganda digunakan untuk menguji signifikan atau tidaknya hubungan lebih dari dua variabel melalui regresinya. Alasan penggunaan metode analisis regresi linear berganda adalah untuk mengukur pengaruh antara lebih dari satu variabel independent atau variabel bebas terhadap variabel dependent atau variabel terikat. Alat bantu yang digunakan yaitu program aplikasi SPSS versi 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bahruddin , B. ., & Wardhani, W. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Suku Jawa di Kota Parepare . Economics and Digital Business Review, 3(2), 239–246. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.206

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2020). Kota Parepare Dalam Angka. BPS Kota Parepare.

Badan Pusat Statistik. (2021). Laju Pertumbuhan Ekonomi menurut Kecamatan kota parepare Tahun 2010 – 2020. BPS Parepare

Julianto, D., & Alfian, A. (2017). Analisis Faktor - faktor yangmempengaruhi tingkat Migrasi keluar Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi dan BisnisDharma Andalas, 19(2), 164.

Ompusunggu, V. M. (2018). Analisis Dampak Migrasi Dalam Meningkatkan PertumbuhanEkonomi Keluarga Desa (Studi Pada Desa Tanjung Gusti, Kecamatan Galang, KabupatenDeli Serdang, Sumatera Utara). Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan StudiPembangunan, 18(2).

Purnomo, D. (2009). Fenomena migrasi tenaga kerja dan perannya bagi pembangunan daerah asal. studi empiris di kabupaten wonogiri. Jurnal Ekonomi Pembangunan, KajianMasalah Ekonomi Dan Pembangunan, 10(1), 84-102.

Septiani Venti. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Risen Masuk di Kabupaten/Kota Provinsi Jambi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi: Jambi.

Suharyadi dan Purwanto. (2011). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Salemba Empat: Jakarta.

Todaro, Michael P. Dan Stephen C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi (edisi Kesembilan, jilid I). Jakarta : Erlangga

Sulung Tino Anggara, Junaidi, Yulmardi. 2019.Faktor - faktor yang mempengaruhi migrasi masuk di Kota Parepare (studi kasus etnis Jawa di Kelurahan Buluran Kenali).e-Jurnal Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Vol. 8. No. 1, Januari – April 2019 ISSN: 2303-1220

Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pekerja Migrasi Indonesia.

Undang-undang pasal 26 ayat (2) UUD 1945.