Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Mandiri Tunas Finance Cabang Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Mandiri Tunas Finance Cabang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 2.390 pelanggan. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling yang berjumlah 96 pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Y = 14,820 + 1,035 dan uji t menunjukkan bahwa t hitung> dari t tabel (18,471> 1,98552) hal ini berarti Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Mandiri Tunas Finance Cabang Pekanbaru. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 78.4% sedangkan sisanya 21.6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords

kepemimpinan, kompetensi, disiplin, dan kinerja

Article Details

How to Cite
Kurniawan, R. . (2020). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Mandiri Tunas Finance. Economics and Digital Business Review, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.37531/ecotal.v1i1.2

References

  1. Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.
  2. Alwie, Alvi Furwanti & Deny Danar Rahayu. Analisis Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) terhadap Layanan Hypermart Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Volume 17, Nomor 2 Agustus 2009, h. 21-27.
  3. Anita Librianty Rudi Triadi Yuliarto. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Jawi Pontianak. Aset, Maret 2019, hal. 1-7, Vol. 21 No. 1.
  4. Aryani, Dwi. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Membentuk Loyalitas Pelanggan. Universitas Indonesia: Jakarta.
  5. Dewi H.Chalil H.Syamsulbahri. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Mandala Multi Finance Cabang Palu. Vol. 3, No. 2, Mei 2017, 151-158.
  6. Elisabeth R. Simamora. (2007). Analisis Faktor – Faktor Yang Membangun Kepuasan Nasabah Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Nasabah PT. Bank Tabungan Negara Cabang Semarang). Universitas Diponegoro: Semarang.
  7. Eswika Nilasari & Istiatin. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. RA. Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 01.
  8. Faizah, dkk. Empati terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus: Ditinjau dari Jenjang Pendidikan Inklusi dan Jenis Kelamin. DOI: 10.14710/jpu.16.1.1-7.
  9. Fikri, Sirhan dkk. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2016, h. 120-134.
  10. https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/0816051202-3-BAB%20II%20lisa.pdf
  11. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/493/5/118320021_file5.pdf
  12. http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/pengertian-dan-pengukuran-kepuasan.html
  13. Margono, Hari. Hubungan Antara Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati dengan Tingkat Kepuasan Pemakai Jasa Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Kampus I Mrican Studi pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Pemakai Jasa Perpustakaan Kampus I Mrican. YOGYAKARTA, 2010.
  14. Novitasari, Arum & Nanik Suryani. Pengaruh Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati terhadap Kepuasan Pengguna Jasa UPT Perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3 (2) (2014), p. 275-282.
  15. Novia Susanti & Arsyad Syahrian. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Salon dan SPA.
  16. Rianto Zalukhu, Roni. (2014). Metodologi Riset Bisnis. Al-Huda Press:Pekanbaru.
  17. Rizqa Ramadhaning Tyas dan Ari Setiawan. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Volume 3 Nomor 2, Desember.
  18. Shafira, Annies & Asmanadia Hidayat. Laporan Praktik Belajar Lapangan Ghost Shopping Indeks Kepuasan Masyarakat di Rumah Sakit Advent Kota Bandung. Bandung, 2013.
  19. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
  20. Sutomo, Maskuri. Kepuasan Pelanggan Menginap pada Hotel Berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta (Survey Pelanggan pada Hotel Bintang Tiga, Empat dan Lima Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Strategic, Volume 9, Nomor 17, Februari 2010, 53-75.