Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji

Main Article Content

Hasyim Hasyim
Hanadelansa Hanadelansa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pembelian produk makanan cepat saji di KFC Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk di Makassar yang merupakan konsumen KFC. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang diperoleh melalui metode rumus slovin. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada seluruh responden. Data dalam penelitian ini akan diuji dengan beberapa tahapan pengujian, diantaranya yaitu uji statistik deskriptif, uji instrumen penelitian yang terdiri dari (uji validitas, uji reliabilitas), dan pengujian seluruh hipotesis melalui uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produl cepat saji di KFC Makassar. Sementara itu, variabel faktor eksternal merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pembelian produk cepat saji KFC Makassar karena memiliki nilai koefisien paling tinggi dibandingkan dengan variabel faktor internal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasyim, H., & Hanadelansa, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji. Economics and Digital Business Review, 3(2), 162–181. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/194

References

Arif, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. fastfood Indonesia store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 12–19. https://sciencemakarioz.org/jurnal/index.php/maksitek/article/viewFile/2/6

Asih, P. S., Rawi, R. D. P., & Rahayu, A. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk fastfood KFC di kota Sorong (studi kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.4881

Dunn, K. I., Mohr, P., Wilson, C. J., & Wittert, G. A. (2011). Determinants of fast-food consumption. An application of the theory of planned behaviour. Appetite, 57(2), 349–357. https://doi.org/10.1016/j.appet.2011.06.004

Fauzie, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen KFC cabang Mall Olympic Garden Malang). Brawijaya University. http://repository.ub.ac.id/118135/

Hakimi, H., Nuridja, I. M., & Suwena, K. R. (2015). Pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di kentucky fried chicken (KFC) Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 5(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.4881

Harjuno, P. (2018). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian motor matic honda scoopy (studi kasus pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3386

Insan, I. A., & Ramli, R. (2019). Pengaruh perilaku konsumen terhadap pembelian produk cepat saji pada kentucky fried chicken MTos di Makasssar. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 1(2). http://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/431

Kacen, J. J., Hess, J. D., & Walker, D. (2012). Spontaneous selection: The influence of product and retailing factors on consumer impulse purchases. Journal of Retailing and Consumer Services, 19(6), 578–588. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2012.07.003

Karam, A. A., & Saydam, S. (2015). An analysis study of improving brand awareness and its impact on consumer behavior via media in North Cyprus (a case study of fastfood restaurants). International Journal of Business and Social Science, 6(1). https://asset-pdf.scinapse.io/prod/2185085255/2185085255.pdf

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global edition (Global). Harlow: Pearson Education Limited.

Liew, J. Y., Razali, N. A. W., Ng, K. H., Boon, J. G., & Sui, C. F. (2021). Generation Z’s purchase intention of fast food: Influential factors unveiled in Kluang, Johor. AIP Conference Proceedings, 2347(1), 20270. https://doi.org/10.1063/5.0051565

Novan, F. K., Nurliza, N., & Imelda, I. (2018). Faktor eksternal dan internal konsumen dalam keputusan pembelian kopi “indocafe” di kota Pontianak. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, 7(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/26628

Prastyaningsih, A. S. (2014). Pengaruh customer experience terhadap repurchase intention (Niat membeli ulang) (survei pada konsumen KFC di lingkungan warga Rw 3 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Brawijaya University. https://caritulisan.com/media/84951-ID-pengaruh-customer-experience-terhadap-re.pdf

Purwitasari, D. (2015). Pengaruh perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk kfc (studi kasus di restoran KFC Cabang Kawi Malang). Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150235

Putri, M. (2019). Pengaruh faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen pada kentucky fried chicken (KFC) di kota Tanjungpinang. Universitas Maritim Raja Ali Haji. http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/116

Rajput, A., & Gahfoor, R. Z. (2020). Satisfaction and revisit intentions at fast food restaurants. Future Business Journal, 6(1), 1–12. https://link.springer.com/article/10.1186/s43093-020-00021-0

Sari, D. P. (2020). Pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk KFC (studi kasus pada konsumen KFC Padangsidimpuan). IAIN Padangsidimpuan. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/6263

Schuitema, G., & De Groot, J. I. M. (2015). Green consumerism: The influence of product attributes and values on purchasing intentions. Journal of Consumer Behaviour, 14(1), 57–69. https://doi.org/10.1002/cb.1501

Sholikah, Y. (2015). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan cepat saji KFC Lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/12041

Silaban, S. E., Elisabeth, E., & Sagala, R. (2019). Pengaruh promosi, harga dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada kentucky fried chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 209–228. https://doi.org/10.54367/jrak.v5i2.534

Subiga, Z., & Florencia, F. (2016). Analisa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian makanan di restoran fast food Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 4(1), 158–171. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/4136

Wadera, D., & Sharma, V. (2018). Impulsive buying behavior in online fashion apparel shopping: An investigation of the influence of the internal and external factors among Indian shoppers. South Asian Journal of Management, 25(3), 55. https://search.proquest.com/openview/a77e75e4988fa26aab8005891ad88f75/1?pq-origsite=gscholar&cbl=46967

Wijayanti, A. D., & Wiyani, W. (2014). Pengaruh faktor Internal dan Eksternal Owner terhadap keputusan pembelian member komunitas Online Shop Malang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1). https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2105/