Kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap dan Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar

Main Article Content

Dahliah Baharuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris kontribusi Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar tahun 2010-2019. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan data Sekunder berupa data time series Realisasi Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Daerah Kota Makassar periode pengamatan 2010-2019. Metode penelitian menggunaka analisis deskriptif dan analisis kontribusi. Hasil dari penelitian ini menemukan Kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019. mencapai rata- rata 27,75%. Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019 dengan kriteria kemampuan keuangan daerah sedang. Kontribusi Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019. mencapai rata- rata 38,07%. Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa kontribusi Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019 dengan kriteria kemampuan keuangan daerah baik.


Kata kunci:


Pendapata Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Pendapatan Daerah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Baharuddin, D. . (2022). Kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap dan Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Daerah Kota Makassar. Economics and Digital Business Review, 3(2), 131–145. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/179

References

Anne. (2012). Penertian Kontribusi. Bandung: Kencana.

Baldric. (2017). Akuntansi Sektor Publik Serta Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah. Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM.

Halim, A. (2014). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Handoko. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua, cetakan ketiga belas. Yogyakarta: BPFE.

Julitawati, Ebit., Darwanis., dan Jalaluddin. (2012). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Jurnal Akuntansi, 1 (1), 15-29.

Kuncoro, M. 2014. Otonomi dan Pembangunan Daerah. Jakarta: Erlangga.

Nordiawan & Ayuningtyas, H. (2017). Akuntansi Sektor Publik. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Samawan & Sukhartaha. (2016). Laporan Keuangan Perusahaan, Edisi Kedua. Yogjakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press

Taras, T., Artini, S., & Gede, L. (2017). Analisis pendapatan asli daerah (PAD) dalam upaya pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Badung Bali (Doctoral dissertation, Udayana University).

Windhu. (2018). Tata kelola Ekonomi Keuangan Daerah. Jakarta: Raja Grafindo Persada