Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh Inovasi Produk IndiHome terhadap Kinerja Pemasaran pada PT.Telkom Regional VII Makassar, (2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh Orientasi Pasar IndiHome terhadap Kinerja Pemasaran pada PT.Telkom Regional VII Makassar.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran sebagaimana ditunjukkan nilai t-hitung lebih kecil daripada nilai t-tabel, hal ini membuktikan bahwa peran Inovasi Produk dalam perusahaan tidak memberikan kontribusi bagi Kinerja Pemasaran pada PT.Telkom Regional VII Makassar, (2) Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran sebagaimana ditunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel, yang membuktikan bahwa Orientasi Pasar yang ada dalam PT.Telkom Regional VII Makassar selama ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan Kinerja Pemasaran.

Keywords

Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Kinerja Pemasaran

Article Details

How to Cite
Suaeb, M. ., & Wijana, M. A. . (2025). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt.Telkom Regional Vii Makassar. Economics and Digital Business Review, 5(2), 672–682. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1731

References

  1. Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.
  2. Fatma, N., Alimuddin, M., & Latiep, I. F. (2023). Manajemen Pemasaran Era Industri 4.0. Nas Media Pustaka.
  3. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  4. Iswahyudi, M. S., Budaya, I., Purwoko, P., Riswanto, A., Lestari, A. A., Widawati, E., Zahara, A. E., Ardyan, E., Nurchayati, N., & Efdison, Z. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN: Strategi dan Praktek yang efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  5. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid I (edisi ke13). Jakarta : Penerbit Erlangga.
  6. Mardikaningsih, R. (2021). Pencapaian Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Melalui Harga, Ekuitas Merek, dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Baruna Horizon, 4(1), 64–73.
  7. Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.
  8. Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. (2014). Consumer behavior and marketing strategy, 9th edition, McGraw-Hill Higher Education, New York.
  9. Rahman, A. (2014). Penerapan Data Warehouse dan Data Mining untuk Pengambilan Keputusan Pemasaran di STMIK MDP. Universitas Indonesia.
  10. Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.
  11. Suprihanto, J. (2018). Manajemen. UGM PRESS.
  12. Suryani, N. K., & FoEh, J. E. H. J. (2018). Kinerja organisasi. Deepublish.
  13. Syahkuan, J., Ni’mah, S., Absor, S. M. U., Azis, M. A., Bakri, A. A., & Napitupulu, R. H. M. (2022). Manajemen Strategik Dalam Organisasi. Penerbit NEM.
  14. Sutrisni. (2014) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
  15. Tundoong, E. K., & Mandey, S. L. (2014). Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Hilux Pada Pt. Hasjrat Abadi Cabang Kotamobagu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2).
  16. Usman, H. (2022). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4. Bumi Aksara.