Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Iconnet Bandung

Main Article Content

Lubna Zagladi
Syahputra Syahputra

Abstract

Pada era digital yang berkembang semakin pesat ini teknologi mengambil peranan penting di kehidupan sehari-hari yang menjadikan kegiatan masyarakat tidak terhindar dari konsumsi internet. Tingginya konsumsi internet di Indonesia terlebih di Jawa Barat khususnya di Bandung dipandang sebagai peluang bisnis yang menguntungkan bagi para perusahaan bidang telekomunikasi. Peluang bisnis tersebut biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan telekomunikasi namun baru-baru ini PT. PLN (Persero)  yang sukses dengan bisnis listrik kini membentuk anak perusahaan khusus bergerak dibidang telekomunikasi dengan menggandeng PT. ICON+ (Indonesia Comnets Plus) sebagai anak perusahaan dengan produk berupa internet boardband yang dikenal dengan Iconnet. Iconnet dikenal sebagai perusahaan penyedia intenet dengan biaya termurah sehingga banyak masyarakat mempertanyakan bagaimana kualitas dari produk yang ditawarkan. Studi berikut bertujuan guna mengenali pemaparan pengaruh kualitas produk serta kualitas pelayanan perihal kepuasan pelanggan, apakah parsial (sebagian) ataupun simultan (bersamaan) perihal Iconnet di Bandung. Penelitian berikut memiliki populasiapelanggan Iconnet yang berada di Bandung yang berjumlah 6.183 pelanggan sehingga sampel pada studi berikut berjumlah 100 orang. Penelitian ini mempergunakan, ujiiasumsi klasik, ujihhipotesis yang terbagi menjadi ujitt, ujiff, dan koefisienddeterminasi (R2) dan menunjukan eksistensi pengaruh positif danjuga signifikan secara parsial serta simultan terhadap ketiga variabel tersebut. Dengan hasil Y =i4,716 +i0,622 (X1).+ 0,634i(X2). Hasil perihal pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa kualitas.produk serta kualitas.pelayanan mempengaruhi kepuasanipelanggan senilai 79,9%.sedangkan 20,1%.lainnya merupakan pengaruh dari faktor lain...

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zagladi, . L. ., & Syahputra, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Iconnet Bandung. Economics and Digital Business Review, 3(2), 89–105. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.173