Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat penggunaan dan sikap penggunaan terhadap niat menggunakan e-wallet DANA pada Generasi Z di Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah Generasi Z yang berdomisili di Bandar Lampung, mengetahui dan memahami terkait penggunaan e-wallet DANA, dan berniat menggunakan e-wallet DANA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan metode yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, dengan menyebar kuesioner secara langsung dan online menggunakan google form kepada 130 responden. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menguji koefisien outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima, yaitu persepsi manfaat penggunaan dan sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap niat menggunakan serta sikap penggunaan memediasi hubungan antara persepsi manfaat penggunaan dan niat menggunakan.

Keywords

Persepsi manfaat, sikap, niat menggunakan.

Article Details

How to Cite
Subing, A. M. A. ., & Fihartini, Y. . (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat Penggunaan Terhadap Niat Menggunakan E-Wallet DANA Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Generasi Z di Bandar Lampung . Economics and Digital Business Review, 5(2), 685–703. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1726

References

  1. Antara News Lampung. (2023). Pengguna transaksi elektronik di Lampung tumbuh 45.61 persen. (diakses, 14 Mei 2024). https://lampung.antaranews.com /berita/693837/pengguna-transaksielektronik-di-lampung-tumbuh-4561-persen
  2. Ariffin, S.K., Abd Rahman, M.F.R., Muhammad, A.M. and Zhang, Q. (2021), "Understanding the consumer’s intention to use the e-wallet services", Spanish Journal of Marketing- ESIC, Vol. 25 No. 3, pp. 446-461. https://doi.org/10.1108/ SJME-07-2021-0138
  3. Ariffin, S.K. and Lim, K.T. (2020), May), “Investigating factors affecting intention to use mobile payment among young professionals in Malaysia”, Paper presented at the First ASEAN Business, Environment, and Technology Symposium (ABEATS 2019), 1st-4th December 2019, Atlantis Press.
  4. Arivin, Alfin. (2024). Memahami Perbedaan Antara GoPay dan DANA: Platform Dompet Digital Mana yang Cocok untuk Anda?, (diakses Juni 2024). https://portalpekalongan.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-1917927109/memahami perbedaan-antara-gopay-dan-dana-platform-dompet-digital-mana-yang-cocok-untuk-anda?page=all
  5. Aslam, W., Ham, M., & Arif, I. (2017). Consumer Behavioral Intentions towards Mobile Payment Services: An Empirical Analysis in Pakistan. Market-Tržište, 29(2), 161–176. doi:10.22598/mt/2017.29.2.161
  6. Atriani, D., Eliyah, A. M., Sampetoding., Sunani, A., Sabrina W. J. H., & Arini, A. P. 2021. "Analysis of the Generation z's Perception About E-wallet in Indonesia's New Capital Area". The 4th International Seminar on Business, Economics, Social Science, and Technology (ISBEST).
  7. Bagla, R. K., & Sancheti, V. (2018). Gaps in customer satisfaction with digital wallets: challenge for sustainability. Journal of Management Development, 37(6), 442-451. https://doi.org/10.1108/JMD-04-2017-0144
  8. Balakrishnan, V., & Shuib, N. L. M. (2021). Drivers and inhibitors for digital payment adoption using the cashless society readiness-adoption model in Malaysia. Technology in Society, 65.
  9. Bank Indonesia. (2023). "Atas Kontribusinya Akselerasi Digitalisasi di Masyarakat, QRIS Raih Penghargaan Internasional". https://www.bi.go.id/id/ publikasi/ ruang-media/news-release/Pages/sp_2521123.aspx
  10. Bank Indonesia. (2020). Elektronifikasi. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/elektronifikasi/default.aspx
  11. Bank Indonesia. (2020). QRIS. https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx
  12. Bank Indonesia. Statistik Sistem Pembayaran (SSP). https://www.bi.go.id/id/statistik/ ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik-jumlah.aspx diakses pada tanggal 25 Januari 2024
  13. Banuwa, Laili Fadhilah. (2023). Niat Menggunakan E-wallet Pada Masyarakat Indonesia di Era Digital. (Tesis)
  14. Bashir, I., & Madhavaiah, C. (2015). Consumer attitude and behavioural intention towards Internet banking adoption in India". Journal of Indian Business Research, 7(1), 67–102. doi:10.1108/jibr-02-2014-0013
  15. Bencsik, A., Juhász, T., & Horváth-Csikós, G. (2016). Y and Z generations at workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/ joc.2016.03.06.
  16. Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336
  17. DANA. (2023). “Inilah Alasan Kenapa DANA #BukanDompetBiasa”. https://www. dana.id/corporate/newsroom/inilah-alasan-kenapa-dana-bukan dompet- biasa
  18. Dasangga, Dian Ghani Reza. (2022). "QRIS: Benefit dan Risikonya". Geotimes. https://geotimes.id/opini/qris-benefit-dan-risikonya/
  19. Duy Phuong, N. N., Luan, L. T., Van Dong, V., & Le Nhat Khanh, N. (2020). Examining customers’ continuance intentions towards e-wallet usage: The emergence of mobile payment acceptance in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 505–516. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020. Vol7.No9.505
  20. Financer. (2023). Review DANA 2024 – Apakah Aplikasi DANA Aman?. (diakses Juni 2024). https://financer.com/id/perusahaan/dana/
  21. Foster, B.; Hurriyati, R.; Johansyah, M.D. (2022). "The Effect of Product Knowledge, Perceived Benefits, and Perceptions of Risk on Indonesian Student Decisions to Use E-Wallets for Warunk Upnormal". Sustainability, 14, 6475. https://doi.org/10.3390/su14116475
  22. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang.
  23. Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  24. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis (Seventh Ed). Pearson Education Limited.
  25. Humbani, M., & Wiese, M. (2019). An integrated framework for the adoption and continuance intention to use mobile payment apps. International Journal of Bank Marketing. doi:10.1108/ijbm-03-2018-007210.1108/ijbm-03-
  26. Hendarsyah, Decky. (2016). Penggunaan Uang Elektronik dan Uang Virtual Sebagai Pengganti Uang Tunai di Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. 5(1), 1-15. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v5i1.74
  27. Indriyani, Dila., & Sri Hardianti. (2022). Persepsi Generasi Z pada Penggunaan E-wallet selama Pandemi Covid-19. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 6 (2).
  28. Katadata. (2022). Profil DANA, Dompet Digital Bagian Grup Emtek dan Sinarmas. https://katadata.co.id/intannirmala/ekonopedia/623835fd7de77/profil-dana-dompet-digital-bagian-grup-emtek-dan-sinarmas. diakses 23 Januari 2024
  29. Kotler & Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.
  30. Maggie Setiawan & Christina Yanita Setyawati. (2020). The Influence of Perceived Ease of Use on the Intention to Use Mobile Payment. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.33005/jasf.v3i1.67
  31. Mahwadha, Wijayanthi Isnawatie. (2019). Behavioral Intention of Young Consumers Towards E-wallet Adoption an Empirical Study Among Indonesian UseR RJOAS, 1 (85).
  32. Mansya R. T. et al. (2019). "Pengaruh Trust, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Intention To Use Pada Aplikasi Mobile Ttiket.com". e-Proceeding of Management. Vol. 6, No. 2.
  33. Maulinda, G. D. (2016). “Analisis Trust Dalam Penggunaan E-Money Sebagai Teknologi Konsumsi : Studi Mengenai Penggunaan E-Money Kelas Menengah Atas dan Menengah-Bawah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia”. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 1(1), 61–79.
  34. Naomi, F. P., and Priyanto, I. M. D. (2020). “Perlindungan Hukum Pengguna E-Wallet DANA Ditinjau Dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen”.Jurnal Kertha Semaya, Vol. 9 No. 1. 24-33. https://doi.org/10.24843/KS.2020.v09.i01.p03
  35. Nugroho, Agung P. & Fauzi. (2022). Preferensi Produk E-Wallet di Indonesia (Studi pada Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (5) : 1571-1579.
  36. Prayudi, I. G., Sukaatmadja, I. P. G., Yasa, N. N. K., & Giantari. I. G. A. K. 2022. "The Role of Trust in Mediation the Effect of Perception of Ease of Use and Perception of Usefulness on Intention to Re-Using the Mobile Banking Service". International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, Vol. 9 No. 4. https://doi.org/10.21744/irjmis.v9n4.2102
  37. Priya, R., Gandhi, A.V. and Shaikh, A. (2018). “Mobile banking adoption in an emerging economy”. Benchmarking: An International Journal, Vol. 25 No. 2, pp. 743-762, doi: 10.1108/BIJ-01-2016-0009.
  38. Rahmiati & Yuannita, I. L. (2019). "The influence of trust, perceived usefulness, perceived ease of use, and attitude on purchase intention". Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(1), 27-34.
  39. Raj L., V., Amilan, S. and Aparna, K. (2023). "Factors influencing the adoption of cashless transactions: toward a unified view", South Asian Journal of Marketing. Vol. 4 No.2, https://doi.org/10.1108/SAJM-11-2022-0071
  40. Tan, G. W. H., Ooi, K. B., Chong, S. C., & Hew, T. S. 2014. "NFC mobile credit card: The next frontier of mobile payment?". Telematics and Informatics. 31(2), 292–307. https://doi.org/10.1016/j.tele.2013.06.002
  41. Turner, A. (2015). Generation Z: Technology and Social Interest. The Journal of Individual Psychology., 71(2), 103–113.
  42. Wardana, A. A., Saputro1, E, P., Wahyuddin, P., Abas, N. I. 2022. "The Effect of Convenience, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness on Intention to Use E-Wallet (Empirical Study on Generation Z in Surakarta)", Advances in Economics, Business and Management Research, Vol. 218