Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa juruan ekonomi pembangunan Universitas Lampung terkait harga, pendapatan, korean wave, dan lokasi penjualan dengan seberapa besar pengaruh terhadap permintaan produk azarine melalui marketplace. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2018-2023 Universitas Lampung yang memiliki pengetahuan akan korean wave dan yang pernah menggunakan produk azarine. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling atau secara acak melalui kuisioner google form, dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan permintaan produk azarine sebagai variabel terikat dan empat variabel bebas.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, pendapatan, Korean wave, serta lokasi penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap permintaan produk azarine melalui marketplace

Keywords

Permintaan, Harga, Pendapatan, Lokasi, Korean Wave, Produk Azarine, Marketplace

Article Details

How to Cite
Nabila, M. F. ., Ratih, A. ., Aida, N. ., & Usman, M. . (2024). Analisis Persepsi Permintaan Produk Azarine Melalui Marketplace (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung) . Economics and Digital Business Review, 5(2), 658–671. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1289

References

  1. Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan brand ambassador pada pengambilan keputusan konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59–72.
  2. Adi, G. K. H. (2019). Korean Wave (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Budaya).
  3. Lestari, H., & Bafadhal, S. D. (2018). Pengaruh Brand Ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian. Universitas Brawijaya.
  4. Priyanto, F. P., Purwanto, H., & Dessyari, R. S. (2021, October). Pengaruh Korean Wave, Brand Ambassador dan Tagline “WIB” terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia melalui Minat Beli. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 3).
  5. Aliffia, Salwa & Purnama, Hadi. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Song Joong
  6. Ki Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. e-Proceeding of Management. 9(2)
  7. Anwar, R. P., & Anwar, W. W. (2014). The effect of korean wave on young generation and creative industry in indonesia, 4(2), 65-89.
  8. Hendayana, Y., & Afifah, N. M. (2020). Pengaruh brand ambassador dan Korean wave terhadap minat belanja online melalui marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(01), 32-46.
  9. Mankiw, N. G. (1998). The market forces of supply and demand. Principles of Microeconomics, 4, 61-87.
  10. Faradasya, C. I., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus E-Commerce Shopee). eProceedings of Management, 8(2).
  11. Lailliya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Permintaan Pembelian di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 113-126.
  12. Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Maybelline New York Melalui Sikap pada Iklan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 97-104.
  13. Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap minat beli yang berdampak pada permintaan produk. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32-46.
  14. Negarawan, G. I. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Membeli yang di Moderasi Oleh Tipe Kepribadian Ekstrovert. Psikovidya, 22(1), 62-68.
  15. Siswandi, R. A., & Djawoto, D. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Korean Wave, Brand Image, Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Kasus pada konsumen produk kosmetik Korea Selatan Nature Republic di kota Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(9).
  16. Adisti, P., & Mudiantono, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pesan Iklan, Kualitas Produk, Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli serta Citra Merek dan Sikap Terhadap Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Produk Bedak Wajah Viva Cosmetics di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 738-750.
  17. Cahyani, A. Y., Natsir, M., & Anam, S. (2023). Determinan Permintaan Belanja Online Generasi Y Dan Z Di Kota Kendari. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 19(1), 41-49.
  18. Jati, A. I., Isnawati, D., & Lestari, W. (2023). Analisis Permintaan Belanja Online di Indonesia. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 3(1), 1-14.
  19. Indriningtiyas, D. (2022). Brand Ambassador Artis Korea Pada E-Commerce di Indonesia. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 6(2), 219-230.
  20. Rahma, Y. P., & Setiawan, M. B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen Azarine. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 744-752.
  21. Herlianti, Z. F., & Handayani, S. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra, Merek, Persepsi Harga, dan Promosi Pada Keputusan Pembelian Produk Azarine. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(1), 12-22.
  22. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
  23. Ahmadi, R., & Rose, K. R. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.
  24. Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Permintaan Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286-298.
  25. Utami, Anissa Budi, Fortuna Zain Hamid, dan Mawarta O.S, (2015). Pengaruh Harga, Pendapatan, dan Lokasi Terhadap Pembelian Rumah di D’Kranji Residence Tahap II Bekasi Barat. EPIGRAM (e-journal), 12(2).
  26. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (7th ed.). Indeks
  27. Sadono Sukirno. (2005). Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  28. Yunarto, H. I. (2006). Business Concept Implumentation Series : In Sales And Didrtibution Management. Pt. Elex Media Komputindo. Jakarta
  29. Nusaresearch. 2020. "Laporan Tentang Makeup Routine"
  30. Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.