Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh content marketing dan dukungan influencer terhadap niat beli produk MS Glow pada e-commerce Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Bandar Lampung yang telah membeli produk MS Glow di e-commerce Shopee dan  telah melihat content marketing serta pemasaran yang dilakukan oleh influencer produk MS Glow pada  e-commerce Shopee. Menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling sebanyak 140 sampel. Sebagai penelitian kuantitatif, maka data diambil melalui penyebaran kuisioner menggunakan Google Form. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif menggunakan software SPSS For Windows 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan dukungan influencer berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Perusahaan MS Glow harus membuat content marketing yang dapat dipercaya. Content marketing  tidak dibuat dengan durasi yang begitu panjang dan tidak berisi konten teks. Dukungan influencer dalam me review  produk MS Glow harus jujur sehingga apa yang disampaikan dapat dipercaya oleh konsumen.

Keywords

content marketing, influencer, konsumen, niat beli, pemasaran

Article Details

How to Cite
Ardiyanti, Y., Roslina, R., & Ramelan, M. R. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer Terhadap Niat Beli Konsumen Produk MS Glow Pada E-Commerce Shopee (Studi Konsumen MS Glow di Bandar Lampung). Economics and Digital Business Review, 5(2), 722–737. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1242

References

  1. Akun Resmi Ms Glow. (2023). Daftar Harga MS Glow terlengkap dan Terbaru 2023. Diakses dari://ms-glow.store/blog/paket-ms-glow-12230
  2. Al-Gasawneh, Jassim Ahmad, and Abdullah Matar Al-Adamat. 2020. “The Mediating Role of E-Word of Mouth on the Relationship between Content Marketing and Green Purchase Intention.” Management Science Letters 10(8):1701–8. doi: 10.5267/j.msl.2020.1.010.
  3. Cabeza-Ramírez, L. Javier, Sandra M. Sánchez-Cañizares, Luna M. Santos-Roldán, and Fernando J. Fuentes-García. 2022. “Impact of the Perceived Risk in Influencers’ Product Recommendations on Their Followers’ Purchase Attitudes and Intention.” Technological Forecasting and Social Change 184. doi: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121246
  4. Compas. (2021). Produk Skincare Terlaris Tahun 2021. Diakses dari https://compas.com/baca-deskripsi-posts/produk-skincare-terlaris-tahun-2021/
  5. Dashboard Compas. (2022). Data Penjualan Shopee dan Tokopedia Kategori Kecantikan Terbaru 2022. Diakses dari https://compas.co.id/article/data-penjualan-shopee-dan-tokopedia-kategori-kecantikan-terbaru/
  6. Databok Katadata. (2023). 5 Brand Skincare Terlaris di e-Commerce. Diakses dari https://compas.co.id/article/top-5-brand-skincare/
  7. Databok Katadata. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023: Databoks. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-1-2023
  8. Dyandramitha, Alessandrina. 2021. Sukses Pasarkan Produknya, MS Glow Selalu Melihat Tren. https://www.marketeers.com/author/dyandramitha/
  9. Era.id. (2023). Duh, Produk Kecantikan Buatan Lokal Kalah Laku Dibanding Buatan China, Kenapa. Diakses dari https://era.id/nasional/131639/duh-produk-kecantikan-buatan-lokal-kalah-laku-dibanding-buatan-china-kenapa.
  10. Ghani Nurcahyadi. (2022). Mediaindonesia. com. Riset: 74,5 % Konsumen Lebih Banyak Berbelanja Online Daripada Offline. Diakses dari: https://mediaindonesia.com/ekonomi/441793/riset-745-konsumen-lebih-banyak-berbelanja-online-daripada-offline
  11. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Diakses dari: file:///C:/Users/ACER/Downloads/644946086-Ghozali-Edisi-9-pdf.pdf
  12. Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. Diakses dari: https://doi.org/10.2753/MTP1069- 6679190202
  13. Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh-dari-nfluencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, -15-(1), 133–146.
  14. Harmayani, Marpaung, Hamzah, & Mulyani, N. (2020). Perdagangan elektronik Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
  15. Idris, M. (2022). Membandingkan Omzet Rp 7,2 Triliun MS Glow Vs 2 Raksasa Kosmetik RI. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2022/03/24/205432626/membandingkan-omzet-rp-72-triliun-ms-glow-vs-2-raksasa-kosmetik-ri
  16. Indonesia, D. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Diakses dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
  17. Kompasiana.com. (2022). Perilaku Konsumtif Masyarakat Indonesia. Diakses dari: https://www.kompasiana.com/abigail1856042/6224a12ce2d60e477a6a7dc4/perilaku-konsumtif-masyarakat-indonesia
  18. kumparan, T. (2023). Skincare China Dominasi Pasar Domestik 2022. Diakses dari: https://kumparan.com/kumparanbisnis/skincare-china-dominasi-pasar-domestik-di-ri-20ooDZN0U3u
  19. Lin, CA dkk. (2021) 'Pengaruh Interaksi Parasosial dengan Influencer Instafamous terhadap Sikap Merek dan Pembelian Niat', Jurnal Media Sosial di Masyarakat, 10(1), hlm.55–78.
  20. Mohammad, V. M. (2020). Consumer trust towards content marketing of food & beverage businesses on Instagram: Empirical analysis of Taiwanese and Singaporean consumers. International Journal of Business and Administrative Studies, 6(2), 73–85. https://doi.org/10.20469/ijbas.6.10002-2.
  21. Müller, J., & Christandl, F. (2019). Content is king: But who is the king of kings? The effect of content marketing, sponsored content & user-generated content on brand responses. Computers in Human Behavior, 96, 46–55. https://doi.org/10.1016/j. chb.2019.02.006.
  22. Prasetya, Maheza, and Daniel Susilo. 2022. “The effect of content marketing on purchase intention through customer engagement as variable mediation.” Indonesia Jurnal Komunikasi Profesional Vol. 6 No. 5 (2022) Doi: https://doi.org/10.25139/jkp.v6i5.5192
  23. Pulizzi, J. (2013). Epic content marketing. how to tell a different story, break through the clutter, and win more customers by marketing less. McGraw-Hill Education.
  24. Purwanto, Yunita, Wilma Laura, Sahetapy Program, Business Management, Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, and Dan Ekonomi. 2022. Vol. 10.
  25. Rifqi, W. (2023). Rahasia Suksesnya Pemasaran Produk Kecantikan Ms Glow. Diakses dari https://klikbisnisdigital.com/rahasia-suksesnya-pemasaran-produk-kecantikan-ms-glow/
  26. Saima, and M. Altaf Khan. 2020. “Effect of Social Media Influencer Marketing on Consumers’ Purchase Intention and the Mediating Role of Credibility.” Journal of Promotion Management 27(4):503–23. doi: 10.1080/10496491.2020.1851847.
  27. Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  28. Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shopee (Studi Kasus: Pelanggan Shopee di Kota Bandung Tahun 2017). Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 69–74.
  29. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
  30. Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, and Lilis Rosmiati. 2022. “Pengaruh Konten Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Minat Beli Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia.” MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan 2(1):73–84. doi: 10.37366/master.v2i1.444.
  31. Venciute, Dominyka, Leva Mackeviciene, Marius Kuslys and Ricardo Fontes Correia. 2023. “The role of influencer-follower congruence in the relationship between influencer marketing and purchase behaviour.” Journal of Retailing and Consumer Services, 2023, vol. 75.doi: http://dx.doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103506
  32. Yazgan Pektas, Serife, and Azize Hassan. 2020. “The Effect of Digital Content Marketing on Tourists’ Purchase Intention.” Journal of Tourismology 79–88. doi: 10.26650/jot.2020.6.1.00