Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Media Social Media Marketing Melalui Platform Whatsapp terhadap Minat Beli Masyarakat pada group Wamena Foods Goods Meals. metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif asosiatif. Adapun populasi pada penelitian sebanyak 256 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu dilakukansehingga diperoleh 72 orang sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu metode deskriptif, analsisi regresi linier Sederhana, Pengujian hipotesi uji T dan Koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel media social marketing secara positif tetapi tidak signifikan mempengaruhi minat beli masyarakat.

Keywords

Social Media Marketing, media whatsapp, Minat Beli Masyarakat.

Article Details

How to Cite
Takdir , S. ., Siska, D. ., & Rivandi, R. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Platform Whatsapp pada Minat Beli Masyarakat . Economics and Digital Business Review, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i1.115

References

  1. Anoraga, Pandji., 2000, Manajemen Bisnis, Jakarta : PT Rineka Cipta
  2. Arief, G. M., & Millanyani, H. (2015). Pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen sugar tribe. eProceedings of Management, 2(3).
  3. Ariesandy, P., & Zuliestiana, D. A. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ladyfameshop. eProceedings of Management, 6(2).
  4. Dahmiri, D. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Equity Terhadap Minat Beli. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 17(2), 194-201.
  5. Endah, T., Dimas, A., & Akmal, N. (2017). Kajian dampak penggunaan media sosial bagi anak dan remaja (Vol. 1, No. 1). Puskakom UI.
  6. Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.
  7. Hannief, S. M., & Martini, E. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Loyalitas Merek Konsumen Warunk Upnormal. eProceedings of Management, 5(1).
  8. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
  9. Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 1(2).
  10. Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1).
  11. Nasrullah, R. (2012). Internet dan ruang publik virtual, sebuah refleksi atas teori ruang publik habermas. Komunikator, 4(01).
  12. Solis, B. (2010). Engage: The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. John Wiley & Sons.
  13. Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative market research: an international journal.
  14. Wigmo, J., & Wikström, E. (2010). Social media marketing: What role can social media play as a marketing tool?.