Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh online customer review, voucher cashback, gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada marketplace di solo raya.. Variabel yang diverifikasi dalam penelitian ini adalah online customer review, voucher cashback, dan gratis ongkos kirim sebagai variabel independen, dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Dalam penelitian ini digunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis sebagai metode analisis data dengan pengolahan simultan dukungan manajemen SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 24.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari subyek penelitian atau responden. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 100 respoden masyarakat solo yang dipilih dengan menggunakan metode probability dengan simple random sampling. Hasil survei berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, voucher cashback berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, berdasarkan hasil uji F, secara simultan bahwa online customer review, voucher cashback, dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace di Solo Raya.

Keywords

Online Customer Review, Voucher Cashback, Gratis Ongkos Kirim, Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Ivan, M., & Nasir, M. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Voucher Cashback, dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace di Solo Raya. Economics and Digital Business Review, 5(1), 435–441. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.1092

References

  1. Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.
  2. Ramadhana, R., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace. Prospek, 1(1), 157–166. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1741
  3. Risma, di pulau. (2021). Pengaruh sistem informasi akuntansi manajemen, budget dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajerial koperasi syariah di pulau lombok. 1(3), 117–140.
  4. Sani, C., & Andriany, Y. (2020). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN, HUMAN CAPITAL DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus Pada Karyawan Bidang Manajemen Keuangan PT. Semen Padang). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti Padang, 2(4), 269–290.
  5. Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.
  6. Ramadhana, R., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace. Prospek, 1(1), 157–166. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1741
  7. Risma, di pulau. (2021). Pengaruh sistem informasi akuntansi manajemen, budget dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajerial koperasi syariah di pulau lombok. 1(3), 117–140.
  8. Sani, C., & Andriany, Y. (2020). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN, HUMAN CAPITAL DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus Pada Karyawan Bidang Manajemen Keuangan PT. Semen Padang). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti Padang, 2(4), 269–290.