Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak dari beberapa faktor terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.  Faktor-faktor yang diteliti meliputi live streaming, discount, dan online customer review. Populasi penelitian terdiri dari pengguna Marketplace Shopee di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Penelitian terdiri dari 104 responden yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Analisis data diolah menggunakan program Smart PLS 3.0 dengan teknik analisis yaitu outer model, inner model dan uji hipotesis. Hasil analisis ini menunjukan bahwa ketiga variable yaitu live streaming, discount, dan online customer review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee pada Mahasiswa/i UDINUS Semarang.

Keywords

Live Streaming, Discount, Online Customer Review, dan Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Pradana, A. R. ., & Aryanto, V. D. W. . (2024). Pengaruh Live Streaming, Discount, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Economics and Digital Business Review, 5(1), 329–380. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.1083

References

  1. Arief, M., Mustikowati, R. I., & Chrismardani, Y. (2023). Why customers buy an online product? The effects of advertising attractiveness, influencer marketing and online customer reviews. LBS Journal of Management & Research, 21(1), 81–99. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-09-2022-0052
  2. Azam, M. C., Sukandani, H. Y., & Surabaya, A. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Price discount dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya.
  3. Bayu Prasetyo, E., & Zen, F. (2020). The Effect of Discount Price on Purchasing Intentions Through Consumer’s Perceived Risk in the Flash Sale Program at Shopee.
  4. Darmawan, D. (2023). Studi Empiris Perilaku Konsumen ALI EXPRESS : Peran Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Implusif.
  5. Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Covid-19: Pengaruh Live Streaming Video Promotion dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Buying Purchasing (Vol. 4, Issue 1).
  6. Fauziah, Y., Dwikotjo, F., Sumantyo, S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. JKIS, 1(1). https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1
  7. Febriani, E. P., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Live Streaming Marketing Di Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 290–303. https://doi.org/10.5281/zenodo.10076889
  8. Fitrotin, R. R., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Keputusan Pembelian Produk Near Expired Kecap Bango Yang Dimediasi Oleh Minat Beli (Studi Kasus di Transmart Rungkut Surabaya).
  9. Hanaysha, J. R. (2019). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
  10. Handrian, N., & Soliha, E. (2022). Jurnal Mirai Management Keputusan Pembelian: Peran Price Discount, Lifestyle, dan Kepercayaan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 7(2), 348–355. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2014
  11. Harli, I. I., Mutasowifin, A., Andrianto, M. S., & Syaefudin Andrianto, M. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19.
  12. Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya). In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
  13. Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, and Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol.12, No.2:293-307.
  14. Puspitaningrum, I. A., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (2023). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun Pengaruh Fitur Live Streaming, Content Marketing, Dan Platform Media Sosial TIKTOK Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada MS Glow Kota Madiun).
  15. Rahmawati, N. F. (2022). Pengaruh Affilate Marketing, Live Streaming ,dan Program Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian.
  16. Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132
  17. Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353
  18. Song, C. ;, & Liu, Y.-L. (2021). Standard-Nutzungsbedingungen. http://hdl.handle.net/10419/238054
  19. Steven Johannes, C., & Siagian, V. (2021). The Effect Of Brand Ambassador, Trust and Price Discount On Interest In Buying In Tokopedia Applications (Vol. 6, Issue 2). https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpimhttp://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v1i2.28
  20. Sugiharto, N. A., Nurhayati, N., & Madani, F. (2021). Pengaruh Reputasi dan Online Customer Review Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Survey Pengunjung TOKOPEDIA).
  21. Syafitri, C. D., Rohana, A. F., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Online Consumer Reviews Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Karawang).
  22. Venkatesakumar, R., Vijayakumar, S., Riasudeen, S., Madhavan, S., & Rajeswari, B. (2021). Distribution characteristics of star ratings in online consumer reviews. Vilakshan - XIMB Journal of Management, 18(2), 156–170. https://doi.org/10.1108/xjm-10-2020-0171
  23. Wahyuningsih, Y., & Saputra, M. (2023). Keputusan Pembelian Konsumen Dipengaruhi Online Live Streaming, Free Gift dan Diskon Pada Media Social Tiktok