Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya variabel daya tarik wisata, lokasi dan promosi terhadap keputusan kunjung wisatawan pada Taman Wisata Lembah Hijau di Bandar Lampung. Adapun teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan populasi yang dipakai adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Taman Wisata Lembah Hijau. Jumlah sampel dalam penelitian ini 125 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dan dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya. Teknik pengujian data kuisoner yang di uji menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas, untuk analisis data menggunakan regresi linier berganda karena variabel bebas (X) lebih dari satu. Data di uji dengan menggunakan uji–f (simultan) dan Uji–t (Parsial) dan Uji determinasi R2 (R Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Daya Tarik (X1) berpengaruh positif terhadap Keputusan Kunjung (Y). Lokasi (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Kunjung (Y). Promosi (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Kunjung (Y). Daya Tarik, Lokasi dan Promosi secara simultan berpengaruh kuat terhadap keputusan kunjung di objek wisata Taman Wisata Lembah Hijau

Keywords

daya tarik wisata, lokasi, promosi, keputusan kunjung, wisatawan

Article Details

How to Cite
Putri, M. V. ., & Wiryawan, D. . (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Kunjung Pada Taman Wisata Lembah Hijau Di Bandar Lampung. Economics and Digital Business Review, 5(1), 448–456. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.1081

References

  1. Donargo, S., Sianipar, C. I., & Sirait, R. T. . (2022). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Kota Medan. Creative Agung, 12(2), 149–167.
  2. Kemal Savero. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian.
  3. Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow Effect of Location , Perception of Prices and Tourism Attraction on the Decision To Visit Travelers At Lake Linow. Jurnal EMBA, 7(4), 5505–5513.
  4. Noor, M. F., Putra, H. M., Keliwar, S., & Nala, I. W. (2019). Study of potential destinations for new tourism areas: Efforts to develop benanga reservoir as a potential tourist destination area. Jurnal Riset Inossa, 1(2), 111–138.
  5. Pundissing, R. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Pongtorra’ Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 71–84. https://doi.org/10.47178/jesit.v2i1.1239
  6. R Yuliviona, E Azliyanti, E S Tasri, L. (2021). The effect of tourist attraction , location and promotion toward local tourist decision visit to Air Manis beach in Padang city in new normal policy The effect of tourist attraction , location and promotion toward local tourist decision visit to Air Manis. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012085
  7. Rostiyati, A. (2013). Potensi Wisata Di Lampung Dan Pengembangannya. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 5(1), 144. https://doi.org/10.30959/patanjala.v5i1.185
  8. Sumarni Saota, Progresif Buulolo, & Samanoi Halowo fau. (2021). Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di UD. TRIAL VELA kecamatan fanayama kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 135–142.
  9. Tifanny Sudarmawan, S. (2016). Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Sea World Ancol. 27–36.