Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pendapatan pedagang sayuran di pasar tradisional saat pandemi dan pasca pandemi Covid-19. 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran di pasar tradisional selama pandemi dan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Pasar Sentral Kota Gorontalo yang merupakan pasar terbesar di Provinsi Gorontalo. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan terhitung mulai dari bulan Oktober - Desember 2022. Hasil penelitian menunjukan 1) Rata-rata pendapatan pedagang sayuransaat pandemi sebesar Rp. 128.669 dansesudah pandemi sebesar Rp. 211.306 /hari. Artinya pendapatan pedagang sayuran saat pandemi 40 persen lebih kecil dibandingkan pasca pandemic. 2) Faktor yang mempengaruhi pendapatan saat pandemi Covid-19 yang terdiri dari modal, jam kerja dan lama usaha secara simultan bepengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang sayuran.Secara parsial aspekmodal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang sayur pada saat pandemic, sedangkan lama usahadan jam keja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan pedagang sayuran.Pada kondisi pasca pandemic, faktor yang signifikan mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran adalah modal, dan jam kerja.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alam, A. S. L. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Terhadap Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Covid-19 Di Kecamatan Biring Kanaya Kota Makasar Tahun 2020.
- Anggraini, W. (2019). Pengaruh Faktor Modal, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pedangan Pasar Pagi Perumdam II Sriwijaya Kota Bengkulu). Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
- Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineke Cipta.
- Hanum, N. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. JSE Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jse.v1i1.68
- Dunia, Firdaus Ahmad. (2018). Akuntansi Biaya. Salemba Empat
- Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Lokal (Zaiful (ed.); 2nd ed.). CV. Nur Lina.
- Jannah, M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegagalan Usaha. Jurnal Islamiconomic, 6(1).
- Kotler, P. & Gary A. (2018). Principle of Marketing, 17 e Global Edition, Pearson Limited, New York.
- Kalele, G., Waleleng, P. O. V, Umboh, S. J. K., & Santa, N. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedangan Pengecer Daging Babi di Kota Tomohon. ZOOTEC, 41(1), 11–18.
- Latif, A., Roni, M., Murtini, & Mardiana, A. (2022). Terdampaknya Pendapatan Sayuran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pasar Shopping Limboto Kabuapaten Gorontalo. Jurnal Alwatzitkhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Dan Humaniora, 8(2), 179–192.
- Maskuroh, N. (2019). Peran Pasar Tradisional dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurusan Ekonomi Syari'ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
- Mustafah, N. (2017). Studi Komparasi Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Terhadap Kepuasan Konsumen di Kecamatan Mamajang Kota Makasar. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Makassar
- Patty, F. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan PEDAGANG Kaki Lima Di Jalan Jendral Sudirman Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.
- Puji, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Tradisional Cinere Depok. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1).
- Purwaji, A. (2018). Akuntansi Biaya Edisi 2. Salemba Empat.
- Sembiring, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sayur Mayur (Kasus: Pasar Tradisional Sumbul Kecamata Kabupaten Dairi). Universitas Sumatera Utara.
- Sidabalok, J. (2020). Hukum Perdagangan; perdagangan nasional dan perdagangan internasional. Yayasan kita menulis.
- Sihura, K. V. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sayur Mayur Di Pasar Raya MMTC Medan. Universitas Medan Area.
- Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb-Douglas. PT Raja Grafindo Persada.
- Sudrajat, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedangang Muslim: Studi Pada Pedagang Sayuran di Pasar Jagasatru Cirebon. ADDIn Jurnal Media Dialetika Ilmu Islam, 8(1), 107–134.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.
- Suniati. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Angsa Duo Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
- Suci, R & Sugeng W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengusaha Disentra Industri Alas Kaki Wedorowaru Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Economie, 1(2).
- Widarjono, A. (2013). Ekonometrika Pengatar dan Aplikasinya. Ekonisia.
- Yusuf, I. (2019). Strategi Bertahan Hidup Pedagang Pasar Sanggam Adji Dilayas Kabupaten Berau. ejournal Sosiatri-Sosiologi, Vol. 7.
References
Alam, A. S. L. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Terhadap Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Covid-19 Di Kecamatan Biring Kanaya Kota Makasar Tahun 2020.
Anggraini, W. (2019). Pengaruh Faktor Modal, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pedangan Pasar Pagi Perumdam II Sriwijaya Kota Bengkulu). Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineke Cipta.
Hanum, N. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. JSE Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jse.v1i1.68
Dunia, Firdaus Ahmad. (2018). Akuntansi Biaya. Salemba Empat
Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Lokal (Zaiful (ed.); 2nd ed.). CV. Nur Lina.
Jannah, M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegagalan Usaha. Jurnal Islamiconomic, 6(1).
Kotler, P. & Gary A. (2018). Principle of Marketing, 17 e Global Edition, Pearson Limited, New York.
Kalele, G., Waleleng, P. O. V, Umboh, S. J. K., & Santa, N. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedangan Pengecer Daging Babi di Kota Tomohon. ZOOTEC, 41(1), 11–18.
Latif, A., Roni, M., Murtini, & Mardiana, A. (2022). Terdampaknya Pendapatan Sayuran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pasar Shopping Limboto Kabuapaten Gorontalo. Jurnal Alwatzitkhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Dan Humaniora, 8(2), 179–192.
Maskuroh, N. (2019). Peran Pasar Tradisional dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurusan Ekonomi Syari'ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Mustafah, N. (2017). Studi Komparasi Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Terhadap Kepuasan Konsumen di Kecamatan Mamajang Kota Makasar. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Makassar
Patty, F. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan PEDAGANG Kaki Lima Di Jalan Jendral Sudirman Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.
Puji, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Tradisional Cinere Depok. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1).
Purwaji, A. (2018). Akuntansi Biaya Edisi 2. Salemba Empat.
Sembiring, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sayur Mayur (Kasus: Pasar Tradisional Sumbul Kecamata Kabupaten Dairi). Universitas Sumatera Utara.
Sidabalok, J. (2020). Hukum Perdagangan; perdagangan nasional dan perdagangan internasional. Yayasan kita menulis.
Sihura, K. V. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sayur Mayur Di Pasar Raya MMTC Medan. Universitas Medan Area.
Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb-Douglas. PT Raja Grafindo Persada.
Sudrajat, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedangang Muslim: Studi Pada Pedagang Sayuran di Pasar Jagasatru Cirebon. ADDIn Jurnal Media Dialetika Ilmu Islam, 8(1), 107–134.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.
Suniati. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Angsa Duo Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Suci, R & Sugeng W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengusaha Disentra Industri Alas Kaki Wedorowaru Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Economie, 1(2).
Widarjono, A. (2013). Ekonometrika Pengatar dan Aplikasinya. Ekonisia.
Yusuf, I. (2019). Strategi Bertahan Hidup Pedagang Pasar Sanggam Adji Dilayas Kabupaten Berau. ejournal Sosiatri-Sosiologi, Vol. 7.