Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas produk, harga dan saluran distribusi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian sale pisang UD. Mandiri Banyuwangi. Sampel penelitian sebanyak 98 pelanggan yang terdiri dari konsumen reseller dan retail. Berdasarkan hasil penelitian uji F, nilai F hitung > pada nila F tabel, yang berarti variabel kualitas produk, harga dan saluran distribusi memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sale pisang pada UD Mandiri Banyuwangi. Hasil uji t menunjukkan variabel kualitas Produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk yang tinggi akan mempengaruhi keputusan pembeliankonsumen yang dihasilkan. Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga yang sesuai dan tepat akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada UD Mandiri Banyuwangi. Saluran distribusi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Saluran distribusi sangat membantu perusahaan dalam melaksanakan proses perpindahan barang dari perusahaan kepada konsumen.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.
- Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
- Alma, H. B. (2016). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
- Asyriana, S., Hurotul‘Aini, W., & Anggraeni, D. (2022). PERSEPSI PEGAWAI PT. PELINDO PROPERTY INDONESIA (BOOM MARINA BANYUWANGI) TENTANG ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 1(2), 95–104.
- Cattleyana, D., & Putri, K. D. K. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN HANDICRAFT BAGI UMKM DI BANYUWANGI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1319–1334. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2488
- Cattleyana, D., & Safitri, Y. E. (2022). The Impact Of Product Quality, Brand Image And Price On Customer Satisfaction Of Ootd Service District Sempu Banyuwangi. Jurnal Ekonomi, 11(01), 624–630.
- Christine, C. E., Fitriano, A., Halim, R., & Steven, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Karya Furnindo Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 1002–1010.
- Dwiyanti, N. K. N., & Hartini, N. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kemasan Siap Minum Merek Teh Pucuk Harum di Dalung. Jurnal Research of Management (JARMA), 3(1), 66–76.
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Ketujuh). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Gitosudarmo, I. (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. BPFE.
- Hurotul‘Aini, W., & Anggraeni, D. (2022). Persepsi Pegawai Pt. Pelindo Property Indonesia (Boom Marina Banyuwangi) Tentang Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 95–104.
- Koesworodjati, Y. (2016). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran (Keempat). FE UNPAS.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran (B. Sabran, Ed.; Pertama). Erlangga.
- Marpaung, F. K., William, W., Telaumbanua, S., Nialindawaty, N., & Saputra, V. (2020). Pengaruh Citra Merek, Saluran Distribusi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Prima Sentosa Lestari. Warta Dharmawangsa, 14(4), 740–755.
- Putri, S. M., Ahmad, I., Kinasih, D. D., & Wijananto, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 267–278.
- Rudyanata, K., Andronicus, M., Syahputra, D., Daniel, C., & Sanjaya, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. AKUNTABEL, 18(3), 470–478.
- Setiawan, A., Arifin, R., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Brand Image, Brand Trust, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Lestari Eco Desa Sembung Tulungagung. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(16).
- Simanjutak, M. (2018). Pemasaran dan Konsep. Yayasan Kita Menulis.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Swastha, B., & Irawan. (2016). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
- Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
References
Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.
Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Alma, H. B. (2016). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Asyriana, S., Hurotul‘Aini, W., & Anggraeni, D. (2022). PERSEPSI PEGAWAI PT. PELINDO PROPERTY INDONESIA (BOOM MARINA BANYUWANGI) TENTANG ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 1(2), 95–104.
Cattleyana, D., & Putri, K. D. K. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN HANDICRAFT BAGI UMKM DI BANYUWANGI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1319–1334. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2488
Cattleyana, D., & Safitri, Y. E. (2022). The Impact Of Product Quality, Brand Image And Price On Customer Satisfaction Of Ootd Service District Sempu Banyuwangi. Jurnal Ekonomi, 11(01), 624–630.
Christine, C. E., Fitriano, A., Halim, R., & Steven, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Karya Furnindo Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 1002–1010.
Dwiyanti, N. K. N., & Hartini, N. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kemasan Siap Minum Merek Teh Pucuk Harum di Dalung. Jurnal Research of Management (JARMA), 3(1), 66–76.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Ketujuh). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. BPFE.
Hurotul‘Aini, W., & Anggraeni, D. (2022). Persepsi Pegawai Pt. Pelindo Property Indonesia (Boom Marina Banyuwangi) Tentang Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 95–104.
Koesworodjati, Y. (2016). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran (Keempat). FE UNPAS.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran (B. Sabran, Ed.; Pertama). Erlangga.
Marpaung, F. K., William, W., Telaumbanua, S., Nialindawaty, N., & Saputra, V. (2020). Pengaruh Citra Merek, Saluran Distribusi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Prima Sentosa Lestari. Warta Dharmawangsa, 14(4), 740–755.
Putri, S. M., Ahmad, I., Kinasih, D. D., & Wijananto, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 267–278.
Rudyanata, K., Andronicus, M., Syahputra, D., Daniel, C., & Sanjaya, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. AKUNTABEL, 18(3), 470–478.
Setiawan, A., Arifin, R., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Brand Image, Brand Trust, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Lestari Eco Desa Sembung Tulungagung. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(16).
Simanjutak, M. (2018). Pemasaran dan Konsep. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Swastha, B., & Irawan. (2016). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Andi Offset.