Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang dapat digunakan pada CV. Arky Jaya Katering Sudiang Kota Makassar. Alternatif strategi seperti menjaga citra pelanggan atau citra perusahaan, fasilitas restoran, menjaga kualitas produk dan pelayanan untuk menarik pelanggan, meningkatkan kemampuan manajemen dan kerjasama untuk tujuan perusahaan, serta menyediakan layanan delivery order bagi pelanggan, dapat diperoleh dengan memanfaatkan matriks SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). pembeli, menggunakan dorongan dalam inovasi untuk periklanan, melayani pusat untuk menurunkan sepotong kue dengan memberikan bundel atau partisi yang luar biasa, dan menjaga hubungan baik dengan pemasok atau wilayah di sekitar restoran. Mempertahankan citra perusahaan merupakan prioritas strategi pemasaran yang dianjurkan.

Keywords

Inovasi, SWOT, QSPM.

Article Details

How to Cite
Arif, M., & Moonai, S. (2024). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Matriks SWOT Dan QSPM di CV. Arky Jaya Katering. Economics and Digital Business Review, 5(1), 340–349. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.1008

References

  1. Bhandari, A dan RP Verma. (2013). Strategic Management: A Conceptual Framework. New Delhi: McGraw Hill Education.
  2. Browning, G. (2007). Emergenetics: Menyadap Ilmu Kesuksesan Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Dewi, K.N., Andri, G., dan Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 3(2): 11-29.
  4. Ginting, A. (2006). Perumusan Strategi Perusahaan PT X menggunakan Matriks Evaluasi Faktor. Jurnal Sistem Teknik Industri. 7(1): 1-5.
  5. Kustina, S. (2008). Optimalisasi Pengelolahan Retribusi Parkir Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Darerah (Studi di Kawasan Kota Makassar). Arena Hukum. 1(1): 1-1.
  6. Pasaribu, L. (2008). Analisis Strategi Pemasaran Susu UHT (Ultra High Temperature) (Studi Kasus: PT. ULTRAJAYA Tbk, Bandung). Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.
  7. Umar, H. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  8. Zulkarnaen, H. O., dan Sutopo. (2013). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Diponegoro Journal of Management. 2(3): 1- 13
  9. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th ed. Pearson.
  10. David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. 16th ed. Pearson.
  11. West, D. C., Ford, J., & Ibrahim, E. (2015). Strategic Marketing: Creating Competitive Advantage. 3rd ed. Oxford University Press.
  12. Munawir, S. (2015). Strategi Pemasaran (Teori, Contoh, dan Kasus). Salemba Empat.