Main Article Content

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah perilaku konsumen terutama pada produk kesehatan. Kompetisi di industri tersebut meningkat pesat dan memaksa  perusahaan. Untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen,  salah satunya adalah produk masker medis.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian masker pokana di kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah  analisis regresi linear berganda untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara X tehadap Y. Untuk penentuan sampel peneliti menggunakan rumus Limeshow sehingga diperoleh jumlah sampel. sebanyak 96 responden. Dari hasil pengujian hipotesis yaitu hasil uji t, diperoleh hasil pengujian yang dimana pada hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung < t-tabel pada variabel Harga (X1) yakni 0,337<1.985, sedangkan untuk Variabel Citra merek (X2) diperoleh hasil t-hitung sebesar -0,610, maka -0,610<1.985. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima sementara H1 dan H2 ditolak. Nilai tingkat signifikansi yang diperoleh untuk variabel harga sebesar 0,543 atau 0,543>0,05 sementara untuk variabel citra merek didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,737 atau 0,737>0,05. Sehingga disimpulkan bahwa harga dan citra merek tidak berpengaruh secara individu terhadap keputusan pembelian masker merek pokana ditengah pandemi di Kota Makassar. Ditinjau dari Hasil uji simultan (Uji F) atau bersama-sama diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,828 atau 0,828>0,05. Sementara itu nilai F-hitungnya <F-tabel atau 0,190<3,093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika secara bersama-sama antara variabel harga dan citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan Pembelian masker Pokana di Kota Makassar.

Keywords

Harga; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Kumala Sari, N. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63–70. https://doi.org/10.37531/amar.v2i1.151

References

  1. Amalia, S.2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan.
  2. Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2013). Manajemen Pemasaran. cet. II. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  3. Amstrong, Gray & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalind.
  4. Assauri, Sofjan, 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kesembilan. Jakarta: Alfabeta
  6. Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.
  7. Harjanti, L. and Venesia. Y., 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E- Journal / Widya Ekonomi, I (1) p. 36791. (Online), (http://e-journal.Jurwindyakop3.Com/, diakses Pada 30 April 2021)
  8. Ichwanul, Akbar. (2011) . Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Minuman Coca-cola. Universitas Mercubuana, Jakarta.
  9. Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
  10. Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
  11. Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.
  12. Malikah, R. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Gaya Hidup Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah FEBI IAIN Tulungagung).
  13. Sulistyari, Ikanita Novirina. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflamme (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Dip`onegoro Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.