Main Article Content
Abstract
Literasi digital merupakan pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Tingkat literasi digital yang tinggi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap guru agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, memiliki literasi digital yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan efisiensi kerja. Edukasi digital dijadikan sebagai alat untuk mengatasi rendahnya tingkat literasi digital, yang membutuhkan proses panjang dan mendorong individu untuk terus belajar dan berkembang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para guru di SD Negeri Taipale'leng dalam pemanfaatan teknologi digital, khususnya Google Forms dan aplikasi ChatGPT. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis tentang penggunaan platform digital yang sederhana dan efektif. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan para guru dapat membuat soal dan jawaban dengan lebih efisien, meningkatkan kualitas pembelajaran, serta meningkatkan daya saing dalam dunia pendidikan. Program ini melibatkan pelatihan langsung, konsultasi, dan pendampingan secara berkelanjutan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), Article 4.
- Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
- Nugroho, D. S. S., & Hum, M. (n.d.). PANCASILA DIMATA GENERASI MILINEAL.
- Purwandani, I. (2017). Analisa Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness) Studi Kasus: AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta. 5(2).
- Rizal, M., Syihabuddin, S., & Mad‘ali, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Aplikasi MiSK. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.77
- Sari, K. I. W., Malkan, M., Andani, T. G., & Ngesti, F. (2021). Pengembangan Literasi Digital Guru dan Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMPN 19 Mataram. 2(3).
- Wikaningtyas, R., Niam, B., & Sabara, M. A. (2024). Peningkatan Literasi Digital dalam Penggunaan Google Forms Pada Warga Kelurahan Pasarbatang Brebes. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155–168. https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.1158
References
Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), Article 4.
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nugroho, D. S. S., & Hum, M. (n.d.). PANCASILA DIMATA GENERASI MILINEAL.
Purwandani, I. (2017). Analisa Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness) Studi Kasus: AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta. 5(2).
Rizal, M., Syihabuddin, S., & Mad‘ali, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Aplikasi MiSK. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.77
Sari, K. I. W., Malkan, M., Andani, T. G., & Ngesti, F. (2021). Pengembangan Literasi Digital Guru dan Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMPN 19 Mataram. 2(3).
Wikaningtyas, R., Niam, B., & Sabara, M. A. (2024). Peningkatan Literasi Digital dalam Penggunaan Google Forms Pada Warga Kelurahan Pasarbatang Brebes. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155–168. https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.1158