Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Repurchase Intention Produk Indomie (Studi Pada Konsumen Indomie Berstatus Mahasiswa di Kota Bandung)

Main Article Content

Zahra Nabila Afifah
Aditya Wardhana

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Repurchase Intention produk Indomie di Kota Bandung. Penelitian ini muncul karena dipicu oleh adanya pemberitaan negatif mengenai brand Indomie pada bulan Agustus tahun 2023 silam dan ditemukan beberapa penilaian negatif dari konsumen mengenai kualitas produk Indomie. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji T menunjukkan bahwa Brand Image dan Kualitas Produk secara parsial berpengaruh terhadap Repurchase Intention produk Indomie di Kota Bandung. Sementara itu, hasil uji F menunjukkan Brand Image dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention produk Indomie di Kota Bandung sebesar 71,1% sedangkan sisanya sebesar 28,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afifah, Z. N. ., & Wardhana, A. . (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Repurchase Intention Produk Indomie (Studi Pada Konsumen Indomie Berstatus Mahasiswa di Kota Bandung). Economics and Digital Business Review, 5(2), 365–375. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1188

References

Boyd, H. W. J. (2005). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Brilyana, Y. (2022). Keren! Kota Bandung Jadi Kota Pelajar Terbaik Se-Asia Tenggara. Bandung.go.id.https://www.bandung.go.id/news/read/7339/keren-kota-bandung-jadi-kota-pelajar-terbaik-se-asia-tenggara.

Chrisjunian, C., Gultom, R., & Lubis, T. W. H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Pada Konsumen Maximart Thamrin Plaza Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 33–43. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i1.948

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The Effect of Brand Image and Product Quality on Repurchase Intention With Customer Satisfaction as Intervening Variables in Consumers of Skincare Oriflame Users – A Study on Students of North Sumatera University, Faculty of Economics and Business. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1), 40–57. http://dx.doi.org/10.46827/ejmms.v0i0.726

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management 16th Edition (16th ed.). Global Edition

Manullang, C. (2022). Generasi Z Gemar Budaya Instan. Retrieved from https://www.viva.co.id/vstory/opinivstory/1564633-generasi-z-gemar-budaya-instan.

Mareta, L. P., & Kurniawati, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Shampoo Rejoice. Jurnal Ecogen, 3(3), 400–409. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9916

Maulida, A. (2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 4(4), 151–160.

Murniasih, N. Y., & Telagawathi, N. L. W. S. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Pada Minat Beli Ulang Produk Skincare MS Glow di Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.58952

Nurcahyo, A. (2022). Punya 5 Kampus Terbaik di Indonesia, Kota Bandung Raih Gelar Kota Pelajar Terbaik se-Asia Tenggara. Retrieved from https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-135924908/punya-5-kampusterbaik-di-indonesia-kota-bandung-raih-gelar-kota-pelajar-terbaik-se-asia-tenggara.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Wibowo, K. A., & Prabawani, B. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Jingle Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sari Roti di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 713-725. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29758

Wiwaha, R. P. (2022). Top Rank Merek Mie Pasta Instan Terlaris di Shopee, Tokopedia, dan Blibli Periode 17-31 Maret 2022. https://compas.co.id/article/merek-mie-pasta-instan-terlaris/