Analisis Persepsi Dan Kepuasan Branch Owner Terhadap Kualitas Manajemen Layanan Syariah Pada Al Fikh Orchard Hq Bandar Parklands Selangor, Malaysia

Main Article Content

Hafni Nainggolan
Rahmayati Rahmayati

Abstract

Pada dasarnya bisnis selalu memfokuskan manajemen layanan syariah agar selalu berkualitas agar berlangsungnya suatu kegiatan didalamnya dengan baik. Mengetahui persepsi dan mengukur tingkat kepuasan para branch owner sangatlah perlu sehingga menjadi evaluasi bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitasnya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan kepuasan branch owner terhadap kualitas manajemen layanan syariah. Populasi pada penelitian ini diambil sebanyak 34 branch owner dan sampel diambil melalui sensus dengan menggunakan semua anggota populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif statistik melalui sumber data observasi dan kuisioner. Dari hasil data responden selanjutnya akan diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya variabel persepsi secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap variabel kualitas manajemen ayanan syariah karena nilai T hitung 0,697 dan sig. 0,491 dan pada variabel kepuasan memiliki pengaruh terhadap variabel kualitas manajemen layanan syariah karena nilai T hitung X2 3,284 dengan sig. 0,003. Pada uji F Simultan memperlihatkan nilai sign 0,000 <0,05 dan nilai f hitung > f tabel yakni bernilai 20,830>3,30. Dapat diartikan bahwasanya bahwasanya persepsi dan kepuasan memberi pengaruh sebesar 57,3% terhadap kualitas manajemen layanan syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nainggolan, H. ., & Rahmayati, R. (2024). Analisis Persepsi Dan Kepuasan Branch Owner Terhadap Kualitas Manajemen Layanan Syariah Pada Al Fikh Orchard Hq Bandar Parklands Selangor, Malaysia. Economics and Digital Business Review, 5(2), 297–309. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1165

References

Akbar, Z., & Mulyono, H. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layanan syariah Pelanggan pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, Vol. 2, No.2.

Asrika, W., & Rahmayati. (2022). Factors Affecting The Trust Of Fintech Users In The State Saving Bank Of The Sharia Branch Office Medan. AL – MUHTARIFIN

: Islamic Banking and Islamic, 10-17.

Azzahra, A., & Hayati, I. (2023). IMPLEMENTASI PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA AL FIKH ORCHARD HQ KLANG, SELANGOR

MALAYSIA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 10 No. 1. Budiandru, Karsam, & Zakkiandri. (2023). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Multinasional: Perbandingan Rasio Keuangan dalam Konteks Global. Owner:

Riset & Jurnal Akuntansi, Volume 7 Nomor 4.

Hayati, I. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). Aghniya Jurnal Ekonomi Islam.

Ismail, A., Rahman, N. A., & Khalid, S. M. (2018). Menilai Kualiti Interaksi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kafetaria Kolej Kediaman UKM. Journal of Quality Measurement and Analysis, 67-79.

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019). PENGARUH PERSEPSI OWNER DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL,

DAN MENENGAH DI PAMULANG. Baskara : Journal of Business and Entrepreneurship, Vol. 1, No. 2.

Manurung, M. N., & Silalahi, F. T. (2023). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PANTAI SIREGAR AEK NALAS MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY, MODEL

KANO, DAN ROOT CAUSE ANALYSIS. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 17, No. 2.

Mavianti, JF, N. Z., Harfiani, R., & Chapakiya, A. (2023). Communication Harmonization Strategy between Al-Fikh Orchard Management with Construction Branch in Kuala Lumpur, Malaysia. International Journal of Social Science And Human Research, Volume 06 Issue 10.

Melisa, P., Mandey, S. L., & Jan, A. H. (2020). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, INOVASI PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PERCEIVED VALUE (STUDI KASUS PADA MILENIAL YANG MENGGUNAKAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), Vol. 7 No. 3.

Ningsih, N. W., Suharyono, & Yulianto, E. (2016). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN DAN

LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Pelanggan PT Astra Internasional, Tbk-TSO AUTO 2000 Cabang Denpasar). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 30 No. 1.

Nofrida, E. R., & Najib, K. H. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan syariah Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 472-483.

Nur, S. (2021). Analisis Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil. YUME : Journal of Management, Vol. 4 No. 3.

Omar, N. A., & Rahman, M. S. (2020). Persfektif Pengguna Terhadap Kualiti Perkhidmatan Di Pusat Transformation (UTC) Johor. Jurnal Penyelidikan Sains Sosial (JOSSR), 73-86.

Pramana, R. I., & Sukresna, I. M. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS