Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap minat beli pada produk Erigo di DKI Jakarta. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan bantuan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel dengan kriteria sesuai yang ditentukan peneliti. Teknik metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, tahap analisa dengan menggunakan regresi linier berganda, dan uji hipotesis yaitu uji t (uji parsial), uji F (uji simultan), serta uji koefesiensi determinasi (R2), dengan bantuan aplikasi program IBM SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengguanaan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.

Keywords

metode AIDA, iklan media sosial, minat beli, instagram, erigo

Article Details

How to Cite
Prayoga, R. B. ., Wiryawan, D. ., & Ramelan, M. R. . (2024). Pengaruh Penggunaan Metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Pada Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Erigo Di Dki Jakarta. Economics and Digital Business Review, 5(2), 281–296. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1162

References

  1. Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready- to- drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2),91–104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002
  2. Anwar. (2023). TIMES Indonesia - Clothing Indonesia. Retrieved April 1, 2023, From Https://Timesindonesia.Co.Id/
  3. Apparel. (2023). Erigo Official Store – ERIGO. Retrieved April 1, 2023, FromHttps://Erigostore.Co.Id/
  4. Awaludin, MF, & Sembiring, R. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Online Di Bukalapak Menggunakan Model AIDA. Prosiding biema (Seminar Nasional Manajemen Bisnis, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol.1, hlm. 1211–1225.
  5. Besila, M. I. (2021). Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Minat Beli PenggunaLove Nature Oriflame di Bandar Lampung.
  6. Deru R. Indika, & Cindy Jovita. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai SaranaPromosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan,01(01), 25–32.
  7. Dini Nurhidayanti, A., Tri Hapsari, A., & Umam, K. (2020). Efektivitas Promosi Di Media Sosial Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Di Gallery DEWDEW Collection Berdasarkan Model AIDA. Relasi : Jurnal Ekonomi,16(1), 1–28. Https://Doi.Org/10.31967/Relasi.V16i1.339
  8. Duwi Priyatno. (2010). “5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 19”. Yogyakarta: Andi.
  9. Endang Naryono, SE. , M. (2019). Analisis Aida (Attention, Interest, Desire,Action) Terhadap Efektivitas Iklan Sebagai Dasar Strategi Pemasyaran Online Shop Di Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomedia, Vol. 08(No. 01), 24–34.
  10. Fajriah. (2022). Lima Kota Yang Paling Banyak Belanja Online, Jakarta PosisiBerapa?. Retrieved April 4, 2023, From Https://Lifestyle.Sindonews.Com/Read/694283/166/5-Kota-Yang- Paling- Banyak-Belanja-Online-Jakarta-Posisi-Berapa-1645592567
  11. Ferdinand, Augusty Tae. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. 5th ed. Semarang: UNDIP PRES.
  12. Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  13. Hairunnisa, N., & Hartati, D. (2022). YUME : Journal Of Management Pengaruh Celebrity Endorsment Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. YUME : Journal Of Management, 5(2), 553–561. Https://Doi.Org/10.37531/Yume.Vxix.5674
  14. Hakim, A. R., & Wardhana, A. (2019). Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Minat Beli Produk Indomie Rasa Mie Aceh Dengan Pendekatan Aida (survei Pada Warga Kota Cimahi –Jawa Barat). eProceedings ofManagement, 6(3).
  15. Hananto, B. A. (2019). Penggunaan Model Aida Sebagai Struktur KomunikasiPada Media Sosial Instagram. In Jurnal Nawala Visual (Vol. 1, Issue 2). Online. Https://Jurnal.Std- Bali.Ac.Id/Index.Php/Nawalavisual
  16. Instagram for Business. (2023). Cara Menjual Produk Anda di Instagram.Retrieved May 26, 2023, from https://business.instagram.com/blog/how-to- sell-your-products-on- instagram?locale=id_ID
  17. Johar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap efektifitas iklan online (survei pada pembeli di toko online adorable project). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1).
  18. Kementerian Komunikasi Dan Informatika. (Biro Humas Kominfo, 2023).Retrieved April 5, 2023, From Https://Www.Kominfo.Go.Id/Content/Detail/40471/Siaran-Pers- No78hmkominfo032022-Tentang-Berpotensi-Jadi-Pusat-Ekonomi-Digital- Sekjenkominfo-Dki-Jakarta-Perlu-Transformasi-Inklusif- Memberdayakan- Danberkelanjutan/0/Siaran_Pers
  19. Kemp Simon. Digital (2023) - We Are Social USA. Retrieved April 1, 2023, from https://wearesocial.com/us/blog/2023/01/digital-2023/
  20. Kompas.com. Ikut Lagi New York Fashion Week, Erigo Selektif Pilih Influencer Yang Berangkat. (Riandy & Pangeran, 2023). Retrieved April 1, 2023, From
  21. Https://Www.Kompas.Com/Hype/Read/2022/03/27/142155166/Ikut- Lagi- NewYork-Fashion-Week-Erigo-Selektif-Pilih-Influencer-Yang
  22. Kompas.com. Periklanan: Fungsi Dan Tujuannya. (Putri, 2023). Retrieved May26, 2023, From Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2021/12/15/113000069/Peri klanan-- Fungsi-Dan-Tujuannya
  23. Kompas.com. Sejarah Instagram Dan Cerita Awal Peluncurannya. (Salihah & Hardiyanto, 2023). Retrieved May 26, 2023, From Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2021/10/06/100500365/Sej arah- Instagram-Dan-Cerita-Awal-Peluncurannya
  24. Kompasiana.com. Etika Dan Persoalan Bermedia Sosial Halaman 1. (Team Redaksi, 2021) Retrieved April 6, 2023, From
  25. Https://Www.Kompasiana.Com/Arraiyan20/618077ef010190433950554 2/Et ika-Dan-Persoalan-Bermedia-Sosial
  26. Maccarone, T. J., Bandyopadhyay, R., Kennea, J., Britt, C., Hynes, R., Jonker, P.,... & Lucas, P. (2012). A Swift detection of AX J1754. 2-2754: renewed activity, or evidence of persistent accretion?. The Astronomer's Telegram, 4109, 1.
  27. Maxmanroe. (2019) Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Dan Https://Www.Maxmanroe.Com/Vid/Pemasaran /Pengertian- Strategi- Pemasaran.Html
  28. Moslehpour, M., Dadvari, A., Nugroho, W., & Do, B. R. (2021). The Dynamic Stimulus Of Social Media Marketing On Purchase Intention Of Indonesian Airline Products And Services. Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, 33(2), 561–583. Https://Doi.Org/10.1108/APJML-07-2019-0442
  29. Muhammad Taufik Syastra, & Steffi Adam. (2017). Penggunaan Media Sosial Dengan Pendekatan Model AIDA Bagi Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 114–119
  30. Pashootanizadeh & Khalilian. (2018). In Encouraging Teenagers To Use Public Libraries Application Of The AIDA Model Measuring The Effectiveness Of Television. Https://Doi.Org/10.1108/ILS-04-2018-0028 Pashootanizadeh & Khalilian. (2018). In Encouraging Teenagers To Use Public Libraries Application Of The AIDA Model Measuring The Effectiveness Of Television. Https://Doi.Org/10.1108/ILS-04-2018-0028
  31. Pertiwi, N. W. D. M. Y., & Ariyanto, D. (2017). Penerapan model UTAUT2 untuk menjelaskan minat dan perilaku penggunaan mobile banking di kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(2), 1369-1397.
  32. Poetra, R. R. (2017). Model AIDA : Pola Penggunaan Media Sosial DalamMeningkatkan Kepuasan Penjualan Di Toko Online Goldies Hijab. 1(1), 22–36.
  33. Qurthuby, M. M. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah Cibadak- Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 17. Https://Doi.Org/10.21043/Equilibrium.V7i1.4682
  34. Santi Oktavianti, & Yunita Hasrina. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep Aida Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt.Wings Food Di Kecamatan Alang-Alang Lebar. Jurnal Ilmiah Manajemen, 09.03.2020, 63–80.
  35. Sari. (2023). BPS: Daya Beli Warga Jakarta Naik - Medcom.id. Retrieved April 5,2023, from https://www.medcom.id/nasional/metro/0kp5wg6K-bps- daya- beli-warga-jakarta-naik
  36. Song, H. J., Ruan, W. J., & Jeon, Y. J. J. (2021). An Integrated Approach To The Purchase Decision Making Process Of Food-Delivery Apps: Focusing On The TAM And AIDA Models. International Journal Of Hospitality Management, 95. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijhm.2021.102943
  37. Tristanto, T. A., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Muhaimin, A. (2021). AIDA Model As A Marketing Strategy To Influence Consumer Buying Interest In The Digital Age. 1996, 12575–12586.
  38. Virgioni, D., Manullang, R. R., & Panjaitan, F. (2020). Analisis Pengaruh Konsep Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Periklanan; Studi Kasus Pada Pt. Tommindo Inti Prima Pangkalpinang. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 7(2), 83-92.