Pengaruh Pembelajaran Microteaching Secara Daring Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Main Article Content

Dewi Wahyuni
Nuraisyiah
Sitti Hajerah Hasyim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran microteaching secara daring terhadap kemampuan mengajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Pembelajaran microteaching secara daring (X) dan kemampuan mengajar mahasiswa (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar angkatan 2019 yang berjumlah 69 mahasiswa, sampel yang digunakan teknik sampling jenuh sebanyak 69 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, pembelajaran microteaching secara daring dan kemampuan mengajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar termasuk dalam kategori tinggi, dengan persentase 76,3% untuk variabel (X) dan 76,8% untuk variabel (Y). Dari hasil analisis regresi linear, pembelajaran microteaching secara daring memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan mengajar mahasiswa dengan model persamaan Y’=7,184 + 1,414X. Dari hasil koefisien determinasi () memperoleh hasil 0,842 atau 84,2% yang berarti pengaruh pembelajaran microteaching daring terhadap kemampuan mengajar mahasiswa adalah sebesar 84,2%, sedangkan sisanya 15,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, yang berarti pembelajaran microteaching secara daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengajar, sehingga hipotesis “diterima”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dewi Wahyuni, Nuraisyiah, & Sitti Hajerah Hasyim. (2024). Pengaruh Pembelajaran Microteaching Secara Daring Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Economics and Digital Business Review, 5(2), 269–280. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1155

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dewi, & Ardiansyah. (2022). Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika. Jawa Tengah: Lekeisha.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: CV. ASWAJA PRESSINDO.

Jamaluddin, & Hajar, A. (2022). Keterampilan Mengajar. Jawa Tengah: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Yogyakarta: CV. BUDI UTAMA.

Komalasari, S. D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Mikro (Micro Teaching) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Latifah, N., & dkk. (2021). Micro Teaching. Tangerang: Penerbit Universitas Trilogi.

Najjah, W. I. S. (2014). Pengaruh Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. Skripsi Program Sarjana. Semarang: FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. (Tidak Diterbitkan).

Nurwidodo, & dkk. (2020). Panduan Microteaching. Malang: UMM Press.

Nuswowati, &Aini. (2021). Keterampilan Pembelajaran Offline & Online Dalam Pembelajaran Micro Banyumas: Wawasan Ilmu.

Purwanto, I., & Harjawati, T. Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2014 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sahraini. (2014). Microteaching. Palopo: Ladang Kata.

Sihotang, H., & Simorangkir, S. T. (2020). Buku Pedoman Praktik Microteaching. Jakarta: UKI Press.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar. Interpratama Remaja.

Sudarman, & Ellyawati, N. (2021). Microteaching Dasar Komunikasi & Keterampilan Mengajar. Malang: Wineka Media Anggota IKAPI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Penddidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendiddikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar Di Abad 21. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Tati'ah. (2021). Pengantar Micro Teaching. Makassar: CV. AYRADA MANDIRI.

Tresnasari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Mikro (Micro Teaching) Terhadap Kemampuan MengajarMahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiAngkatan 2015Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Trinova, Z., & Izati, W. (2022). Micro Teaching. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional