Pengaruh Electronic Word-of-Mouth (E-WoM) dan Ulasan Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth dan Ulasan Online terhadap keputusan pembelian online konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang telah melakukan pembelanjaan secara online minimal sebanyak lima kali dalam tiga bulan terakhir. Usia responden dibatasi minimal 17 tahun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober - Desember tahun 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran google form secara online di media sosial WhatsUp. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Ulasan Online secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Waworuntu, A. Y. ., & Hasan, A. . (2024). Pengaruh Electronic Word-of-Mouth (E-WoM) dan Ulasan Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Economics and Digital Business Review, 5(2), 206–213. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1135
References
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Budhi, A., & Witarsana, I. G. A. G. (2022). Pengaruh Tripadvisor Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Booking Decision Tamu Domestik Di Bali. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 6(2), 203–218. https://doi.org/10.34013/jk.v6i2.414
Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer-opinion platforms. Decision Support Systems, 53(1), 218-225.
Dellarocas, C., Zhang, X., & Awad, N. F. (2007). Exploring the value of online product reviews in forecasting sales: The case of motion pictures. Journal of Interactive Marketing, 21(4), 23-45.
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23
Fajri, F. N., & R oktini, D. (2023). Pengaruh Price Discount dan Digital Service terhadap Kepuasan Konsumen Gojek di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i2.8829
Gunawan, H. (2021). Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi dan Privasi Dalam Sosial Media. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v5i1.3456
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38-52.
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Ibarra, L. M. F., Casimiro, J. A. J., Enciso, R. C., & Santos, S. B. (2022). Online Shopping: A Study of the Factors Influencing Consumer’s Buying Behavior in the 4th District of Nueva Ecija. Journal of Technology Innovations and Energy, 1(4), 10–18. https://doi.org/10.56556/jtie.v1i4.363
Kimilawati, A. eka, Triastity, R., & Sumaryanto, S. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Makanan dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Angkringan Disiniaja Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1). https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7584
Lestari, W. (2022). Analisis Perilaku Konsumen di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 2(2), 94–101.
Li, C., & Bernoff, J. (2011). Groundswell: Winning in a world transformed by social technologies. Boston, MA: Harvard Business Press.
Mustafa, M., Nurjaya, M., & Fachmi, M. (2022). Causality of Credit Distribution in Indonesian Banking. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi. https://doi.org/10.57178/atestasi.v5i1.192
Park, D. H., Lee, J., & Han, I. (2007). The effect of on-line consumer reviews on consumer purchasing intention: The moderating role of involvement. International Journal of Electronic Commerce, 11(4), 125-148.
Pesa Nugraha, P. (2023). Keunikan Model Marketing Dari Mulut Ke Mulut Dalam Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160–3169. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i10.589
Santosa, A. T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, store atmosphere, dan e-wom terhadap proses keputusan pembelian (survei terhadap konsumen zenbu-house of mozaru paris van java, bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613
Smith, R. E., & Wheeler, J. R. (2002). Managing the customer experience: Turning customers into advocates. London, UK: Prentice Hall.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Utami, H. N., & Nugraha, A. (2022). Memahami Pelibatan Pelanggan di Dalam Proses Bisnis dan Pemasaran Produk Segar Pada Ritel Online. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 7(1). https://doi.org/10.24198/agricore.v7i1.40420
Utami, R., & Fauzi, A. (2023). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 90–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663
Vermeulen, I. E., & Seegers, D. (2009). Tried and tested: The impact of online hotel reviews on consumer consideration. Tourism Management, 30(1), 123-127.
Waworuntu, A. Y., & Hajar, H. (2023). Brand, Promotion and Innovation: Their Impact on Motorcycle Purchasing Decisions. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(3). https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i3.105
Yin, D., Bond, S. D., & Zhang, H. (2014). Exploring the impact of online product reviews in electronic commerce. Decision Support Systems, 57, 42-50.
Zhang, X., Zhao, S. J., & Cheung, C. M. K. (2014). Measuring review helpfulness: A meta-analysis. Journal of the Association for Information Science and Technology, 65(4), 765-777.
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth dan Ulasan Online terhadap keputusan pembelian online konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang telah melakukan pembelanjaan secara online minimal sebanyak lima kali dalam tiga bulan terakhir. Usia responden dibatasi minimal 17 tahun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober - Desember tahun 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran google form secara online di media sosial WhatsUp. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Ulasan Online secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
Article Details
References
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Budhi, A., & Witarsana, I. G. A. G. (2022). Pengaruh Tripadvisor Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Booking Decision Tamu Domestik Di Bali. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 6(2), 203–218. https://doi.org/10.34013/jk.v6i2.414
Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer-opinion platforms. Decision Support Systems, 53(1), 218-225.
Dellarocas, C., Zhang, X., & Awad, N. F. (2007). Exploring the value of online product reviews in forecasting sales: The case of motion pictures. Journal of Interactive Marketing, 21(4), 23-45.
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23
Fajri, F. N., & R oktini, D. (2023). Pengaruh Price Discount dan Digital Service terhadap Kepuasan Konsumen Gojek di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i2.8829
Gunawan, H. (2021). Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi dan Privasi Dalam Sosial Media. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v5i1.3456
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38-52.
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Ibarra, L. M. F., Casimiro, J. A. J., Enciso, R. C., & Santos, S. B. (2022). Online Shopping: A Study of the Factors Influencing Consumer’s Buying Behavior in the 4th District of Nueva Ecija. Journal of Technology Innovations and Energy, 1(4), 10–18. https://doi.org/10.56556/jtie.v1i4.363
Kimilawati, A. eka, Triastity, R., & Sumaryanto, S. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Makanan dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Angkringan Disiniaja Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1). https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7584
Lestari, W. (2022). Analisis Perilaku Konsumen di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 2(2), 94–101.
Li, C., & Bernoff, J. (2011). Groundswell: Winning in a world transformed by social technologies. Boston, MA: Harvard Business Press.
Mustafa, M., Nurjaya, M., & Fachmi, M. (2022). Causality of Credit Distribution in Indonesian Banking. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi. https://doi.org/10.57178/atestasi.v5i1.192
Park, D. H., Lee, J., & Han, I. (2007). The effect of on-line consumer reviews on consumer purchasing intention: The moderating role of involvement. International Journal of Electronic Commerce, 11(4), 125-148.
Pesa Nugraha, P. (2023). Keunikan Model Marketing Dari Mulut Ke Mulut Dalam Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160–3169. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i10.589
Santosa, A. T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, store atmosphere, dan e-wom terhadap proses keputusan pembelian (survei terhadap konsumen zenbu-house of mozaru paris van java, bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613
Smith, R. E., & Wheeler, J. R. (2002). Managing the customer experience: Turning customers into advocates. London, UK: Prentice Hall.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Utami, H. N., & Nugraha, A. (2022). Memahami Pelibatan Pelanggan di Dalam Proses Bisnis dan Pemasaran Produk Segar Pada Ritel Online. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 7(1). https://doi.org/10.24198/agricore.v7i1.40420
Utami, R., & Fauzi, A. (2023). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 90–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663
Vermeulen, I. E., & Seegers, D. (2009). Tried and tested: The impact of online hotel reviews on consumer consideration. Tourism Management, 30(1), 123-127.
Waworuntu, A. Y., & Hajar, H. (2023). Brand, Promotion and Innovation: Their Impact on Motorcycle Purchasing Decisions. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(3). https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i3.105
Yin, D., Bond, S. D., & Zhang, H. (2014). Exploring the impact of online product reviews in electronic commerce. Decision Support Systems, 57, 42-50.
Zhang, X., Zhao, S. J., & Cheung, C. M. K. (2014). Measuring review helpfulness: A meta-analysis. Journal of the Association for Information Science and Technology, 65(4), 765-777.