Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Batam Selatan.

Main Article Content

Elisabet Yunita Br Saragih
Vargo Christian L. Tobing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan  perpajakan, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib  pajak di KPP Pratama Batam Selatan. Metodologi yang  diguanakan dalam penelitian digunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunan metode analisis  linier berganda. Menggunakan data primer berupa kuesioner yang dikumpulkan dari WPOP di KPP Pratama Batam Selatan dan data sekunder berupa jumlah WPOP  terdaftar di KPP Pratama Batam Selatan yang dikumpulkan dari kantor pajak.  Metode pemilihan sampel menggunakan Random sampling, bersama dengan 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 25 dan semua instrumen harus melewati beberapa pengujian sebelum dianggap valid dan reliabel dan harus lolos uji asumsi klasik, seperti uji normalitas,  multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Analisis linier berganda digunakan untuk  menentukan hubungan variabel x dan y, setelah itu dilakukan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F), uji  determinasi untuk menguji hipotesis. Menurut temuan penelitian ini, kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Batam Selatan, sedangkan pengetahuan pajak dan sanksi perpajakan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Batam Selatan. Serta secara simultan pengetahuan pajak, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap WPOP di KPP Pratama Batam Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saragih, E. Y. B. ., & Tobing, V. C. L. (2024). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Batam Selatan. Economics and Digital Business Review, 5(2), 188–196. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1133

References

Atarwaman, R. J. D. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 51. file:///C:/Users/dell/Pictures/2710-Article Text-13117-1-10-20201028.pdf

Basuki, A., & Jaeni. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Dan Penerapan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(2), 428–446. http://journal.stekom.ac.id/index.php/kompak/article/view/820/608

Grahita, C. (2018). Metode Riset Akuntansi: Pendekatan Kuantitatif (2nd ed.). Salemba Empat.

Pratiwi, F. E., & Utami, C. K. (2023). Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Penerapan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Cicadas Bandung. 1(1), 346–352. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/semanis/article/view/1795/1270

Ramadhan, S., Arifin, M. A., & Aulina, N. U. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) di KPP Pratama Palembang Seberang Ulu. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(4), 551. https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i4.7448

Silalahi, & Asalam. (2022). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 494–512. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2353

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). ALFABETA.

Takismen, Larasati, S., Rahayu, S., & Fikri, R. H. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 1(2), 80–88. https://doi.org/10.33050/jmari.v1i2.1126

Wahyuni, A. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Sidoarjo Utara. Jurnal Ekonomi Dan BIsnis, 2(March), 1–19. https://doi.org/10.46821/ekobis.v2i2.243