Perspektif Persaingan Strategis: Pendekatan Lima Kekuatan Porter pada Industri Bahan Bakar Shell

Main Article Content

Antonius Felix
Cerlysia Cerlysia
Liu De Sheng Hermanto
Martin Hendra
Ricky Tjalani
Vincent Colin

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis lingkungan persaingan yang dihadapi oleh SPBU Shell dengan menggunakan kerangka Five Porter's Forces. Penelitian ini menitikberatkan pada aspek-aspek yang mempengaruhi dinamika persaingan dalam industri Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Dengan pendekatan kualitatif dan observasi, tujuan penelitian adalah memahami faktor-faktor yang terlibat dalam persaingan di SPBU Shell. Tinjauan literatur mencakup literatur ilmiah dan teknis yang berkaitan dengan lingkungan persaingan di SPBU Shell. Data yang digunakan berasal dari dokumen internal Shell, kebijakan perusahaan, dan informasi resmi dari Shell. Dengan menerapkan analisis tematik dan sintesis informasi, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang lingkungan persaingan di SPBU Shell, dengan fokus pada Five Porter's Forces. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga untuk memperkuat posisi Shell di pasar yang kompetitif dengan menyoroti faktor-faktor unik yang mempengaruhi persaingan. Kesuksesan Shell dalam merespons lingkungan persaingan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya melalui strategi-strategi yang efektif dan adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Felix, A. ., Cerlysia, C., Hermanto, L. D. S. ., Hendra, M. ., Tjalani, R. ., & Colin, V. . (2024). Perspektif Persaingan Strategis: Pendekatan Lima Kekuatan Porter pada Industri Bahan Bakar Shell. Economics and Digital Business Review, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1113

References

Aulia, N., Amirotul, M.H.M., dan Legowo, S.J. Model Matematis Pengunjung Stasiun Pengisian Bahan Bakar (Studi Kasus di Kota Surakarta). e-Jurnal Matriks Teknik Sipil. 2013; 1 (4): 549-556.

Certo, S.C., & Peter, J. (1991). Strategy Management Concept and Applications, 2nd edition. New York: McGraw Hill.

Felix, A., De Sheng, L., Hendra, M., Tjalani, R., & Colin, V. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL: MENGOPTIMALKAN UNIQUENESS UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Common |, 7. https://doi.org/10.344010/common

Felix, A., Jonathan Salim, S., Matthew Karsten, J., Handoko, Anlovsky, & Daniel. (2024). Pemanfaatan Teknologi Layanan Fine Dining untuk Meningkatkan Customer Experience dan Influence Satisfaction. Technomedia Journal (TMJ), 8(3), 2528–6544. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2170

Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023). Analysis of Key Factors for Improved Customer Experience, Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(2sp), 196–208. https://doi.org/10.34306/att.v5i2sp.350

Felix, A., Okta Briyanti, D., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). STRATEGI IDENTITAS DIGITAL: ANALISIS PERSONAL BRANDING DI PLATFORM TIKTOK. JDMR Jurnal Digital Media & Relationship, 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.51977/jdigital.v5i2.1405

Glueck, William F, dan Lawrence R, Jauch. 2003. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Jauch Lawrence R., Glueck, William F. (1998). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. 3rd Edition. Jakarta : Erlangga.

Jauch Lawrence R., Glueck, William F. (2012). Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Mahardhika, A. (2018). Minyak dan Gas Bumi: Potensi, Pengelolaan, dan Pengembangannya di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mudrajad, Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta

Prahalad, C. K., & Hamel, G. (2010). The co-creation of value: Why today's customers are key to creating tomorrow's profits. Harvard Business Review Press.

Porter, Michael. (1994). “Keunggulan Bersaing”. Jakarta: Binarupa Aksara.

Susanty, M., & Wijanarko, R. (2019). RANCANG PURWARUPA SMART DIGITAL-WALLET BERBASIS PURWARUPA MOBILE UNTUK SPBU MANDIRI. JURNAL TEKNOLOGIA, 1(2).