Main Article Content

Abstract

Sebagaimana diketahui, perilaku konsumen mengalami perubahan seiring waktu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi di era digital. Berbekal internet, Anda bisa mengembangkan bisnis dan menjangkau konsumen lebih luas. Jika dulu selebaran atau brosur digunakan untuk mempromosikan bisnis, maka kini kita hanya perlu membuat company profile perusahaan.  Company profile memudahkan audiens menemukan bisnis kita. Dengan informasi yang lengkap dan tampilan menarik, company profile efektif meningkatkan kesadaran merek konsumen dan menjangkau klien potensial. Tanpa company profile, audiens tidak akan mendapatkan informasi detail terkait perusahaan, seperti nama jelas, lokasi, produk yang ditawarkan, sejarah perusahaan, prestasi, dan lainnya. Bumdes merupakan wadah yang menghimpun potensi desa menuju kemandirian dan kesejahteraan warga desa. Selama ini Bumdes Harapan Jaya sebagai mitra kami, dalam menjalankan bisnis layanan jasa belum menggunakan  company profile sebagai alat promosi yang efektif. Hal ini disebabkan oleh belum difahaminya cara menyusun dan membuat serta apa manfaaatnya bagi pengembangan bisnis mereka. Disamping itu  kendala pengelolaan  manajemen usaha dan sistem akuntansi belum dilaksanakan dengan baik karena sumberdaya yang ada belum memiliki pengetahuan yang memadai.


PKM yang kami lakukan berupaya untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang company profile  sebagai penguatan bisnis  Bumdes ditambah dengan pengetahuan mengenai manajemen usaha dan sistem akuntansi sederhana untuk Bumdes . diharapkan PKM ini memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang company profile, menajemen usaha dan sistem akuntansi sehingga usaha Bumdes makin berkembang.

Keywords

Company Profile Manajemen Usaha Bumdes

Article Details

How to Cite
Tenriwaru, T., Kalsum, U. ., & Agus, A. A. . (2022). IBM Penyusunan Company Profile Untuk Penguatan Bisnis Badan Usaha Milik Desa Harapan Jaya Desa Padanglampe Kab. Pangkep. Celebes Journal of Community Services, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.37531/celeb.v1i2.291

References

  1. PKDSP (Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan). (2007). Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya
  2. Ramadana, C.B., Ribawanto, H., & Suwondo. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi Di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1068-1076
  3. Redana, I. K. D. dan D. N. (2018) ‘Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan Penanggulangan Pengangguran Di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng’, Locus Majalah Ilmiah FIS
  4. Ridlwan, Z. (2015) ‘Payung Hukum Pembentukan BUMDes’, FIAT JUSTISIA. doi: 10.25041/fiatjustisia.v7no3.396.