Main Article Content

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama di sektor kuliner yang terus berkembang. Namun, persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk berinovasi, baik dalam hal produk maupun strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak inovasi kemasan serta pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan daya saing produk Bakso Ikan Ibu Asni. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur. Penelitian menunjukkan hasil bahwa inovasi kemasan dari plastik ke paper bowl memberikan nilai tambah bagi produk, baik dari segi estetika maupun fungsionalitas. Kemasan baru lebih praktis, higienis, dan ramah lingkungan yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap minat beli konsumen. Selain itu, strategi pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok menjadi solusi efektif dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, implementasi pemasaran digital masih menghadapi kendala, terutama karena mayoritas karyawan berusia lanjut dan kurang familiar dengan teknologi digital. Oleh karena itu, pelatihan dasar serta kolaborasi dengan generasi muda menjadi langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dalam promosi produk

Keywords

Strategi Pemasaran Inovasi Kemasan Media Digital UMKM

Article Details

How to Cite
Saodin, S., Yanti, M. ., Rizki, M. M. ., & Esterina Esterina, H. H. H. P. R. R. . (2025). Strategi Pemasaran Bakso Ikan Ibu Asni: Inovasi Kemasan Dan Pemanfaatan Media Digital. Celebes Journal of Community Services, 4(1), 197–203. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/celeb/article/view/2776

References

  1. Antari, N. N. W., & Wulandari, R. (2019). Penguatan Identitas Melalui Branding Kemasan dan Diversifikasi Produk Usaha Comel. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 3(01), 5-12.Chandra,H.R.D.,
  2. Badri, R. E., Pratisti, C., dan Putri, A. S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347-353.
  3. Diana, D. L. F., Listyorini, T., Cahyo Wibowo, B., Setiawan, R., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2023). Peningkatan Visualisasi Produk dengan Pendampingan Mitra UMKM Kopi Tjolo Menggunakan Software Mobile Photo Editor. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239–248. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.672.
  4. Fahira,D.N.,Agustina,E.,Qurtuby,M.(2021).Digital Marketing Implementation:Implementasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 63-68.
  5. Ginting, R., Sulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insania.
  6. Intan, R., Ferdiana, L. R., dan Wahyudin, D. D. (2024). Peningkatan Daya Saing melalui Inovasi Kemasan Olahan Singkong. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(05), 1322-1329.
  7. Ningrum,M.P.W.,Susanti,B.D.A.,Nugroho,R.H.,& Ika Ningtyas,M.(2024).Strategi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Kuliner di Indonesia. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3).
  8. Pasaribu, M. K., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57-67.
  9. Rofiq, A., Suryadi, N., Anggraeni, R., Makhmut, K. D. I., dan Aryati, A. S. (2023). Meningkatkan daya saing UKM: Perspektif strategis. Universitas Brawijaya Press.
  10. Sifwah,M.A., Nikhal, Z.Z., Dewi,A.P., Nurcahyani,N., & Latifah, R.N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109-118.
  11. Soraya, N. C. T., & Marlena, N. (2020). Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 5(3), 229-245.
  12. Suseno, D. (2019). Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Kandungan Boraks Pada Bakso Menggunakan Kertas Tumerik, FT–IR Spektrometer dan Spektrofotometer Uv-Vis. Indonesia Journal of Halal, 2(1), 1-9.
  13. Widiastuti, I., & Mulyono, S. (2024). Optimalisasi Pemberdayaan Pelaku UMKM Desa Margaluyu Melalui Edukasi Marketing Digital. Perkumpulan Dosen Program Hibah Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.59971/jpkm.v1i1.52.
  14. Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 170-186.