Main Article Content
Abstract
Program keterlibatan masyarakat ini dirancang untuk memperkuat tata kelola institusi pesantren melalui perencanaan sumber daya manusia (SDM) yang strategis. Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Islam Al-Ilham, yang berlokasi di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Indonesia. Program ini merespons permasalahan umum yang dihadapi banyak lembaga pendidikan Islam, yaitu belum adanya sistem manajemen SDM yang terstruktur dan berbasis kompetensi. Dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif, program ini melibatkan pimpinan dan staf pesantren dalam serangkaian kegiatan, seperti identifikasi masalah, pelatihan, penyusunan dokumen secara bersama, serta evaluasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode campuran, yakni wawancara, kuesioner, dan observasi langsung. Hasil asesmen awal menunjukkan bahwa pengelolaan SDM masih bersifat informal, tidak terdokumentasi, dan belum dilengkapi dengan mekanisme evaluasi yang sistematis. Setelah pelaksanaan program mentoring selama tiga bulan, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun rencana kebutuhan SDM. Hal ini tercermin dari peningkatan skor tes pasca-pelatihan serta diadopsinya dokumen rencana kebutuhan tenaga kerja secara formal. Keterlibatan aktif seluruh peserta dalam merancang dan menerapkan strategi penempatan kerja turut mendorong lahirnya rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama. Program ini tidak hanya meningkatkan kapasitas individu, tetapi juga memicu perubahan budaya organisasi menuju pengelolaan yang lebih profesional dan sistematis. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa model pendampingan berbasis kebutuhan dapat direplikasi secara efektif di pesantren lain yang menghadapi tantangan tata kelola serupa, khususnya di wilayah semi-perkotaan yang mengalami pertumbuhan kelembagaan yang pesat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Armstrong, M., & Taylor, S. (2020). Armstrong's handbook of human resource management practice (15th ed.). Kogan Page.
- Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Logos Wacana Ilmu.
- Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). SAGE Publications.
- Fahmi, R., Kurniawan, A., & Wahyuni, S. (2022). Strengthening Islamic education governance through human resource development. Journal of Islamic Education Studies, 10(1), 12–23.
- Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia (Revisi). Bumi Aksara.
- Ife, J., & Tesoriero, F. (2006). Community development: Community-based alternatives in an age of globalisation. Pearson Education.
- Lai, D., Sriram, R., & Tan, M. (2020). Community engagement in educational reform: A framework for participatory school improvement. Journal of Educational Change, 21(3), 389–406. https://doi.org/10.1007/s10833-020-09377-5
- Mamur, N., Dogan, A., & Karatas, H. (2014). The importance of descriptive statistics in educational research. Journal of Educational and Instructional Studies, 4(2), 91–96.
- Misbah, M., Suyadi, & Rohman, F. (2021). Pelatihan manajemen pendidikan untuk peningkatan mutu pesantren. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 44–52.
- Nawawi, H., & Hadari, N. (2018). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif. Gadjah Mada University Press.
- Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric theory (3rd ed.). McGraw-Hill.
- Paroli, H., & SE, M. (2024). Perencanaan Sumber Daya Manusia Paroli. Takaza Innovatix Labs.
- Paroli, P. (2025). Exploring the Role of Psychology in Strategic Human Resource Management: A Qualitative Perspective with Literature Review. Golden Ratio of Human Resource Management, 5(1), 71-82. https://doi.org/10.52970/grhrm.v5i1.424
- Paroli, P., & Rusdian, S. (2023). Edukasi Perkembangan Financial Technology Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pinjaman Online. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-5. DOI: 10.55824/jpm.v3i1.373
- Rahman, A., & Sulaiman, M. (2020). Penguatan kapasitas kepemimpinan pesantren melalui pelatihan intensif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam, 3(1), 115–122.
- Sedarmayanti. (2018). Manajemen sumber daya manusia: Reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Refika Aditama.
- Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Suharto, E. (2009). Pembangunan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Refika Aditama.
- Wright, P. M., & McMahan, G. C. (2011). Exploring human capital: Putting 'human' back into strategic human resource management. Human Resource Management Journal, 21(2), 93–104. https://doi.org/10.1111/j.1748-8583.2010.00165.x
- Zuhdi, M. (2015). Pendidikan pesantren di era globalisasi. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 123–137.
References
Armstrong, M., & Taylor, S. (2020). Armstrong's handbook of human resource management practice (15th ed.). Kogan Page.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Logos Wacana Ilmu.
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). SAGE Publications.
Fahmi, R., Kurniawan, A., & Wahyuni, S. (2022). Strengthening Islamic education governance through human resource development. Journal of Islamic Education Studies, 10(1), 12–23.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia (Revisi). Bumi Aksara.
Ife, J., & Tesoriero, F. (2006). Community development: Community-based alternatives in an age of globalisation. Pearson Education.
Lai, D., Sriram, R., & Tan, M. (2020). Community engagement in educational reform: A framework for participatory school improvement. Journal of Educational Change, 21(3), 389–406. https://doi.org/10.1007/s10833-020-09377-5
Mamur, N., Dogan, A., & Karatas, H. (2014). The importance of descriptive statistics in educational research. Journal of Educational and Instructional Studies, 4(2), 91–96.
Misbah, M., Suyadi, & Rohman, F. (2021). Pelatihan manajemen pendidikan untuk peningkatan mutu pesantren. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 44–52.
Nawawi, H., & Hadari, N. (2018). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif. Gadjah Mada University Press.
Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric theory (3rd ed.). McGraw-Hill.
Paroli, H., & SE, M. (2024). Perencanaan Sumber Daya Manusia Paroli. Takaza Innovatix Labs.
Paroli, P. (2025). Exploring the Role of Psychology in Strategic Human Resource Management: A Qualitative Perspective with Literature Review. Golden Ratio of Human Resource Management, 5(1), 71-82. https://doi.org/10.52970/grhrm.v5i1.424
Paroli, P., & Rusdian, S. (2023). Edukasi Perkembangan Financial Technology Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pinjaman Online. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-5. DOI: 10.55824/jpm.v3i1.373
Rahman, A., & Sulaiman, M. (2020). Penguatan kapasitas kepemimpinan pesantren melalui pelatihan intensif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam, 3(1), 115–122.
Sedarmayanti. (2018). Manajemen sumber daya manusia: Reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Refika Aditama.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharto, E. (2009). Pembangunan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Refika Aditama.
Wright, P. M., & McMahan, G. C. (2011). Exploring human capital: Putting 'human' back into strategic human resource management. Human Resource Management Journal, 21(2), 93–104. https://doi.org/10.1111/j.1748-8583.2010.00165.x
Zuhdi, M. (2015). Pendidikan pesantren di era globalisasi. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 123–137.