Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran UMKM di era digitalisasi, dengan fokus pada penggunaan WhatsApp Business dan penggunaan bahasa etnolinguistik. Melalui studi kasus pada UMKM Wilayah Kampus ULM di Banjarmasin, penelitian ini mengidentifikasi bahwa penggunaan bahasa yang fleksibel, yaitu bahasa Banjar untuk pelanggan lokal dan bahasa Indonesia untuk pelanggan dari luar daerah, sangat efektif dalam membangun kedekatan dan kepercayaan pelanggan. Meskipun memahami potensi pemasaran digital, pemilik UMKM masih mengutamakan strategi pemasaran offline. Penelitian ini juga menemukan bahwa pemahaman teknologi, terutama terkait fitur WhatsApp Business, masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan optimalisasi strategi bahasa, peningkatan keterampilan digital, diversifikasi media promosi, adaptasi terhadap tren pasar, dan pendampingan berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran UMKM.

Keywords

Komunikasi Pemasaran UMKM WhatsApp Business Etnolinguistik Digitalisasi Strategi pemasaran

Article Details

How to Cite
Amima, S. P. ., Rahmatullah, M. ., & , Rizal Iskandar, Syaripudin Bahar, Rika Alma Tertiana, N. S. A. A. F. H. H. (2025). Pendampingan Komunikasi Pemasaran Berbasis Etnolinguistik: Peningkatan Efektivitas Iklan dan Promosi UMKM melalui WhatsApp Business. Celebes Journal of Community Services, 4(1), 122–142. https://doi.org/10.37531/celeb.v4i1.2246

References

  1. Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.
  2. Milawati, dkk. (2023). Akad Jual Beli dalam Kebiasaan Masyarakat Banjar. Jurnal Islamic Education. hal 698-705.
  3. Mufidah, N. (2014). Etnolinguistik Sebuah Kajian Antropologi Masyarakat Banjar di Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol 4 No 1. Hal 303-316.
  4. Sugianto, A. (2017). Etnolinguistik Teori dan Praktik. Ponorogo: CV Nata Karya.
  5. Administrator. (2024, 1 Februari). Simak 7 Manfaat WhatsApp Business untuk UMKM. Diakses dari https://ivosights.com.id
  6. Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status WhatsApp sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi. Jurnal Lugas, 5(1), 66-72.
  7. Brisling, Richard. 1990. Translation, Application and Research. New York : Oxpord University Press
  8. Cite turn0search4 Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69-74. cite turn0search14
  9. Dan. (2024, 24 November). Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital. Diakses dari https://deb.sv.ugm.ac.id/
  10. Duranti, Alessandro. 1997. Linguistic Anthropology. New York: Cambridge. University Press.
  11. Hamzah. (2024). LEKSIKON BAHASA REMAJA MILENIAL PADA PENGGUNA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)
  12. Martha, J. A., Wati, A. P., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan WhatsApp Business pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137-148. citeturn0search6
  13. Nurul Amira Salsabilla. (2022). Pengaruh Social Media Marketing WhatsApp Business terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus UMKM Iyad Boutique di Tasikmalaya). Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia. cite turn0search2
  14. Hartono dan Yudianto (2024) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP BUSINESS SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA MAMA NAURA SHOP DESA TELUK MESJID KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
  15. Saputra, D. (2016). Pendekatan Etnolinguistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9). cite turn0search17
  16. Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan WhatsApp Business pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137-148. cite turn0search6
  17. Maria (2024). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang Vera Maria Benefits: Journal of Economics and Tourism Vol. 1, No. 1, Mei, 2024, hlm. 1-15
  18. Herry Widagdo, Charisma Ayu P, Raisa Pratiwi (2017). HARGA DAN KUALITAS PRODUK BERPENGARUH TERHADAP MINAT BELI KERUPUK KEMPLANG USAHA KECIL MENENGAH PALEMBANG. JEMASI Vol.13 No.2, Jul-Des 2017, hal. 171-181
  19. Yulia, L., & Setianingsih, W. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian pada UMKM Produksi Mebel di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya). Jurnal Maneksi, 9(1), 346-354. cite turn0searc