Main Article Content

Abstract

Bisnis kue basah selama ini sangat menjanjikan bagi yang menggelutinya, pasalnya kue jenis ini merupakan camilan yang enak dan mengenyangkan. Selain dua faktor tadi, kue basah juga memiliki banyak peminat dari segala macam usia dan berbagai macam kalangan. Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang cantik dan menarik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis dengan memberikan kemasan dan label yang menarik juga sehingga produk yang mitra miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Dengan usaha kue basah (sosis solo, risoles, pastel, lemper, dan martabak mini) Home Industri di RT 01 RW 014 Kelurahan langgini Bangkinang yang sudah memiliki pelanggan tetap maka akan menambah pemasarannya dengan membuat kemasan dan label yang menarik untuk mencari pasar dan bahkan agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha kue basah ini. Permasalahan yang dihadapi adalah (1) belum maksimalnya manajemen wirausaha yang dilakukan (2) belum diberikan kemasan yang baik pada produk kue basah yang dipasarkan dan (3) belum diberikan labelling untuk mengenalkan produknya. Tahapan pelaksanaan pengabdian yang akan dilakukan adalah: membantu dalam hal kemasan dengan memberikan bantuan berupa alat untuk merekatkan kemasan yang siap dipasarkan agar terlihat rapi, membantu membuatkan label yang menarik pada kemasan dengan mengganti label yang lama; membantu melakukan promosi dengan memasang banner kecil di depan rumah mitra.

Keywords

manajemen; usaha; kue basah

Article Details

How to Cite
Hendrayani, H. (2025). Manajemen Usaha dan Pembuatan Kemasan Serta labeling Home Industri Kue Basah di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Celebes Journal of Community Services, 4(1), 98–105. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/celeb/article/view/2179

References

  1. Agustina, W. (2009). Desain Kemasan dan Label Produk Makanan. Kumpulan Modul Pelatihan. UPT B2PTTG-LIPI Subang.
  2. Ahmad Jumarding, S. E., Manne, H. A. A., & Abdul Karim, S. E. (2021). Desa wisata menunjang transformasi ekonomi nasional di kabupaten Enrekang. Nas Media Pustaka.
  3. Ahmad, A. R. (2016). MENCIPTAKAN DESA MANDIRI KESEHATAN DI DESA SALUKANAN KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Balireso: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1).
  4. Ahmad, A. R. (2023). Inventarisir Sumber Daya Alam Desa Sanrobone Kabupaten Takalar Sulsel Dalam Produksi Herbal Immune Booster. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 21-27.
  5. Ahmad, A. R., Handayani, S., & Handayani, V. (2024). PIGMEN WARNA ALAMI PEMANFAATAN DALAM BIDANG FARMASI. Nas Media Pustaka.
  6. Ahmad, A. R., Murfat, Z., & Handayani, V. (2024). Manisan MKS “Pendekatan Produksi dan Manajerial”. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 188-194.
  7. Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 2(2).
  8. Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 13(1), 8-16.
  9. Indrawati, F., Setiawan, L., & Karim, A. (2024). ANALISIS KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA ANGGOTA MELALUI MOTIVASI KERJA PADA KANTOR DITLANTAS POLDA SULAWESI BARAT. Indonesian Journal of Business and Management, 7(1), 27-34.
  10. Karim, A. (2024). Pendidikan & Pendapatan Menurunkan Kemiskinan Rumah Tangga. Nas Media Pustaka.
  11. Karim, A. (2025). TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI ERA SOCEITY 5.0. Nas Media Pustaka.
  12. Karim, A., Desi, N., Azis, M., & Daga, R. (2022). Kemandirian BUMDes Upaya Meningkatkan Pades di Desa Pallatikang Kabupaten Jeneponto. Celebes Journal of Community Services, 1(1), 1-13.
  13. Karim, A., Faisal, F., Jumarpati, J., Lahabu, I., Alkadry, I., Paningaran, I., ... & Hidayat, Y. (2024). Debat Pilkada 2024 Antar Siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Luwu Timur. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 149-160.
  14. Karim, A., Ruslan, M., Chahyono, C., Yunus, M. K., & Ahmad, A. (2024). Fintech P2P Lending in Increasing People's Purchasing Power in South Sulawesi Province. Journal The Winners, 25(2).
  15. Maddatuang, B., Sabara, Z., Wekke, I. S., & Karim, A. (2020). Langkah Mewujudkan Insan Cita Pandangan Lintas Disiplin.
  16. Mane, A. A., Syarifuddin, S., Loli, H., Menne, F., Pannyiwi, R., Hasan, S., ... & Karim, A. (2022). Peran UMKM dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Desa Kaloling. YUME: Journal of Management, 5(3), 341-346.
  17. Pakabu, P., Remmang, H., & Karim, A. (2024). Analisis Rasio Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Perintis Cabang Tamalanrea Makassar. Journal of Economy Business Development, 2(3), 332-336.
  18. Rahayu, A. S., Mane, A., & Karim, A. (2024). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Keberlanjutan UMKM Kecamatan Balusu. Journal of Economy Business Development, 2(3), 271-276.
  19. Sani, A., Ahmad, A., Herison, R., Mane, A., Syamsuddin, I., & Karim, A. (2022). Wisata Desa Sapana dalam Peningkatan Ekonomi di Desa Bonto Salama Kabupaten Sinjai. Celebes Journal of Community Services, 1(1), 14-21.
  20. Saudah, S., Ambawani, S., Putranti, B. E., & Nurnawati, E. K. (2023). PENDAMPINGANMENGENAL BAHASA SIMBOL/LOGOPADA KEMASAN PLASTIK MENUJU HIDUP SEHAT BAGI WARGADUSUN KALIJERUK II, WIDODOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 4(4), 175-183.
  21. Sengaji, Z., & Wailmi, K. (2022). Tingkat Pendidikan Dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Usaha Kecil Mikro Di Masa Covid-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 852-865.
  22. Sigalingging, C., Sigalingging, R., & Khairani, S. (2024). Penerapan Teknologi Pengemasan Mengunakan Mesin Vacum Sealer Dan Countinuous Band Sealer Pada Produk UMKM Ladang Bambu. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 1071-1076.
  23. Tingginehe, R. M., Pt, S., & MSi, T. P. S. S. (2022). Modul 1 Dasar-dasar Teknologi Pangan. CV. AZKA PUSTAKA.