Main Article Content

Abstract

Minuman kekinian tidak hanya sekadar tren, tetapi juga memiliki potensi besar untuk menjadi sektor yang dapat menggerakkan ekonomi lokal jika dikembangkan dengan pendekatan yang tepat. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Julukanaya, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa  melalui kegiatan pelatihan pembuatan minuman kekinian. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat berwirausaha melalui pemberdayaan dan pelatihan guna meningkatkan ketrampilan masyarakat desa dalam menghasilkan produk-produk olahan kekinian. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat Desa Julukanaya, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa. Metode yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, seminar, dan pelatihan kewirausahaan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan keterampilan baru bagi masyarakat desa, khususnya generasi muda dan ibu rumah tangga, dalam mengembangkan usaha minuman kekinian. Meskipun ada beberapa tantangan, seperti keterbatasan modal dan persaingan di pasar, potensi usaha minuman kekinian di desa tetap menjanjikan, terutama jika dilihat dari segi kreativitas produk dan pemanfaatan bahan lokal. Dengan pelatihan yang lebih berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak, usaha minuman kekinian di Desa Julukanaya berpotensi untuk berkembang menjadi salah satu sektor yang menggerakkan perekonomian lokal.


 

Keywords

minuman kekinian; kewirausahaan; pelatihan

Article Details

How to Cite
Bangsawan, A. A. ., Alkam, R. ., & Saffanah, N. . (2025). Minuman Kekinian: Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan di Desa Julukanaya, Palangga, Gowa. Celebes Journal of Community Services, 4(1), 72–77. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/celeb/article/view/2171

References

  1. Dwi Ernawati, W., Metha Nurftriasih, D., Wijayanti, R., Aprieza Puspita Zandra, R., Zahro Fazda Oktavia, F., Akuntansi, J., & Negeri Malang, P. (2021). Pelatihan Usaha Minuman Kopi Susu Regal Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Santri Ppsq Asy-Syadzili. Abdimas, 8(2), 109–115. www.kompas.com
  2. Kusuma, P. F., & Anggraini, D. I. (2022). Optimalisasi Potensi Minuman Kekinian Melalui Pemberdayaan Pengelolaan Keuangan Usaha di Desa Kebon Agung Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 5, 1–10. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v5i0.1673
  3. Munandar, A., Mukhlis, Alwi, & Pratama, A. B. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PARA KELOMPOK-KELOMPOK MASYARAKAT DI DESA TETA LAMBITU. 3(2), 39–44. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/1195
  4. Rezki Alhamdi, Steven Johnson, Tiffany Clarissa Tan, & Bram Handoko. (2024). Pelatihan Minuman Kekinian Yang Di SMA Matreywira Batam Di Kota Batam. JURNAL KEKER WISATA, 2(2), 333–342. https://doi.org/10.59193/jkw.v2i2.267
  5. Saragih, R. (2017). MEMBANGUN USAHA KREATIF, INOVATIF DAN BERMANFAAT MELALUI PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL. Jurnal Kewirausahaan, 3, 27.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.