Main Article Content

Abstract

Olahan pisang menjadi pilihan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini karena sumber daya yang sangat melimpah. Usaha kecil olahan pisang berupa Piscok di Kecamatan Moncongloe, Maros menjadi mitra pada kegiatan ini. Observasi yang dilakukan menghasilkan informasi kebutuhan mitra pada beberapa aspek, seperti aspek manajemen, aspek produksi, dan aspek sumberdaya manusia dan teknologi. Model partisipasi dan pendampingan merupakan metode yang dipilih dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini. Partisipasi mitra pada kegiatan menjadi kunci dalam menyelesaikan permasalahan yang ada proses pendampingan dan pelatihan yang didiskusikan Bersama sehingga sesuai dengan kabutuhan mitra secara langsung. Secara umum tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah adanya proses pengelolaan usaha yang lebih efektif dan efisien. Pembentukan SOP, membuat branding, pencatatan keuangan, pengadaan alat produksi, pelatihan dan pendampingan dilakukan secara berkelanjutan. Targert luaran pada peningkatan kuantitas dan kualitas produksi, keterampilan, serta proses bisnis yang berjalan lebih efektif dan efisien secara umum telah tercapai melalui proses pengadian masyarakat ini.

Keywords

Olahan Pisang Produksi Manajemen Pendampingan Kewirausahaan UMKM

Article Details

References

  1. Rais Agil Bahtiar. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta solusinya. Singkat.vol. xiii, no. 10, p 19-24.
  2. https://www.bps.go.id/indicator/55/62/1/produksi-tanaman-buah-buahan.html (diakses 04 Februari 2022)
  3. https://nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-penjualan-online-melonjak-tajam-selama-pandemicorona (Diakses tanggal 05 feb. 2022).
  4. Rifqi Suprapto, dan Zaky Wahyuddin Azizi. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin PIRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen). Vol. 3, No 2. P. 125-133.
  5. Syukrianti Mukhtar, dan Muchammad Nurif. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 8 No.2 Pp. 181-191.