Main Article Content

Abstract

Petani di indonesia pada umumnya mempunyai karakteristik yang khas, dan sangat berpotensi sukses demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat tani akan tetapi perlu adanya pengembangan sdm agar mampu masyarakat dengan kemandirian jika itu tak terjadi maka yakin saja bahwa perkembangan diakan dating semakin menurun oleh sebab itu perlu ada perhatian yang baik agar solusi dan permasalahan cepat diakomodir. Salah satu pokok permasalahan sebagai contoh, diantaranya : a) mempunyai lahan yang sempit,b) lemah dalam penyediaan modal. c) mempunyai tingkat pendidikan dan keterampilan rendah. kurangnya perhatian masyarakat dengan pengembangan sumber daya, Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pemilihan benih yang unggul dan penebaran benih melalui aklimatisasi. tahapan pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tiga tahap sosialisasi program, tahap pelatihan tatap muka tentang pengenalan benih unggul dan penebaran benih, dan tahap pengembangan kegiatan partisipatif. Pembahasan dengan adanya penyuluh dosen sebagai pengabdian masyarakat dari dosen stie amkop Makassar bersama para pengurus advertisi, mengungkap bahwa dalam penyuluhan di kelurahan biraeng sangat memungkinkan untuk menjalin kerja sama dan memberikan pelatihan sumberdaya terhadap para petani di kabupaten pangkep terkhusus di kecamatan minasa tene. Dengan melihat sebuah potensi pengembangan diwilayah minasa te’ne tersebut dengan antusisnya masyarakat sehingga para dosen itu juga menjadikan semangat. nantinya. Dimana sambutan lurah biraeng tersebut bapak Rustam, Sip. menuturkan selaku lurah. bahwa diwilayahnya sangat banyak potensi yang bisa dikembangkan terutama para petani dalam menanam padi sangat dibutuhkan yang lebih cepat dan lebih efisien.

Keywords

Inovasi Potensi Unggulan Berdaya Saing

Article Details

References

  1. Beddu, Hartina, Mufidah Muis, Idris Idris, Arief Sirajuddin, Hayun Mohamad Abdul, and Adhitya Adhitya. 2021. “Strategi Pemberdayaan Kelompok Tani Di Kabupaten Pangkep.” Jurnal Agrisistem : Seri Sosek Dan Penyuluhan 17(1):49–53. doi: 10.52625/j-agr-sosekpenyuluhan.v17i1.188.
  2. Padmowiharjo, S. (1996). Evaluasi Penyuluhan Pertanian. Jakarta.
  3. Asri Y, Padusung dan Abidin Z., 2012. Pengaruh Metode Aklimatisasi Salinitas Terhadap Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila ( Oreochromis sp). Jurnal Perikanan Unram, Volume 1, No. 1. Universitas Mataram, Mataram